Tambahan Vitamin Untuk Menjaga Kehamilan Muda Justru Menyebabkan Mual

vitamin menjaga kehamilan muda www.ibudanbalita.com

Menjaga kehamilan muda memang harus dilakukan secara ekstra. Hal ini disebabkan risiko keguguran di usia hamil cukup tinggi. Kondisi janin belum sempurna dan rahim belum begitu kuat menjadi penyebabnya.

Namun, sebenarnya bukan itu yang menjadi alasan mengapa ibu sebaiknya mengkonsumsi vitamin. Kebanyakan dokter kandungan akan memberikan resep tambahan vitamin agar perkembangan tulang dan otak janin lebih optimal.

Sayangnya, penambahan vitamin tersebut justru sering membuat ibu merasa mual. Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Apakah ibu tidak perlu mengkonsumsi vitamin yang sudah disarankan oleh dokter? Atau ibu harus bagaimana?

Sebenarnya, vitamin yang ibu konsumsi bisa saja menyebabkan mual. Akan tetapi, hal tersebut bisa dicegah lho. Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk simak dulu penjelasan berikut ini.

Kenapa Tambahan Vitamin Menyebabkan Mual?

Secara alami, ibu hamil memang mudah sekali merasakan ingin mual dan bahkan muntah. Hal ini sering dijelaskan oleh para ahli kesehatan ibu hamil. Seorang hamil memiliki perubahan yang sangat signifikan dalam hal produksi hormon. Inilah yang sebenarnya menyebabkan mual dan muntah, terutama pada masa kehamilan muda.

Peningkatan produksi hormon ini juga semakin tinggi ketika ibu mengkonsumsi tambahan vitamin tertentu. Dalam hal ini, ibu harus tahu tidak semua vitamin tambahan itu sama. Setiap produk tambahan vitamin yang ibu konsumsi bisa saja bertujuan yang beda. Hanya saja, secara umum, tambahan vitamin tersebut berpengaruh juga terhadap produksi hormon di dalam tubuh.

Salah satu vitamin tambahan yang paling sering diberikan oleh dokter kandungan adalah sebuah tablet yang mengandung Fe. Inilah tablet yang bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda. Vitamin semacam ini diperlukan untuk mencegah anemia yang sering dialami oleh ibu hamil muda. Sayangnya, vitamin ini bisa mengganggu gastrointestinal yang ternyata berakibat pada rasa mual dan muntah. Bahkan, tidak jarang yang akhirnya mengalami masalah pencernaan seperti diare dan susah buang air besar.

Terlepas dari hal itu semua, vitamin memang sangat dibutuhkan saat kehamilan muda. Jadi, ini bukan sesuatu yang harus dihindari, melainkan diantisipasi. Bagaimana agar ibu bisa mendapatkan kebaikan dari mengkonsumsi vitamin tambahan tanpa merasakan efek samping seperti mual dan muntah.

Mencegah Mual Saat Minum Vitamin

Ibu tidak boleh menyerah dan akhirnya tidak mau mau minum vitamin yang diberikan oleh dokter. Tentu ada alasan mengapa dokter memberikan resep sehingga ibu harus mengkonsumsi vitamin.

Yang perlu ibu lakukan adalah mencari tahu bagaimana agar ibu tidak mual dan muntah setiap kali minum vitamin. Berikut ini beberapa hal yang perlu ibu perhatikan.

  • Minum Vitamin 2 Jam Setelah Makan

Sebenarnya, ada kesamaan antara minum susu dengan minum vitamin. Efek yang ibu alami adalah mual. Hal ini paling sering terjadi jika tidak ada jeda antara minum susu atau minum vitamin dengan makan.

  • Jangan Minum Vitamin Dalam Keadaan Perut Kosong

Bolehkah ibu hamil berpuasa? Tentu saja boleh. Hanya saja, ketika berbuka, ibu sebaiknya tidak langsung berbuka dengan minum vitamin. Berbuka dulu dengan makanan. Lalu setelah 2 jam, ibu baru mengkonsumsi vitamin tambahan.

  • Mengkonsumsi Buah Segar

Sebelum minum vitamin, sangat disarankan agar ibu mengkonsumsi buah yang segar. Selain bagus untuk menjaga ibu hamil muda, buah yang segar juga akan menurunkan atau bahkan menghilangkan risiko mual dan muntah ketika ibu minum vitamin.

  • Minum Air Hangat

Jika tidak ada buah yang segar, ibu bisa ganti dengan minum air yang hangat. Akan lebih baik jika ibu tambahkan perasan lemon ke dalam segelas air hangat tersebut.

Ibu bisa buktikan sendiri dengan menerapkan beberapa cara tersebut di atas. Mungkin rasa mual tidak langsung hilang 100%. Namun, setidaknya ketika ibu minum vitamin dengan menerapkan tips tersebut, maka rasa mual bisa dikurangi.

Alternatif Lain Selain Minum Vitamin

Ada yang salah paham dengan vitamin tambahan ini. Dokter kandungan pasti memiliki alasan mengapa ibu diberi resep berupa vitamin tambahan. Mungkin saja ada potensi ibu mengalami anemia yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan ibu dan juga janin yang ibu kandung. Maka dokter memberikan vitamin khusus untuk mencegah anemia.

Namun, sebenarnya mengkonsumsi vitamin itu bukan hal yang wajib dilakukan. Yang terpenting adalah bagaimana ibu bisa menjaga kehamilan muda. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervariasi, maka kesehatan ibu saat hamil pasti akan terjaga. Dengan demikian, perkembangan janin pun akan maksimal.

Untuk memastikan setiap jenis nutrisi ibu hamil terpenuhi, sangat disarankan agar ibu mengkonsumsi susu ibu hamil Frisian Flag Mama. Susu yang satu ini rasanya enak dan tidak menyebabkan mual apalagi muntah. Sudah banyak ibu hamil yang membuktikannya. Testimoninya bisa ibu lihat di Forum Ibu dan Balita. Di forum itu juga, para ibu hamil berkumpul, berdikusi, dan berbagai informasi mengenai bagaimana cara menjaga kehamilan. Hampir semua informasi tentang kesehatan ibu hamil bisa ibu dapatkan di forum tersebut.

Jika ternyata apa yang ibu cari tidak ibu temukan, kunjungi saja bagian konsultasi kehamilan online. Tuliskan saja pertanyaan yang ingin ibu sampaikan. Dokter kandungan akan segera merespon pertanyaan yang ibu sampaikan tersebut.

Yang pasti, banyak hal yang harus ibu lakukan untuk menjaga kehamilan, terutama ketika kehamilan baru berusia trimester pertama. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat ibu kerepotan. Asalkan ibu tahu bagaimana cara yang tepat dan efektif menjaga kehamilan muda, maka ibu akan dengan senang hati menjalani hari demi hari selama masa hamil muda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*