Yuk Pelajari Cara Kerja Koyo Pereda Nyeri Otot

Pereda Nyeri Otot

Koyo pereda nyeri otot sering dipakai oleh masyarakat. Mungkin Anda juga salah satu penggunanya. Namun, apakah Anda tahu apakah koyo tersebut benar-benar mampu meredakan nyeri pada otot? Atau jangan-jangan koyo tersebut hanya memberikan efek biasa saja. Tidak lebih hanya sekedar halusinasi saja.

Sebenarnya, nyeri otot itu bisa disembuhkan dengan berbagai cara. Misalnya saja pijat. Banyak orang yang terbiasa memanggil tukang pijat ke rumah ketika mereka merasakan nyeri.

Di sisi lain, ada juga orang yang tidak terlalu suka dipijat. Alasannya bermacam-macam. Ada yang menganggap pijat itu bikin ketagihan. Ketika rasa nyeri terasa sedikit saja, maka seseorang akan memanggil tukang pijat.

Makanya, beberapa orang memilih menggunakan koyo pereda nyeri otot. Biar tidak ketagihan memanggil tukang pijat, katanya. Apalagi untuk sekali panggilan saja mereka harus membayar mulai Rp 50.000 hingga Rp 200.000. Tergantung tempat dan juga bagaimana layanan pijat yang diberikan.

Jelas lebih murah menggunakan koyo, bukan? Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara kerja koyo ini?

Begini Nih Cara Kerja Koyo Pereda Nyeri Otot

Secara ilmiah, sudah dibuktikan bahwa koyo itu mampu meredakan nyeri otot. Para ahli kesehatan sudah melakukan penelitian dan menemukan bukti ilmiah tersebut. Jadi, ini bukan sekedar mitos atau sensasi saja.

Cara kerjanya bisa dijelaskan dengan cara sederhana. Anda perlu tahu dulu apa bahan utama pembuat koyo pereda nyeri otot ini. Secara umum, koyo dibuat dari dua bahan utama, yaitu mentol dan metal salisilat.

Mungkin Anda sudah pernah dengar istilah mentol. Ini bahan yang memberikan sensasi dingin. Jadi, ketika Anda menempelkan koyo pada bagian tubuh yang nyeri, Anda akan merasakan dingin, bukan? Saat itulah mentol sedang bekerja.

Sementara itu, metil salisilat memiliki tugas lain, yaitu untuk mengurangi anti nyeri dan anti inflamasi. Ketika dua bahan ini bekerja bersama-sama, maka nyeri yang Anda rasakan akan hilang.

Lalu, bagaimana proses koyo meredakan nyeri? Ini yang unik. Meskipun ada bahan berupa mentol, koyo tetap terasa panas. Anda akan merasakan panas ketika koyo pertama kali ditempelkan, bukan?

Rasa panas tersebut yang menghantarkan sinyal ke otak. Rasa panas memaksa otak untuk mengalihkan nyeri yang disebabkan oleh otot yang menegang. Ketika kulit terasa panas, otak akan terangsang dan teralihkan dari rasa nyeri yang terasa.

Setelah perhatian otak sudah teralihkan, selanjutnya dua bahan utama koyo pereda nyeri otot, yaitu mentol dan metil salisilat akan merasuk ke dalam kulit menuju otot yang nyeri. Saat itulah dua bahan bekerja.

Jadi, sudah jelas kan bagaimana cara kerja koyo untuk meredakan nyeri pada otot?

Cukupkah Menyembuhkan Nyeri Pakai Koyo Saja?

Ada satu hal yang harus Anda pahami. Koyo itu meredakan, bukan menyembuhkan. Maka dari itu, jika Anda bertanya apakan dengan koyo saja maka nyeri otot bisa terobati, jawabannya tergantung. Jika nyeri tersebut tidak begitu parah, kemungkinan besar akan sembuh. Karena ketika nyeri yang dirasakan tidak begitu parah, meredakan sudah cukup untuk mengobati.

Akan tetapi, berbeda jika nyeri tersebut sangat berat. Anda tidak hanya butuh koyo melainkan juga obat. Bahkan, Anda butuh terapi juga dari ahli.

Maka dari itu, koyo pereda nyeri otot sering digunakan untuk meredakan kasus nyeri otot ringan. Misalnya saja cedera pada ligamen setelah mengangkat benda berat atau nyeri otot punggung karena terlalu lama duduk di kantor.

Itulah mengapa banyak sekali pekerja kantoran yang sangat disarankan untuk menggunakan koyo ketika punggung mereka sakit. Mereka tidak perlu memanggil tukang pijat. Bahkan, saat nyeri terasa ketika mereka di kantor, mereka bisa tetap bekerja dengan menempelkan koyo di punggung.s

Beberapa Pilihan Koyo Pereda Nyeri

Sekarang ini, ada beberapa jenis koyo yang bisa Anda pilih. Awalnya, koyo hanya ada satu pilihan. Yaitu koyo yang sangat panas. Karena sebenarnya semakin panas efek yang ditimbulkan, maka rasa nyeri akan semakin cepat hilang.

Seperti yang sudah Anda pelajari sebelumnya, efek panas akan memanipulasi otak. Otak tidak lagi fokus dengan rasa nyeri tapi teralihkan dengan rasa panas. Hingga akhirnya nyeri pun akan hilang.

Namun, tidak semua orang berani menggunakan koyo yang sangat panas. Makanya, sekarang ada koyo hangat. Hansaplast menjadi salah satu brand yang menawarkan dua jenis koyo pereda nyeri otot, yaitu koyo hangat dan koyo panas.

Keduanya sama-sama efektif untuk meredakan nyeri otot. Namun, Anda bisa memilih mana yang Anda ingin gunakan apakah yang hangat atau panas. Jika nyeri ingin segera dihilangkan, sebaiknya gunakan yang panas.

Anda tidak perlu khawatir karena bahan yang terkandung di dalam koyo Hansaplast ini terjaga hingga Anda membuka labelnya. Jadi, meskipun sudah lama dari pabrik, efek hangat atau panasnya selalu terjaga. Ini disebabkan adanya teknologi heat lock. Teknologi ini yang membuat rasa hangat dan panas di dalam koyo terjaga hingga nanti ke tangan Anda.

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui mengenai koyo untuk meredakan nyeri otot. Jadi, ini bukan sekedar sensasi. Sudah ada landasan ilmiah kenapa koyo sebagai pereda nyeri otot.

Sebaiknya, kurangi penggunaan obat-obatan yang harus dikonsumsi. Karena semakin sering Anda mengkonsumsi obat, maka semakin kebal tubuh Anda. Akan lebih baik jika Anda mencari alternatif lain. Untuk pegal-pegal, sekarang Anda sudah tahu alternatifnya, yaitu menggunakan koyo pereda nyeri otot dari Hansaplast.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*