Yang Harus Ibu Lakukan untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Kelahiran

friso https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Katanya, ibu menyusui harus gemuk. Karena bayi membutuhkan banyak nutrisi dan ibu yang gemuk itu tandanya subur, banyak nutrisi yang didapatkan.

Pernyataan tersebut di atas tidak sepenuhnya benar. Karena produksi serta kualitas ASI tidak terpengaruh langsung dengan berat badan ibu menyusui.

Karena banyak juga ibu menyusui yang berat tubuhnya ideal tetap bisa memberikan ASI dalam jumlah yang banyak.

Lalu, bagaimana ibu segera mengembalikan berat badan ideal pasca kelahiran?

Jangan pernah berpikir untuk melakukan olahraga seperti fitness, apalagi jika ibu melahirkan melalui operasi caesar. Ibu juga tidak boleh berpikir untuk mengkonsumsi segala jenis minuman pelangsing tubuh ya.

Ada cara alami yang bisa ibu lakukan untuk menurunkan berat badan paska kelahiran.

Bermain dengan Si Kecil

Bermain dengan si kecil sama juga seperti olahraga lho. Menguras keringat dan membakar kalori. Apalagi jika bayi ibu sudah mulai usil. Siap-siap saja ibu akan kelelahan.

Akan tetapi, ada baiknya juga lho. Ketika ibu bermain dengan si kecil, maka akan semakin banyak lemak dan juga kalori yang akan dibakar. Semakin intensif maka semakin baik karena ibu segera akan mendapatkan tubuh yang langsing kembali.

Meskipun demikian, ibu juga harus perhatikan asupan nutrisi ya. Jangan karena ingin menurunkan berat badan, ibu mengurangi menu makanan setiap hari.

Ibu bisa mengkonsumsi makanan secara normal. Yang diperlukan hanya aktif bermain dengan si kecil saja. Tidak terasa, beran badan ibu akan turun.

Makan 3 Kali Sehari

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mengurangi makanan jelas bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Justru ibu lebih banyak makan, bukan? Karena ibu harus menyusui lho.

Jadi, tetap saja ibu mengkonsumsi makanan dengan porsi normal tiga kali sehari. Ini lebih baik daripada mengkonsumsi dua kali dengan porsi besar.

Makan Sayur-Sayuran

Selain mengkonsumsi makanan 3 kali sehari, ibu juga disarankan mengkonsumsi sayur-sayuran. Terutama sayuran daun katuk. Seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang terdahulu, mengkonsumsi sayuran katuk akan meningkatkan produksi ASI.

Namun, bukan itu saja yang akan ibu dapatkan. Sayuran tidak akan membuat berat badan ibu naik. Apalagi ada kandungan serat yang cukup tinggi di dalam sayuran. Dengan demikian, sistem pencernaan akan bekerja lebih maksimal dan ibu akan terhindar dari naiknya berat badan pasca melahirkan.

Buat Jadwal Setiap Hari

Terkadang setelah proses melahirkan, ibu tidak akan mempunyai waktu yang banyak untuk istirahat. Apalagi jika ibu tinggal sendirian dengan suami, tidak ada bantuan dari orang tua atau baby sitter. Maka seolah-olah ibu tidak memiliki waktu untuk tidur.

Namun, hal tersebut harus diantisipasi. Jangan sampai ibu tidak mempunyai waktu untuk istirahat. Karena istirahat yang cukup menjadi cara efektif menurunkan berat badan setelah kelahiran.

Usahakan ibu tidur ketika sedang menghantarkan si kecil untuk tidur. Jadi, ketika si kecil bangun, ibu juga memiliki energi yang cukup untuk mengajak si kecil bermain. Ibu akan bugar. Makan pun terasa enak.

Beberapa hal sederhana tersebut di atas bisa ibu pratekkan agar ibu segera mendapatkan tubuh yang ideal lagi paska melahirkan

Yang pasti, jangan paksakan diri untuk melakukan olahraga berat apalagi fitness. Hindari menjalankan program diet sekalipun program diet tersebut menggunakan bahan alami. Lakukan hal tersebut di atas yang jelas bagus untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*