Tahap Perkembangan Janin yang Perlu untuk Diantisipasi

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin tidak boleh dianggap sepele. Memang Tuhan telah membuat sistem di mana rahim ibu bisa secara otomatis menjaga perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan. Hanya saja, bukan berarti ibu membiarkan begitu saja.

Bagi ibu yang sadar betul pentingnya perkembangan janin, mereka pasti akan mencari tahu makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi, kegiatan apa yang baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan, serta apa yang dilakukan ketika ada tanda-tanda yang mencurigakan pada masa kehamilan.

Bagi ibu yang ingin sekali memiliki bayi yang pintar, tentu ibu harus mulai sedini mungkin mengetahui perkembangan janin saat otaknya mulai terbentuk. Dengan demikian, ibu bisa mensuplai semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Tahap Perkembangan Otak Janin

Tahukah ibu kapan otak bayi dalam kandungan mulai terbentuk? Menurut ahli kesehatan kandungan, otak bayi sudah mulai terbentuk ketika masalah kehamilan trimester pertama, tepatnya ketika bayi sudah berusia 3 bulan. Pada saat itulah beberapa organ vital seperti otak sudah terbentuk.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu yang masa kehamilan sudah hampir mencapai trimester kedua untuk memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Teruskan mengkonsumsi susu ibu hamil, bukannya justru berhenti minum susu. Ibu perlu memyempurnakan nutrisi yang ada di dalam susu dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat pembangun, zat pengatur, zat besi, serta mineral agar proses awal perkembangan organ vital berupa otak lebih optimal.

Lebih dari itu, untuk memaksimalkan perkembangan janin khususnya otak janin, para ahli gizi ibu hamil menyarankan agar makan makanan yang lebih beraneka ragam. Ibu hamil harus lebih sering makan namun perlu untuk mengurangi porsi makanan untuk menghindari obesitas. Jadi, ketika masa kehamilan trimester kedua hampir tiba, ibu harus makanan yang beragam yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Zat Paling Penting untuk Otak

Setelah ibu tahu bahwa pada masa kehamilan tiga bulan otak janin sudah mulai terbentuk dan berkembang, ibu pasti ingin tahu nutrisi apa saja yang sangat diperlukan untuk perkembangan janin.

Tentu saja semua nutrisi itu saling berhubungan. Nutrisi tertentu tidak bisa bekerja maksimal jika tidak ada nutrisi yang lainnya. Untuk itu, penting sekali untuk melengkapi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Hanya saja, dari sekian banyak nutrisi yang harus ibu dapatkan, asam folat merupakan nutrisi yang paling penting. Pasalnya, dari beberapa kasus di mana bayi lahir dalam kondisi cacat pada otak itu disebabkan kurangnya asam folat. Selain itu, asam folat juga mencegah berbagai jenis kelainan pada bayi lainnya seperti bayi lahir cacat dan bayi prematur.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk minum ssu ibu hamil yang kaya akan kandungan asam folat. Konsumsi pula makanan bernutrisi tinggi agar perkembangan janin baik.

Mulailah untuk lebih memperhatikan menu makanan yang ibu konsumsi setiap hari saat kehamilan sudah mencapai 3 bulan. Bukan berarti masa sebelum 3 bulan itu tidak penting ya. Hanya saja, pada saat janin sudah berusia 3 bulan, ibu harus lebih memperhatikan menu makanan. Usahakan ibu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi untuk perkembangan otak janin.

Perlu sekali bagi ibu untuk melakukan pemeriksaan USG agar ibu tahu secara lebih jelas tentang perkembangan janin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*