Tips Menghilangkan Jerawat Batu yang Mulai Meradang

menghilangkan jerawat batu

Tips menghilangkan jerawat batu bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Sayangnya, sering kali kamu hanya membuang-buang waktu saja. Kamu sudah menerapkan berbagai tips. Namun, hasilnya nol besar.

Tentu bukan masalah. Setidaknya kamu sudah melakukan usaha yang keras untuk mengatasi masalah jerawat. Tetapi, akan lebih baik jika kamu terapkan cara mengatasi jerawat batu yang pasti efektif.

Ini bukan jerawat biasa. Jerawat batu sangat sulit untuk dihilangkan. Kamu perlu tahu apa yang menyebabkan jerawat batu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan tahu cara menghilangkan jerawat yang menurut kamu efektif.

Pahami Dulu Penyebab Jerawat Batu

Belum ada yang tahu pasti apa faktor penyebab utama jerawat batu. Para peneliti masih simpang siur mengenai masalah ini.

Akan tetapi, ada satu titik kesepakatan di antara mereka. Mereka melihat kebanyakan anak remaja yang mengalami jerawat batu. Terutama perempuan yang mengalami menstruasi.

Karena itulah ada satu titik temu. Pada remaja dan juga perempuan yang menstruasi, produksi hormon androgen sangat tinggi. Hormon ini menyebabkan perubahan signifikan pada kulit. Hingga akhirnya memicu sumbatan pada pori-pori. Muncullah jerawat.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga anak kecil ataupun lansia mengalami jerawat batu. Maka muncullah faktor lain, yaitu bakteri. Ada bakteri yang terperangkap di dalam jerawat. Bakteri tersebut menyebabkan peradangan sehingga jerawat semakin parah.

Maka dari itu, setidaknya dua hal yang harus dilakukan. Yang pertama, menjaga kebersihan wajah agar tidak terjadi sumbatan. Mengontrol produksi hormon tidak bisa dilakukan. Yang bisa kamu lakukan adalah memastikan pori-pori tidak tersumbat.

Selain itu, bakteri penyebab jerawat batu juga harus dibasmi. Inilah inti dari tips mengatasi masalah jerawat batu.

Dari penjelasan tersebut di atas, kamu sudah tahu tips menghilangkan jerawat batu itu khusus. Tidak seperti cara menghilangkan jerawat biasa.

Tips Sederhana Mengatasi Jerawat Batu

Memang menghilangkan jerawat batu itu sulit. Namun, bukan berarti cara yang harus kamu lakukan sangat sulit. Ada cara sederhana yang bisa kamu coba terapkan. Apa itu?

  1. Gunakan Antibiotik

Ini yang paling penting. Pilih antibiotik yang aman untuk kamu konsumsi. Antibiotik ini berperan memberikan perlawanan kepada bakteri penyebab jerawat batu.

Dalam hal ini, kamu harus tahu satu catatan. Tidak semua antibiotik itu cocok kamu gunakan. Pilih antibiotik yang tidak membuat kamu alergi. Konsultasikan dulu dengan dokter.

Dengan mengkonsumsi antibiotik, diharapkan peradangan yang kamu alami pada jerawat semakin berkurang. Setidaknya, rasa sakit akibat jerawat batu bisa sedikit hilang. Baru kemudian, kamu bisa coba untuk menerapkan cara mengatasi jerawat lainnya.

  1. Oleskan Obat Jerawat

Untuk jerawat batu, kamu perlu mencari obat jerawat. Ini biasanya berupa salep atau krim yang gunanya membuat jerawat melunak. Terkadang, obat ini mengandung benzoyl peroxide. Obat semacam ini sangat bagus untuk melunakkan jerawat yang membatu.

Namun, ada juga obat jerawat yang mengandung kandungan yang lain. Misalnya saja kandungan retinoid. Ini kandungan yang mampu mengatasi sumbatan pada pori-pori. Dengan menghilangkan sumbatan tersebut, maka diharapkan jerawat batu bisa lebih cepat hilang.

  1. Jaga Kelembaban Kulit Wajah

Ini bagian yang sepele namun sangat penting. Menjaga kelembaban kulit wajah sangat penting untuk mengatasi jerawat batu. Karena dengan cara inilah peradangan bisa berkurang. Jerawat yang keras seperti batu akan mulai melunak. Dan yang penting, kotoran yang menyumbat pori-pori bisa lebih mudah diangkat.

Menjaga kelembaban kulit bisa dilakukan dengan lebih sering membasuh kulit wajah dengan air hangat. Jika perlu, kamu juga bisa gunakan facial wash dari Nivea yang mengandung antibacterial agent. Jadi, kandungan ini akan membantu menyerang bakteri penyebab jerawat batu.

Itulah beberapa tips menghilangkan jerawat batu yang cukup mudah untuk kamu terapkan. Yang harus dilawan adalah bakteri penyebab jerawat batu dan penyebab peradangan.

Masalah Lain yang Sering Muncul

Sebenarnya, hanya butuh konsistensi dalam menerapkan tips jika ingin menghilangkan jerawat batu. Sayangnya, konsistensi inilah yang sering menjadi kendala. Sering kali orang tidak sabar menerapkan tips tersebut di atas sehingga apa yang dilakukan berujung pada kegagalan.

Apalagi jika mereka sering menyentuh wajah. Jerawat batu terasa sangat sakit dan gatal. Telapak tangan sangat ingin menyentuh dan menggaruk. Dan jika itu yang terjadi, jerawat akan semakin mudah menyebar.

Selain itu, ada kemungkinan jerawat sembuh tapi menyisakan bekas. Bekas jerawat terlihat hitam. Saat jerawat hilang, wajah tidak terlihat bersih melainkan kotor karena ada banyak bekas jerawat di seluruh wajah.

Bekas jerawat menjadi masalah serius selanjutnya. Karena menghilangkan bekas jerawat justru lebih sulit daripada sekedar menghilangkan jerawat. Kamu harus menyamarkan noda hitam lalu membantu proses regenerasi sel kulit wajah semakin cepat. Dengan cara ini, bekas jerawat baru bisa dihilangkan.

Maka dari itu, penerapan tips menghilangkan jerawat baru harus dilakukan secara konsisten. Ini penting agar bekas hilang tanpa harus meninggalkan bekas. Tahan tangan kamu agar tidak sering menyentuh atau bahkan menggaruk wajah. Jangan pula kamu mencoba untuk memencet jerawat dan mengeluarkan batu keluar. Biarkan pori-pori membuka sendiri dan batu keluar dengan sendirinya. Dengan menerapkan tips tersebut di atas, jerawat batu akan keluar dan sembuh dengan sendirinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*