Ternyata Ini Tips Anak Susah Makan Mudah

tips anak susah makan Source: SNAP-Ed Connection
tips anak susah makan

Source: SNAP-Ed Connection

Namanya anak kecil ada saja tingkahnya. Di meja makan sekalipun, bisa bikin gemas kalau lagi – lagi piring penuh makanan. Rasanya, bunda dan ayah ingin mengibarkan bendera putih, berharap ada keajaiban yang membuat si kecil makan tanpa rewel.

Fenomena di atas ditunjukkan dengan tingginya pencarian tips anak susah makan yang seolah menjadi dilema tersendiri. Rasa khawatir bila kondisi anak susah makan terus berlanjut akan berdampak pada asupan nutrisinya nanti. Seperti yang anda sudah tahu, nutrisi bak bahan bakar agar pertumbuhan anak tetap lancar tanpa ada rintangan yang terlalu berat. Beruntung sekali, pada topik kali ini, anda akan diberi daftar tips anak susah makan lengkap dengan penjelasannya. Seperti apa ? mari simak penjelasan berikut :

  1. Ngemil boleh asal rutin
    Orang dewasa sampai anak kecil, sudah tidak aneh lagi kalau ngemil sudah jadi bagian kehidupan. Kegiatan makan makanan ringan sambil beraktivitas sehari – hari, entah sekedar menonton TV atau bekerja memang mengasyikkan. Sensasi tektur makanan dengan beragam rasa ada manis, asam, dan pedas, seolah mendorong otak supaya makin semangat bekerja. Tidak jarang bunda memberikan kudapan bagi si kecil toh anak menjadi bahagia, masalahnya ada bahaya tersendiri di balik ngemil. Pada beberapa kasus anak susah makan, karena sudah merasa cukup kenyang usai ngemil. Bahkan minuman ringan seperti susu kemasan atau bahkan jus sebetulnya menurunkan nafsu makan anak. Memotong jatah kudapan anak juga bukan ide yang bagus karena bisa menimbulkan sikap pemberontakan kecuali jika anak memang berkeinginan untuk tidak ngemil. Langkah tepat yang bisa diambil justru menjadwalkan masing – masing tipe makanan. Tentukan jam berapa dan kapan anak diberi jatah makan besar dan makan kecil. Semisal makan besar pada jam 7, 12, dan 6, lalu pastikan ngemil 2 kali sehari dimulai 2 jam sebelumnya berarti sekitar jam 9 dan jam 3. Menu ngemil juga bebas, bahkan susu atau jus sekalipun asalkan sebelum masuk jam makan besar anak diberi air putih yang cukup banyak.

  2. Buat acara makan tidak membosankan
    TV, Gadget, atau pengalih perhatian lain sebetulnya bukan ide bagus. Pasalnya, mengalihkan perhatian anak saat makan berarti meminta otak bekerja dua kali lipat hingga pada satu titik pikiran harus memilih antara makan atau bersenang – senang. Kemungkinan besar otak akan memilih segala sesuatu yang menyenangkan, sehingga menyebabkan pencernaan anak anda menjadi tidak dapat bekerja optimal. Tidak membosankan dalam artian tampilan makanan itu sendiri. Seperti yang telah digadang – gadangkan dalam ilmu pengetahuan, selera makan sebetulnya melibatkan 3 indra yakni penciuman, perasa dan visual. Faktor tampilan makan ternyata cukup berpengaruh, bahkan restoran yang mematok harga selangit cukup memperhatikan tampilan makanan. Hanya dengan penampilan yang lebih menarik bisa menimbulkan presepsi untuk makan lebih besar dibanding penampilan makanan yang sedang – sedang saja alias biasa. Guna menarik perhatian si kecil, cobalah membuat tampilan makanan seperti tokoh favoritnya, binatang kesukaan, dan hal lain yang berasosiasi dengan kesenangan anak. Modal cetakan kue saja sebenarnya sudah cukup bagus, sisanya anda bisa belajar bagaimana menghias makanan melalui internet.

  3. Ajak anak belanja
    Sikap apatis atau acuh tak acuh biasanya diawali dengan perasaan yang tidak dihiraukan. Rasa tidak terlibat menimbulkan pemikiran bahwa tidak hadir atau ikut berpartisipasi tidak akan peduli. Apatis cukup berbahaya karena membuat orang menjadi tidak tertarik meski kegiatan tersebut bermanfaat bagi dirinya sekalipun. Makan termasuk kegiatan yang sebenarnya cukup baik. Tips anak susah makan mudah salah satunya adalah mengajak anak ikut berbelanja. Bukan berarti, anak mengikuti anda ke pasar atau supermarket dan hanya melihat – lihat. Bunda harus membebaskan anak memilih buah atau sayuran yang menarik perhatiannya sambil memberitahu apa nama sayuran tersebut. Lihat ekspreksi anak apakah mereka tertarik betul dengan sayuran yang dipilih, kalaupun ragu anak akan makan atau tidak cobalah beli sedikit dan lihat reaksi anak nanti. Jika anda termasuk orang yang pandai bercerita, buatlah kisah menarik mengenai sayuran tersebut. Wortel adalah makanan pahlawan super yang punya pengelihatan super misalnya, akan menimbulkan rasa ingin mencoba dari anak.

4. Hargai selera anak
“Kalau tidak makan, ayah bunda tidak mau belikan mainan” atau “Habiskan sayurannya, awas sampai sisa, ayah bunda bakal marah”. Ancaman seperti itulah yang justru memperparah kondisi anak. Ketika orang tua menekan anak untuk terus menghabiskan makanannya terlepas dari anak suka atau tidak bisa menimbulkan 2 kemungkinan. Pertama, anak bisa jadi takut sehingga menuruti keinginan ayah dan bunda. Kedua, anak malah jadi berontak. Kemungkinan pertama sekilas memang menyelesaikan masalah, padahal dari segi pribadi anak justru merusak karakternya. Anak jadi takut mengeluarkan pendapatnya sehingga tumbuh menjadi pribadi yang serba ‘iya’ tanpa menimbang resikonya. Dampak kedua yakni pemberontakan anak, memang jauh lebih baik dibanding kemungkinan pertama, sebab anak anda setidaknya berani mengeluarkan pendapat. Anak dengan kemauan yang keras dan tahu apa yang diinginkan cenderung sukses dalam hidup. Walau anak anda pemberontak, jika terus dipaksa malah bisa menimbulkan rasa benci. Bicarakan baik – baik pada anak kenapa dia menolak untuk makan. Jika alasannya tidak menyukai bahan makanan tertentu coba diskusikan. Tips anak susah makan akan jauh lebih berhasil dengan komunikasi baik antar anak dan ayah atau bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*