Tips Membersihkan Luka Tanpa Pakai Alkohol, Agar Tidak Perih!

Membersihkan Luka Agar Tidak Perih

Tips membersihkan luka yang tepat harus Anda ketahui. Karena jika Anda menerapkan cara yang salah, luka akan semakin parah. Luka semakin parah dan semakin lama sembuhnya.

Kebanyakan orang membersihkan luka dengan alkohol. Mereka mengetahui cara seperti ini dari orang-orang terdahulu. Mereka melihat orang-orang terdahulu menggunakan alkohol untuk membersihkan luka.

Sayangnya, kebiasaan membersihkan luka dengan alkohol bukan hal yang baik. Bahkan, harus dihindari. Hal ini dikarenakan adanya potensi buruk yang bisa terjadi.

Efek Buruk Membersihkan Luka dengan Alkohol

Mungkin Anda sudah pernah dengar tips membersihkan luka dengan menggunakan alkohol. Lalu, Anda tahu apa yang menjadi alasan mengapa alkohol harus digunakan.

Ada penjelasan yang lengkap mulai dari manfaat alkohol untuk membersihkan luka. Pada intinya, alkohol tersebut akan melindungi luka agar tidak terkena infeksi. Apakah itu juga yang Anda pahami selama ini?

Itu hal yang benar. Namun, Anda juga harus tahu ada potensi efek buruk yang bisa terjadi. Anda pasti tahu luka adalah bagian kulit yang terbuka. Dan ketika bagian tersebut terkena alkohol, ada kemungkinan jaringan kulit yang masih bagus tidak bisa berkembang dengan baik alias mati. Walhasil, luka tidak kunjung tertutup dengan jaringan kulit yang baru karena jaringan tersebut mati. Apa akibatnya? Luka yang Anda alami akan lebih susah sembuh.

Inilah yang sangat dikhawatirkan. Makanya, para ahli medis tidak menyarankan agar setiap orang membersihkan luka dengan alkohol. Memang para ahli medis sering menggunakan alkohol. Akan tetapi, mereka tahu berapa takarannya dan luka seperti apa yang perlu dibersihkan dengan alkohol. Tidak semua luka boleh dibersihkan pakai alkohol karena potensi buruk yang bisa terjadi seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Langkah Membersihkan Luka yang Tepat

Jika tidak menggunakan alkohol, lalu bagaimana cara membersihkan luka yang tepat? Ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan berikut ini:

  1. Bersihkan dengan Air Bersih

Lupakan dulu menggunakan alkohol. Dan tidak perlu juga Anda membeli alkohol jika terluka. Anda bisa menggunakan bersih. Akan lebih baik jika Anda guyur luka dengan air yang mengalir. Ini sudah cukup untuk membersihkan luka yang berpotensi menyebabkan luka semakin parah.

Anda mungkin akan merasakan perih saat luka diguyur dengan air. Namun, Anda harus bertahan sejenak. Karena perih yang Anda rasakan tersebut jauh lebih baik daripada luka merandang dan tidak kunjung sembuh karena Anda gunakan alkohol untuk membersihkan luka.

  1. Keringkan dengan Kain yang Lembut

Setelah luka benar-benar bersih, keringkan dengan kain yang lembut. Anda bisa tepuk-tepuk bagian yang luka dengan kain yang lembut. Akan lebih baik jika Anda gunakan kain yang membuat air mudah meresap. Jadi, proses pengeringan jadi lebih cepat.

  1. Semprotkan Antiseptik

Untuk mencegah infeksi, Anda tidak harus menggunakan alkohol. Semprotkan produk yang mengandung antiseptik. Ini sangat efektif mengecegah infeksi sekaligus aman untuk luka.

spray-luka

Image Source: https://www.hansaplast.id/products/perawatan-luka/wound-spray

Anda bisa mengandalkan Hansaplast Spray Antiseptik. Ini spray yang dibuat untuk mencegah infeksi pada luka. Kandungan utamanya berupa Polyhexamethylene Biguanide (PHMB). Ini merupakan antispetik yang mendapatkan rekomendasi dari Consensus International pada tahun 2018. Jadi, antiseptik ini sudah menjadi standard yang digunakan oleh dunia medis untuk membersihkan luka agar tidak terkena infeksi.

Spray ini cocok digunakan untuk semua kalangan. Bahkan, ini bagus untuk anak yang terluka. Anak tidak akan merasa perih ketika spray ini disemprotkan pada luka. Spary ini juga tidak mengeluarkan bau. Sensasi dingin akan terasa.

  1. Tutup dengan Plester

Setelah Hansaplast Spray Antiseptik diaplikasikan pada luka, segera tutupi dengan plester. Ini juga sangat penting agar luka tidak ditempeli bakteri yang memungkinkan menyebabkan infeksi. Gunakan plester luka dari Hansaplast yang memiliki daya rekat yang kuat. Untuk anak-anak, tersedia plester dengan gambar kartun seperti Frozen, Marvel, Mickey Mouse, dan Princess.

Itulah tips membersihkan luka yang seharusnya Anda terapkan. Sekarang, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan jika Anda atau orang tercinta Anda terluka. Yang pasti, sebaiknya jangan menggunakan alkohol. Gunakan Hansaplast Spray Antiseptik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*