Tips Menjaga Perkembangan Janin bagi Wanita Super Aktif

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin itu harus selalu dijaga. Meskipun Anda merupakan wanita yang aktif sebagai wanita karir atau menjalankan bisnis yang cukup menguras tenaga, bukan berarti tidak bisa menjaga kesehatan janin.

Berikut beberapa cara menjaga kehamilan yang ibu praktekkan agar janin dalam kandungan tetap sehat dan berkembang normal walaupun ibu harus selalu dituntut aktif setiap hari.

  • Tidur 8 Jam Setiap Hari

Ketika tidak sedang hamilpun, ibu sebaiknya tidur 8 jam setiap hari. Ini merupakan lama waktu yang cukup untuk rehat. Tidur merupakan kegiatan yang bisa membuat tubuh segar dan siap untuk beraktivitas kembali.

Namun, ada satu hal yang perlu ibu ketahui. Sebenarnya ibu tidak hanya disarankan tidur selama 8 jam saja setiap hari. Ibu juga harus mendapatkan tidur yang berkualitas, yaitu tidur yang benar-benar lelap sehingga tubuh beristirahat dan pikiran tenang tanpa memilikirkan beban berupa deadline pekerjaan dan lain-lain. Itu yang dinamakan tidur yang berkualitas.

Sayangnya, banyak ibu yang tidak mendapatkan hal tersebut. Mereka justru banyak yang mengalami insomnia atau susah tidur. Jangan mengkonsumsi obat tidur karena obat kimiawi bisa membahayakan perkembangan janin. Bagi ibu hamil yang mengalami masalah insomnia, mereka bisa mencoba makan sayur kangkung sebagai menu dinner. Sayur ini mengandung zat alami yang bisa membuat orang yang mengkonsumsi merasa ngantuk.

  • Bergerak Setiap 2 atau 3 Jam Sekali

Apakah ibu seorang wanita karir yang kebanyakan waktunya dihabiskan duduk di kantor? Jika ya, maka ibu sangat disarankan untuk mempraktekkan tips yang satu ini, yaitu bergerak setiap 2 – 3 jam sekali. Bergerak tersebut bisa bermacam-macam seperti berjalan menuju ke dapur untuk mengambil air putih, menuju ke tempat copy file, dan lain sebagainya.

Kalaupun ada fasilitas yang memungkinkan ibu tidak perlu bergerak, sebaiknya ibu tidak menggunakan fasilitas tersebut. Seperti contoh telpon kantor. Koordinasi dengan tim merupakan hal yang pasti. Telpon sering digunakan untuk berkoordinasi dengan anggota tim yang ada di dalam kantor. Ini digunakan agar komunikasi lebih efektif.

Namun, jika teman koordinasi ibu berada di dalam satu kantor, sebaiknya ibu berdiri dan menuju ke tempat duduknya. Jangan menggunakan telpon. Selain alasan untuk berkoordinasi, ini juga menjadi kesempatan ibu untuk bergerak.

Bergerak ini sangat dibutuhkan agar ibu tidak mengalami keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil seperti kaki bengkak, kaki kram, rasa malas, mudah lelah, dan mudah sakit.

  • Lakukan Gerakan Ringan

Perkembangan janin 5 bulan membawa konsekuensi tersendiri bagi ibu hamil. Salah satunya rasa lelah yang luar biasa. Pada usia kandungan 5 bulan, perut terlihat lebih besar dan berat. Bagi wanita yang aktif, tentu hal ini sangat membuatnya kerepotan. Ia akan lebih mudah dan lebih sering merasa lelah dengan membawa beban seperti itu.

Untuk itu, ada gerakan ringan yang bisa ibu lakukan di sela aktivitas sehari-hari. Masuklah ke sebuah ruangan. Akan lebih baik jika ruangan tersebut gelap. Ibu duduk kemudian pejamkan mata. Sambil memejamkan mata, angkatlah kaki beberapa detik. Lakukan beberapa kali dan rasa lelah tersebut berangsur-angsur hilang.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa ibu praktekkan. Tips tersebut di atas merupakan solusi agar kegiatan ibu sehari-hari sebagai wanita aktif tidak terganggu karena keburagan tubuh terjaga. Dan yang pasti, aktivitas ibu tidak akan membahayakan perkembangan janin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*