Tips Desain Dapur Kecil Tapi Tetap Terasa Lega

keramik-dapur

Bagian dapur tidak selalu harus besar. Asalkan tertata dengan rapi, dapur yang kecil pun terasa legal. Namun, menata dengan rapi itu bukan hal yang mudah. Ada tips desain dapur yang harus dipikirkan matang-matang mulai dari awal sebelum dapur belum dibuat.

Jika ruangan yang akan Anda jadikan sebagai dapur masih kosong, ada baiknya Anda pelajari bagaimana cara mendesain dapur. Apalagi jika ruangan tersebut sempit. Jangan asal buat dapur. Dengan menerapkan desain yang tepat, ruangan yang kecil pun bisa dijadikan dapur kecil tapi tetap terasa lega.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Dapur Kecil

Dapur tidak lagi menjadi bagian rumah yang tidak terlalu diperhatikan. Untuk milenial yang ingin memiliki rumah sendiri, dapur justru menjadi bagian yang terpenting. Dapur bisa dijadikan spot menarik. Jika punya dapur yang bagus, tamu bisa diajak ke dalam untuk menyantap makanan di ruang makan yang dekat dengan dapur.

Namun, Anda harus pastikan dulu dapur benar-benar menarik. Tidak masalah jika dapur Anda sempit. Asalkan didesain dengan tepat, dapur kecil tidak akan terlihat sempit. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips desain dapur kecil yang bisa Anda pelajari dan terapkan:

  1. Desain Dapur U-Shaped Layout

Apa itu U-shaped layout? Ini merupakan bentuk dapur seperti huruf U. Dengan bentuk seperti ini, Anda bisa memaksimalkan ruangan yang ada. Bahkan, jika hanya ada pojok bidang tanah, Anda bisa jadikan sudut tersebut sebagai dapur kecil yang menarik lho. Asalkan bentuknya U, dapur tidak akan terlihat kecil dan sempit.

Selain itu, sebaiknya juga dapur yang berbentuk U tersebut menghadap ke ruangan yang lebih besar. Misalnya saja menghadap ke ruang makan. Atau ada juga yang langsung menghadap ruang keluarga dan ruang tamu. Jadi, dapur kecil ini bisa terlihat seperti mini-bar untuk menyajikan minuman untuk para tamu.

  • Gunakan Pembatas yang Tepat

Membuat sekat-sekat di ruangan yang kecil justru akan membuat ruangan sama sekali tidak nyaman. Sebaiknya, sekat atau pembatas harusnya dihilangkan saja.

Namun, tentu menjadi aneh jika tidak ada sekat antara dapur dengan ruangan yang lain. Dapur tetap harus ada sekat untuk membedakan dengan ruangan lainnya. Hanya saja bukan pembatas berupa tembok.

Anda bisa membatasi area dapur dengan area ruangan lainnya dengan menggunakan meja bar. Jadi, selain pembatas, meja bar ini bisa digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman setelah siap untuk dihidangkan. Biasanya, tinggi meja tersebut hanya sekitar 50 sampai 60 sentimeter.

  • Lemari dengan Desain yang Tepat

Ada banyak sekali jenis bahan makanan dan bumbu yang harus disimpan. Namun, bukan berarti Anda harus membeli banyak furnitur. Lupakan hal tersebut. Sebaiknya Anda beli furnitur dapur yang multifungsi.

Salah satu contoh lemari lantai yang bagian atasnya bisa digunakan untuk memasak atau menyajikan masakan. Lemari ini bisa juga dijadikan sebagai sekat. Sementara itu, desain lemari gantung dipakai buat storage dan juga ornamen sehingga desainnya harus menarik.

  • Cahaya yang Terang

Ruangan yang kecil, apapun itu ruangannya, akan terasa lebih luas jika pencahayaannya bagus. Pastikan ada jendela yang cukup besar agar cahaya alamiah masuk ke dalam dapur. Sementara itu, untuk pencahayaan di malam hari, gunakan lampu yang terang.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan lampu ambiance di beberapa spot. Lampu seperti ini bisa menerangi dapur tanpa membuat mata silau. Diskusikan dengan desainer ruangan untuk setup lampu seperti ini.

  • Warna Lantai dan Dinding

Nah, ini tips desain dapur yang sangat penting. Agar dapur kecil tidak terlihat sempit, pilih warna dinding yang cerah. Bahkan, akan lebih baik jika Anda pilih keramik dinding dengan motif granit. Dinding dapur mudah sekali kotor, terutama di bagian yang dekat dengan kompor. Dinding terbuat dari keramik mudah dibersihkan. Minyak yang mungkin menempel tidak perlu dikhawatirkan lagi. Dan yang pasti, dinding seperti ini membuat dapur terlihat lega.

Begitu juga dengan lantai. Pilih keramik dapur yang warnanya cerah. Anda bisa pilih keramik warna putih atau krem. Hindari keramik dengan motif bunga-bunga atau motif yang terlalu rumit. Cari keramik yang cerah dan polos.

Itulah beberapa tips untuk desain dapur yang kecil agar tidak terlihat sempit. Siap untuk menerapkannya?

Keamanan di Dapur Juga Perlu Diperhatikan

Saat memasak di dapur, ada kemungkinan minyak tumpah. Atau minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa memercik ke lantai. Ini bisa membuat lantai licin. Dan ini bukan hal yang sepele karena lantai yang licin bisa membuat siapa terpeleset. Bahaya sekali jika saat terpeleset Anda sedang memegang pisau.

Untuk itu, keamanan harus diutamakan. Sebaiknya, pilih keramik dapur yang sedikit lebih kasar. Tujuannya agar lantai tidak licin meskipun terkena minyak.

Atau ada juga alternatif lain. Jika Anda sudah terlanjur memilih keramik yang tidak kasar, lapisi bagian yang sering terkena minyak dengan kain. Tujuannya agar minyak tidak menempel pada keramik tapi pada kain. Atau kain tersebut bisa dengan mudah Anda gunakan untuk membersihkan minyak yang tumpah di lantai.

Sekarang Anda sudah tahu banyak tentang tips desain dapur kecil namun terlihat lega. Silakan Anda praktikkan agar Anda punya dapur yang menarik. Apalagi jika Anda orang yang suka memasak. Dapur menjadi tempat yang pasti Anda perhatikan, bukan?

Image source: https://rumah123.com/

Leave a comment

Your email address will not be published.


*