Tips Perawatan Bayi setelah Lahir

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Perawatan bayi bukanlah perkara sulit apabila para orang tua cukup cerdas dan bijak untuk mencari tahu. Permasalahan yang sering muncul adalah sebagai orang tua yang baru pertama kali memiliki anak pasti memiliki kekhawatiran mengenai cara yang tepat untuk melakukan perawatan pada sang buah hati.

Namun sebelum berfokus lebih jauh, hal yang harus diluruskan adalah perihal definisi perawatan yang dimaksud. Untuk perawatan pada bayi, merujuk pada pengertian memanjakan dan memaksimalkan kebersihan dari bayi. Sehingga, tujuan dilakukan perawatan pada bayi akan memberikan efek nyaman pada bayi tersebut. Selain itu, dengan melakukan perawatan pada bayi, kebersihan bayi akan tetap terjaga dan beragam penyakit sedapat mungkin terhindar.

Lalu, jenis perawatan apa yang cocok untuk bayi? Simak ulasan berikut!

  1. Memandikan Bayi

Memandikan bayi memang terdengar menegangkan dan sulit terutama para Ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati. Jangan menyikapi kegiatan memandikan bayi sebagai sebuah tanggung jawab berat dan serius. Jadikan prosesi memandikan yang anda lakukan sebagai momen bagi buah hati untuk mengenal dan memiliki keterikatan dengan anda sebagai orang tua. Tidak perlu khawatir apabila pengalaman yang dimiliki masih minim, karena lambat laun anda akan terbiasa untuk memandikan bayi apabila telah mengetahui cara yang benar untuk melakukannya.

Namun sebelum itu, hal yang pertama anda lakukan adalah mempersiapkan segala kebutuhan mandi seperti alat mandi yang terdiri dari sabun, shampoo, hingga baby oil. Kemudian siapkan air hangat sekitar 35 hingga 37 derajat celcius kemudian lepaskan pakaian bayi secara perlahan.

Setelah seluruhnya siap, anda dapat mulai memandikan bayi. Basuhlah air mulai dari area wajah, kepala, dada dan lainnya. Gunakan baby oil pada area lipatan kulit bayi untuk menghindari gesekan yang menyebabkan kulit kemerahan. Setelah selesai, persiapkan handuk untuk mengeringkan badan bayi pasca mandi. Gunakan handuk yang memiliki bahan halus dan menyerap air secara maksimal. Kemudian gunakan baby powder atau jenis kosmetik bayi lain sebelum mengenakan baju pada bayi. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kebersihan dan meningkatkan kenyamanan dari si bayi.

  1. Menggendong Bayi

Hal yang selanjutnya anda harus lakukan adalah menggendong bayi. Tenang moms! Menggendong bayi mungkin terlihat membingungkan tetapi ini sangat mudah dan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hubungan emosional antara bayi anda dengan anda. Untuk itu, berikut adalah cara menggendong bayi dengan benar. Hal yang pertama sisipkan satu tangan dibawah antara kepala dan leher bayi dan tangan anda yang lain pada pantat bayi. Kemudian angkat perlahan menuju dada anda dan pindahkan secara perlahan kepala bayi ke area siku anda. Kemudian gerakan perlahan bayi untuk memberikan rasa nyaman pada bayi tersebut. Menggendong bayi menjadi salah satu bahasan penting untuk perawatan bayi.

  1. Mengganti Popok

Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengganti popok. Jangan merasa jijik saat melakukan ini. Karena yang terpenting adalah bukan soal kotoran yang harus dibersihkan namun rasa nyaman bagi si bayi karena merasa cukup bersih. Selain itu, mengganti popok tidak hanya saat bayi mengeluarkan kotoran namun apabila basah karena keringat, popok tersebut harus diganti. Sebelum diganti, bersihkan area yang terkena kotoran dengan air kemudian keringkan dengan handuk kecil berbahan lembut. Setelah itu gantilah pokok dengan yang baru. Bisa ditambahkan bedak atau baby oil untuk menghindari lecet.

  1. Menciptakan Suasana Nyaman saat Bayi Tidur

Tidur merupakan hal yang penting bagi seorang bayi terutama untuk bayi berusia 1 hingga 5 minggu yang jadwal tidurnya masih belum teratur. Meskipun begitu, sebuah keharusan bagi ibu untuk menciptakan suasana dengan nyaman. Cara yang dilakukan sama saja seperti melakukan perawatan. Mengganti popok, memandikan bayi dan menggendongnya bisa menjadi senjata ampuh bagi ibu untuk memberikan suasana nyaman kelak bayi tersebut akan tidur. Selain itu, berikan sedikit gerakan memijat pada tubuh bayi dengan menggunakan baby oil. Pijatan yang diberikan merupakan salah satu cara untuk melakukan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*