Temukan Menu Makanan untuk Memastikan Terpenuhinya Gizi Seimbang Pada Balita

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi seimbang pada balita tidak boleh ibu sepelekan. Banyak sekali kasus di mana balita mengalami masalah dengan gizi yang tidak seimbang membuat ia harus terkena berbagai penyakit. Contohnya saja jika balita mengalami kelebihan protein, maka si kecil akan mengalami kegemukan. Jika terlalu banyak mengkosumsi wortel yang mengandung betakarotin, kulit si kecil akan terlihat kuning.

Itu hanya dua dari sekian banyak masalah yang bisa terjadi jika ibu tidak memenuhi nutrisi seimbang pada balita. Itulah mengapa ibu tidak boleh menyepelekan pemenuhan gizi yang seimbang untuk balita ibu.

Yang menjadi PR besar ibu sekarang ini adalah mencari tahu menu makanan apa yang bisa memasikan pemenuhan gizi seimbang balita setiap hari. Berikut beberapa inspirasi yang ibu pertimbangkan.

Menu Sarapan

Agar balita ibu aktif, tentu saja ibu harus memenuhi kebutuhan karbohidrat harian si kecil. Untuk menu sarapan, ibu harus pilihkan makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup seperti nasi, roti, atau sereal. Pastikan kebutuhan kalori terpenuhi ya bu.

Sebenarnya, banyak lho sumber karbohidrat selain dari nasi, roti, atau sereal. Sesekali ibu bisa memberikan menu sarapan yang terbuat dari kentang seperti sup kentang atau begedel kentang. Yang pasti, asupan gizi berupa karbohidrat harus tercukupi.

Di sela-sela antara sarapan dengan makan siang, ibu bisa membuatkan jus buah. Selain karbohidrat, vitamin juga harus tercukupi, bukan?  Untuk memastikan gizi seimbang pada balita, ibu harus membiasakan si kecil minum jus buah di siang hari. Selain jus merupakan minuman yang menyegarkan, buah kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh si kecil.

Menu Makan Siang

Jika biasanya menu sarapan itu tidak menggunakan kuah, menu makan siang harus menggunakan kuah. Ibu bisa membuatkan menu makan siang nasi dengan sayur-sayuran hijau seperti sayur bayam atau sayur kangkung. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, vitamin K, magnesium, serta folat. Akan tetapi, kandungan yang paling penting di dalam sayuran hijau adalah serat. Kandungan inilah yang akan memastikan sistem pencernaan balita baik sehingga semua gizi seimbang pada balita yang ia dapatkan dari makanan bisa disalurkan ke seluruh tubuh.

Menu Makan Malam

Pada saat musim hujan seperti saat ini, enaknya membuat menu makan malam yang hangat. Untuk balita ibu, ibu bisa buatkan sup ayam. Jika si kecil suka seafood, ibu buatkan seafood. Kandungan protein juga sangat dibutuhkan oleh si kecil apalagi dalam masa perkembangan. Hanya saja, jangan sampai kandungan protein terlalu banyak ya karena hal tersebut bisa mengakibatkan kegemukan.

Gizi seimbang pada balita bisa ibu berikan jika ibu memberikan menu makanan yang bervariasi. Sayangnya, banyak ibu yang tidak memahami hal ini. Karena si kecil memfavoritkan makanan A, maka ibu sering memberikan makanan A tersebut. Akibatnya, progam pemberian nutrisi seimbang pada balita tidak tercapai.

Mulai sekarang, ibu harus mencari tahu lebih banyak menu makanan bergizi untuk sang buah hati. Jika anak ibu masih kecil, saatnya ibu memperkenalkan semua jenis makanan agar saat dewasa nanti ia mudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

Namun, yang terpenting adalah dengan memberikan menu makanan yang bervariasi tersebut, maka ibu bisa mamastikan pemenuhan gizi yang seimbang pada balita. Karena pada intinya perkembangan balita itu akan optimal ketika ibu berhasil memberikan gizi seimbang pada balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*