Weekend Enaknya Menghabiskan Waktu Membuat Makanan Ibu Hamil Sendiri di Dapur

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Makanan tersebut harus benar-benar bernutrisi tinggi dan baik bagi untuk wanita hamil. Bernutrisi saja tidak cukup. Ibu harus memastikan makanan tersebut baik. Artinya, makanan tersebut tidak membahayakan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan. Pasalnya, tidak semua makanan yang sehat itu baik untuk ibu hamil.

Namun, bukan berarti ibu akan menemukan kesulitan untuk menemukan makanan sehat ibu hamil. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa ibu buat sendiri di rumah. Daripada weekend hanya passive di rumah, bukankah lebih baik bergerak di dapur dan membuat makanan sehat demi menjaga kesehatan ibu dan juga janin? Yang jelas, ibu tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk membuat makanan berikut ini.

Pecel

Apa yang ada dibenak ibu jika mendengar makanan tradisional berupa pecel ini? Pedas. Betul sekali. Salah satu ciri khas dari pecel adalah bumbu kacangnya yang menggigit lidah. Namun, karena ibu sedang dalam kondisi hamil, ibu harus mengubah makanan ibu hamil ini menjadi makanan yang enak, gurih, namun tidak pedas.

Yang harus ibu ketahui, pecel merupakan jenis makanan sehat untuk ibu hamil. komposisi yang berupa sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, serta kacang dan taoge merupakan bahan yang  mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sayuran hijau mengandung vitamin yang tinggi. Sementara itu, kacang merupakan sumber protein nabati paling banyak.

Cara membuatnya pun tidak susah. Ibu tinggal rebus sayuran yang ingin ibu gunakan. Lalu, siapkan bumbu kacangnya yang terdiri dari cabai, gula merah, garam, satu suing bawang putih, dan kacang tanah yang sudah digoreng. Tumbuh semua bahan tersebut sampai halus dan tambahkan air agar terlihat encer. Setelah itu, angkat sayuran yang ibu rebus dan siramkan bumbu di atas sayur. Dan ibu siap untuk menyantap makanan ibu hamil yang sangat lezat ini.

Keripik Bayam

Makanan yang satu ini lebih cocok disebut cemilan. Keripik bayam terbuat dari bayam dan tepung terigu serta sedikit garam. Cara membuatnya seperti membuat tempe goreng. Cukup siapkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan garam dan air. Lalu, masukkan bayam ke dalam tepung terigu tersebut dan goreng. Mudah, bukan?

Beberapa ahli kesehatan tidak memang tidak menganjurkan ibu hamil mengkonsumsi gorengan. Hanya saja, jika tidak berlebihan, maka gorengan tidak membahayakan. Apalagi bayam merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama vitamin A.

Ubi Rebus

Makanan yang satu ini sering disebut makanan ndeso, alias makanan kampung. Namun, siapa sangka ini termasuk makanan ibu hamil yang sangat direkomendasikan. Ubi memiliki pigmen yang bisa dirubah menjadi vitamin A.

Memang ada yang mengatakan mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu tinggi vitamin A itu tidak baik bagi kesehatan. Hanya saja, kandungan dalam ubi ini tidak berbahaya. Pasalya, terdapat karetonoid pada ubi yang bisa menyuplai vitamin A pada tubuh ibu hamil jika diperlukan saja.

Cara membuat ubi jalar sangatlah mudah. Ibu tinggal siapkan air mendidih dan masukkan ubi yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai daging ubi menjadi empuk. Hidangkan selagi panas. Ditemani dengan teh, ubi rebus menjadi hindangan istimewa dan sehat.

Itulah beberapa makanan yang bisa ibu buat ketika weekend. Tentu akan sangat sangat menyenangkan sekali menghabiskan waktu di dapur dan memasak masakan sendiri, daripada tidur atau menonton TV. Menu makanan tersebut di atas bisa ibu coba pada weekend kali ini sebagai menu makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*