Kapan Waktu Tepat Minum Susu Hamil? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan, maka susu ibu hamil merupakan salah satu asupan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin. Dari semua pengetahuan mengenai susu ibu hamil, sudahkah Anda mengetahui kapan waktu tepat konsumsi susu hamil? 

Untuk mencari tahu jawabannya, yuk, baca terus ulasan berikut ini.

Pentingkah konsumsi susu hamil?

Tentunya banyak pertanyaan mengenai hal ini, tentang apakah meminum susu ibu hamil merupakan kewajiban bagi ibu hamil atau tidak. Namun, pada dasarnya meminum susu untuk ibu hamil  tentu sangat baik untuk menunjang kecukupan nutrisi tubuh. Hal ini dikarenakan susu mengandung gizi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan kalsium yang bermanfaat bagi janin dan ibu hamil.

Berdasarkan sebuah penelitian dengan sample bayi yang lahir di akhir tahun 1980-an, rata-rata memiliki tubuh yang tinggi pada masa remaja karena kebiasaan konsumsi susu hamil yang dilakukan secara rutin oleh ibu hamil. Selain bermanfaat bagi tubuh, konsumsi susu ibu hamil juga memengaruhi perkembangan otak bayi. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi ibu hamil untuk tidak mengonsumsi susu hamil karena manfaatnya yang beragam.

Kapan waktu yang tepat konsumsi susu hamil?

Konsumsi susu hamil dapat dimulai sejak trimester satu

Setelah mengetahui pentingnya meminum susu ibu hamil serta manfaatnya bagi ibu dan janin, maka Anda harus mengetahui waktu terbaik untuk memulai konsumsi susu hamil agar nutrisi dan vitamin di dalamnya dapat terserap sempurna pada tubuh.

Sebelumnya, susu ibu hamil mengandung asam amino tryptophan yang merupakan prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Nah, dari neurotransmitter inilah yang bersifat menenangkan sehingga akan membantu proses tidur lebih cepat. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya meminum susu ibu hamil dilakukan saat malam hari menjelang tidur. Selain menenangkan, meminum susu saat malam hari akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga kalsium yang terkandung di dalamnya dapat terserap dengan baik.

Konsumsi susu hamil juga sebaiknya tidak berdekatan dengan jadwal makan berat. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang terdapat dalam susu dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga sebaiknya minum susu ibu hamil dilakukan beberapa jam setelah makan malam.

Apa yang tidak boleh dikonsumsi bersama susu hamil?

Selain itu, sebaiknya konsumsi susu hamil juga tidak bersamaan dengan suplemen kehamilan. Terutama jika suplemen itu mengandung asam folat, karena kandungan susu ibu hamil juga mengandung asam folat dan tentunya tidak baik jika Bunda mengonsumsi asam folat yang berlebihan.

Untuk konsumsi susu hamil pun sebaiknya mulai dilakukan sejak trimester 1, karena pada waktu ini perkembangan janin sangat pesat dan kandungan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu akan banyak diserap oleh janin.

Untuk jenis susu hamil yang dikonsumsi, Anda dapat menyesuaikan dengan selera, atau menyesuaikan saran dan rekomendasi dokter. Namun sebaiknya pilih susu kehamilan yang rendah gula sehingga tidak memengaruhi berat badan ibu hamil dan janin yang dikandung.

 

Leave a Comment