Tips Bayi Sehat untuk Orang Tua Bijak

bayi sehat https://www.facebook.com/ibudanbalita

Bayi sehat merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Dengan kesehatan yang tetap terjaga, bayi tersebut akan tumbuh dan berkembang secara normal. Seorang bayi yang sehat merupakan hadiah bagi para orang tua yang selama ini bijak dalam mendidik dan merawatnya. Dengan memberikan makanan bergizi dan bernutrisi, menjaga kebersihan, dan rajin melakukan imunisasi dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan bayi tersebut.

Pemilihan makanan pada bayi harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan nutrisi si anak. Misalnya saja pada bayi berusia 0 – 1 bulan harus mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif. ASI yang diberikan pada bayi tentunya mengandung nutrisi seperti protein yang dapat memberikan energi pada bayi tersebut serta vitamin dan mineral terkandung yang dapat meningkatkan sistem kekebalan dari bayi. Selain itu, ASI tidak hanya baik untuk perkembangan fisik dari bayi tersebut namun secara jangka panjang, pemberian ASI yang baik akan membuat perkembangan otak, syaraf motorik, dan kecerdasan anak mudah diperoleh.

ASI yang baik tentunya didukung oleh peran serta Ibu yang aktif untuk memberikannya pada bayi sehat. Namun terkadang, banyak Ibu yang tidak memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi olehnya selama masa pemberian ASI Eksklusif. Padahal volume dan kualitas ASI ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi oleh para moms loh! Beragam buah dan sayur seperti bayam, wortel, dan pepaya dapat masuk ke daftar makanan wajib bagi ibu yang sedang melakukan pemberian ASI Eksklusif. Sehingga, gaya hidup sehat yang dilakukan oleh para moms tentunya akan berpengaruh pada kesehatan bayi kita.

Selain ASI, untuk bayi lebih dari 1 – 2 Bulan dapat mulai mengonsumsi susu formula sebagai PASI (Pengganti Air Susu Ibu). Sebagai orang tua yang bijak, harus memilih jenis susu formula terbaik yang kandungannya paling tidak mendekati ASI. Hal ini tentu diperlukan peran aktif dan pengetahuan orang tua. Dalam memilih susu, pertimbangan seperti komposisi susu dan jenis alergi pada bayi juga harus diperhatikan. Salah – salah si kecil justru tidak mendapatkan manfaat dari susu formula yang telah dikonsumsi.

Dan jangan lupa untuk memberikan imunisasi pada anak bayi dan balita yang kalian rawat. Pemberian imunisasi yang lengkap dan tepat dapat mencegah beragam jenis penyakit pada anak. Selain itu pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup terutama bayi berusia 0 – 6 bulan yang membutuhkan sekitar 16 jam waktu tidur setiap harinya. Dan rentang usia lain yang dapat disesuaikan.

Namun disamping dari mengontrol apa saja yang dikonsumsi oleh anak, banyak faktor eksternal lain yang dapat mendukung kesehatan dari si bayi. Faktor dari luar tersebut seperti perilaku orang tua dalam keseharian dapat membuat bayi sehat.

Segala perilaku yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak akan tercermin pada anak tersebut. Hal tersebut tentunya berlaku pada kebiasaan sehat yang dilakukan oleh orang tua tentunya akan berdampak bagi bayi. Kebiasaan sehat ini akan tertular dan terlihat dari cara orang tua tersebut dalam menjaga buah hati mereka.

Kebiasaan orang tua untuk menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum berinteraksi dengan buah hati anda. Karena tangan merupakan salah satu area pada tubuh yang cukup kotor dan banyak terkena beragam hal yang dapat membuat virus tumbuh. Dan kurangi kebiasaan merokok dekat bayi anda, hal ini sangat penting untuk orang tua bijak yang mengharapkan seorang bayi sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*