Tanda-Tanda Kesehatan Wanita Hamil yang Harus Diwaspadai

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil tidak boleh dianggap sepele. Kesalahan sedikit saja bisa membahayakan janin dalam kandungan. Apalagi bagi wanita hamil muda, mereka harus ekstra hati-hati memilih makanan yang harus dikonsumsi.

Hanya saja, walaupun ibu hamil sudah merasa melakukan yang terbaik, tetap saja ada kondisi di mana ada tanda-tanda kesehatan wanita hamil yang kurang begitu bagus. Dalam hal ini, jika ibu sedang mengandung dan masa persalinan sudah hampir tiba, ibu harus mewaspadai tanda-tanda berikut.

Posisi Bayi Salah

Apakah ada ibu hamil tua tapi posisi bayi dalam kandungan salah? Tentu saja ada. Kasus semacam ini sering sekali terjadi. Umumnya, jika kasus ini terjadi pada ibu, dokter akan menyarankan agar ibu melakukan persalinan melalui operasi Caesar.

Sayang sekali bukan jika ibu sudah menjaga melakukan semua tips untuk menjaga kesehatan wanita hamil tapi ujung-ujungnya ibu harus melahirkan melalui proses Caesar? Padahal, alasan ibu menjaga kesehatan kan agar ibu bisa menjalani persalinan normal.

Sebenarnya, posisi bayi yang salah ini bisa dihindari jika ibu mengikuti program senam ibu hamil. Menurut dokter kandungan, senam ibu hamil tidak hanya membuat tubuh ibu fit, tapi juga membuat posisi bayi benar sehingga ibu bisa melahirkan secara normal. Senam ibu hamil ini mencakup gerakan-gerakan yang membuat posisi janin bagus. Dan yang tak kalah penting, jika ibu melakukan senam hamil, tubuh ibu akan fit dan siap untuk menjalani proses persalinan. Itulah mengapa senam kehamilan juga termasuk sebagai cara menjaga kesehatan wanita hamil.

Berat Bayi dalam Kandungan Tidak Normal

Salah satu indikasi bahwa bayi dalam kandungan sehat bisa dilihat dari beratnya. Dan ini bisa diketahui jika ibu melakukan tes USG. Untuk itulah penting sekali untuk selalu konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan.

Jika berat badan janin melebih standar, ada kemungkinan ibu akan mengalami kesulitan ketika proses persalinan. Tentu saja ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk itu, perhatikan asupan gizi yang ibu berikan.

Sebenarnya, berat badan janin melebihi normal itu bisa dikarenakan juga oleh kegemukan yang dialami oleh ibu hamil. Itulah mengapa ibu hamil harus menjaga asupan gizi. Makan terlalu sedikit tidak boleh, terlalu banyak pun dilarang. Ibu hamil harus menerapkan pola makan yang seimbang.

Untuk menghindari kegemukan, ibu hamil bisa mengkonsumsi susu. Susu ibu hamil mengandung rendah lemak dan tinggi protein sehingga tubuh ibu bisa mengontrol nafsu makan. Selain itu, hindari makanan yang mengandung lemak karena pada dasarnya makanan yang berlemak harus dihindari karena makanan tersebut menganggu kesehatan wanita hamil.

Air Ketuban Semakin Sedikit

Salah satu pertanyaan yang harus ditanyakan setiap kali konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan adalah seputar air ketuban. Pasalnya, air ketuban menentukan janin dalam kandungan. Jika air ketuban semakin sedikit padahal masa persalinan masih beberapa hari, dokter biasanya mengambil keputusan agar ibu melahirkan lebih cepat dari HPL (hari perkiraan lahir).

Yang jelas, selamat karena kehamilan ibu sudah masuk trimester ketiga. Artinya, ibu sudah harus siap menyambut kehadiran sang buah hati. Cara yang paling tepat untuk menyambut si kecil tidak dengan membelikan perlengkapan bayi yang mahal. Akan lebih baik jika ibu gunakan uang tersebut untuk membeli makanan yang bergizi dan mengikuti program yang baik untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*