Tips Ibu Hamil Muda Agar Sehat dan Selamat

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Hamil merupakan tersendiri bagi calon ibu. Agar kandungan ibu sehat dan aman ada tips ibu hamil muda yang bisa ibu lakukan. Karena hamil muda sangat rentan dengan keguguran.

Untuk itu, ibu harus berhati-hati dan serius dalam menjaganya. Terlebih bagi ibu yang baru pertama kali mengalaminya. Sebab banyak yang sudah mendambakan kehamilan bertahun-tahun, tetapi tidak kunjung datang.

Nah, dari tendensi itulah, kehamilan ibu saat ini adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Ibu harus benar-benar menjaganya, agar jangan sampai keguguran. Hampir 90% keguguran dialami ibu hamil saat kandungan masih dalam trimester pertama. Atau dalam kata lain kandungan masih berusia muda.

Sebelum ibu mengetahui cara menjaga kandungan, alangkah baiknya kalau ibu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Hal yang paling sering menyebabkan keguguran adalah:

  1. 1. Karena Kelelahan

Kelelahan menjadi penyebab paling sering terjadinya keguguran. Untuk itu banyak-banyaklah membaca panduan hamil muda. Karena biasanya ibu hamil belum tahu kalau dirinya sedang hamil. Ia mengira kalau belum hamil, karena mungkin baru telat beberapa hari. Atau karena menstruasinya yang tidak teratur.

Sehingga ia masih melakukan banyak kegiatan. Akibatnya saat daya tahan tubuhnya sedang berkurang, pembuahan yang sedang terjadi gugur karena kurangnya asupan nutrisi yang cukup.

  1. 2. Karena Virus

Virus juga menjadi penyebab seringnya keguguran. Tetapi tidak sesering yang pertama. Biasanya virus yang menyebabkan keguguran adalah virus talkshow. Virus ini disebarkan melalui unggas yang ada di sekitar rumah. Ciri-ciri wanita yang terjangkit virus ini adalah seringnya keguguran yang dialaminya.

  1. 3. Kelainan Kehamilan

Yang no tiga ini jarang sekali terjadi. Kelainan janin bisa diakibatkan karena beberapa hal. Bisa karena asupan gizi yang tidak mencukupi, karena hamil di luar kandungan atau yang lainnya. Untuk itu ibu harus tahu nutrisi ibu hamil muda yang seharusnya dikonsumsi.

Lalu apa yang harus ibu lakukan?

Setelah ibu mengetahui penyebabnya, ibu sebaiknya mengantisipasi dengan cara:

  1. 1. Konsultasi

Saat ibu mengetahui bahwa ibu positif hamil, segera periksakan ke dokter atau bidan terdekat. Konsultasikan apa saja yang harus ibu lakukan dan bagaimana kondisi kehamilan ibu. Tetapi untuk konsultasi pertama kalinya ibu sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan. Karena kebanyakan bidan tidak memiliki alat yang memadai untuk melihat kehamilan.

  1. 2. Menjaga diri agar jangan tidak kecapekan

Ini sangat penting untuk ibu yang sedang hamil muda. Kalau perlu ambil asisten rumah tangga untuk membantu ibu mengurusi pekerjaan rumah selama kehamilan. Sebaiknya ibu memperbanyak istirahat. Jangan pernah memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu walaupun terkesan ringan tetapi ibu sedang dalam kondisi lelah.

  1. 3. Memperhatikan nutrisi

Sangat penting bagi ibu yang sedang hamil untuk memberikan asupan gizi bagi janinnya, terlebih di awal kehamilan. Sebaiknya anda membaca buah untuk ibu hamil muda. Karena awal-awal kehamilan merupakan penentu dari berkembangnya janin. Kurangnya asupan gizi di kehamilan muda bisa mengakibatkan kelainan pada janin.

  1. 4. Jauhi rokok dan obat-obatan

Sebaiknya ibu yang sedang hamil muda jangan melakukan banyak kegiatan di luar rumah. Sebisa mungkin hindari asap rokok dan mengkonsumsi obat-obatan. Karena kedua faktor tersebut bisa mengganggu kesehatan janin.

Itulah tips ibu hamil muda yang harus ibu perhatikan dan ibu lakukan. Agar janin anda tetap sehat dan lahir dengan selamat tanpa kekurangan satu apapun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*