Tips Memilih Antiseptik yang Aman untuk Anak Kecil

Memilih Antiseptik Aman

Tips memilih antiseptik ini perlu Anda ketahui. Alasannya hanya satu. Agar anak Anda tidak mengalami iritasi. Karena salah menggunakan antiseptik bisa menyebabkan luka mengalami iritasi.

Selain itu, antiseptik juga cara yang cepat agar luka anak sembuh lebih cepat. Saat anak terluka, antiseptik tidak bikin perih. Anak akan bisa beraktivitas. Luka pun akan cepat sembuh.

Namun, jangan asal memilih antiseptik. Apalagi untuk anak kecil. Anda harus benar-benar pastikan antiseptik yang Anda pilih aman untuk anak-anak.

Memilih Antiseptik yang Tepat

Sekarang ini, produk antiseptik untuk luka sangat variatif. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih?

Satu hal yang harus Anda ketahui. Di dalam produk tersebut, ada kandungan Polyhexamethylene Biguanide (PHMB). Kandungan ini yang direkomedasikan oleh Consensus International 2018.

Tentu rekomendasi ini bukan tanpa alasan. Yang pertama, keefektifan. Ini sangat efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Yang kedua, keamanan. Kandungan ini aman untuk anak-anak. Kandungan ini tidak menyebabkan iritasi.

Hansaplast Spray Antiseptik mengandung PHMB ini. Ini merupakan salah satu produk dari Hansaplast untuk mengobati luka. Sebelum menggunakan plester, luka bisa disemprot dengan spray antiseptik ini. Tujuannya agar luka tidak iritasi. Anak pun tidak merasa perih. Selain itu, luka juga akan lebih cepat sembuh.

Tidak hanya luka karena jatuh saja. Spray ini juga bisa digunakan untuk luka karena hal yang lain. Contohnya saja luka bakar, luka setelah operasi, luka sayat, dan juga luka kronis.

Cara penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik ini juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyemprotkan pada luka. Beri jarak sekitar 10 sentimeter di area badan yang terluka. Setelah itu, biarkan mengering. Atau Anda bisa tutupi luka dengan plester hansaplast.

Itulah tips memilih antiseptik. Terdengar sepele. Namun, ini sangat penting. Karena pengguanan antiseptik yang salah bisa menyebabkan luka semakin parah.

Cara Menggunakan Antiseptik yang Benar

Tujuan penggunaan antiseptik adalah agar luka sembuh lebih cepat. Untuk itu, Anda perlu juga tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

  1. Bersihkan Luka

Sebelum menyemprotkan spray antiseptik pada luka, Anda harus bersihkan luka terlebih dahulu. Gunakan air mengalir untuk membersihkan luka. Ini penting supaya kotoran dan debu tidak menempel pada luka. Karena kotoran dan debu bisa menyebabkan infeksi.

  1. Keringkan Luka

Setelah luka dibersihkan, keringkan dulu. Anda bisa gunakan kain seperti handuk kering. Atau Anda bisa gunakan tisu.

  1. Semprotkan Hansaplast Spray Antiseptik

Hansaplat Spray Antiseptik

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan Hansaplast Spray Antiseptik. Beri jarak sekitar 10 sentimeter. Lalu, semprotkan spray antiseptik pada area yang terluka. Dengan antiseptik dari Hansaplast ini Anda dapat membersihkan serta mengobati luka tanpa rasa perih.

  1. Tutupi Luka dengan Plester

Setelah luka disemprot dengan spray, tutupi luka dengan plester. Tujuannya agar debu atau kotoran tidak menempel pada luka.

Itulah langkah sederhana namun penting untuk Anda terapkan. Ingat. Luka bisa semakin parah jika terinfeksi. Meskipun itu luka kecil, ini bisa menjadi infeksi dan semakin berbahaya.

Maka dari itu, sebaiknya selalu sediakan Hansaplast Spray Antiseptik di rumah. Anda bisa simpan di Kotak P3K. Ketika Anda bepergian jauh, Anda juga perlu membawa kotak tersebut. Ini untuk mengantisipasi jika anak terluka di jalan.

Memang spray antispetik ini tidak bisa menyembuhkan semua jenis luka. Namun, setidaknya luka kecil seperti lecet bisa disembuhkan dengan produk ini.

Sementara itu, untuk luka yang cukup dalam, Anda sebaiknya langsung bawa anak ke dokter. Misalnya saja jika luka memiliki kedalaman hingga setengah inci. Sebaiknya segera bawa ke dokter.

Begitu juga dengan luka yang menyebabkan pendarahan begitu banyak. Anda bisa menekan bagian yang terluka agar pendarahan berhenti. Setelah itu, silakan anak Anda bawa langsung ke rumah sakit terdekat. Karena jika pendarahan tidak segera dihentikan, anak bisa pingsan.

Yang pasti, tips memilih antiseptik ini harus Anda ketahui dan praktikkan. Jangan asal pilih antiseptik. Sekarang, Anda harus memiliki alat penyembuh luka dan obat-obatan yang aman untuk anak di kotak P3K milik Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*