Tahap Perkembangan Bayi Saat Berusia 2 Bulan

tahap perkembangan bayi blogmedia.web.id

Mengetahui tahap perkembangan bayi merupakan  salah satu hal yang sangat penting diketahui oleh para orang tua. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui  tumbuh kembang si kecil sejak ia dilahirkan. Perkembangan anak  di minggu-minggu awal setelah ia keluar dari perut sang ibu merupakan masa-masa yang sangat penting. Apa saja yang dilakukan oleh orang tua terhadap si kecil juga sangat mempengaruhi perkembangannya. Hal ini dikarenakan ketika usia 2 bulan ini biasanya bayi sudah dapat mengenali bunyi-bunyian yang berasal dari lingkungannya.

Oleh sebab itu biarkan anak Anda mengenali suara ibunya, suara ayahnya, kakaknya, atau anggota keluarga yang lain. Tidak hanya itu saja, namun sejak ia lahir dan sampai berjalan beberapa minggu selanjutnya, bayi juga sudah mengalami perkembangan yang sangat  pesat dan mungkin tanpa disadari oleh sang ibu atau anggota keluarga lainnya.

Tahap Perkembangan Si Kecil yang Cukup Pesat

Meskipun pada usia 2 bulan bayi sudah mulai bisa mengidentifikasi suara dari sekitarnya, namun memang tidak semua bayi akan mudah akrab dengan orang-orang di sekitarnya. Biasanya ibu adalah salah satu orang yang bisa sangat mudah dikenali oleh si bayi. Buktinya saja kebanyakan anak yang menangis akan lebih mudah diam jika dipeluk atau digendong oleh ibunya. Nah, dalam waktu 2 bulan biasanya gerakan kepala dan tubuh bayi juga udah mulai lebih aktif dan bervariatif. Akan tetapi untuk para ibu, Anda masih harus tetap memberikan perlindungan ekstra kepada buah hati Anda dengan membantu menopang tubuh anak Anda.

Jika Anda mengabadikan momen perkembangannya sejak si bayi lahir sampai dengan usia 2 bulan, sangat menyenangkan dan mengharukan sekali tentunya. Sedikit demi sedikit buah hati yang selama ini Anda harapkan sudah semakin berkembang. Jika Anda mengajaknya berkomunikasi dengan bermain atau bercanda, anak Anda juga akan mulai bisa memberikan mimik wajah yang menggemaskan untuk merespon apa yang Anda lakukan. Bahkan bayi juga sudah mulai bisa memberikan sinyal bahwa dia lapar dan membutuhkan ASI dari sang ibu. Maka dari itu pada umumnya saat perkembangan bayi 2 bulan ini masih sangat membutuhkan sang ibu yang harus selalu ada di dekatnya.

Selain perkembangan tersebut, bayi juga memerlihatkan perkembangannya dalam kemampuan motorik. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, seorang bayi yang usianya sudah mulai menginjak minggu-minggu di bulan kedua, kekuatan lehernya sudah mulai lebih kuat sehingga ia sudah mampu belajar mengangkat kepalanya sendiri saat tubuhnya ditengkurapkan. Nah, Anda juga pasti akan sering melihat buah hati Anda mengisap ibu jarinya sendiri atau benda-benda yang akan di sekitarnya sebagai perkembangan refleks mengisap.

Tujuan bayi melakukan hal ini sebenarnya adalah untuk menghibur diri mereka sendiri. Bahkan dalam minggu-minggu selanjutnya terkadang bayi bisa mengangkat kakinya dan mengisap ibu jari kakinya sendiri. Ketika tidur, bayi 2 bulan pada umumnya membutuhkan sekitar 15-16 jam waktu tidur dalam sehari. Biasanya durasi atau panjang waktu terebut dibagi menjadi beberapa sesi, dan ibu harus selalu stand by di dekatnya mana kala si anak terbangun dan ingin menyusui.

Nah, untuk membiasakan buah hati Anda tidur sendiri, Anda mungkin bisa melatihnya dengan meletakkan bayi di tempat tidurnya sendiri ketika ia sudah mulai terlihat mengantuk. Dan yang perlu Anda ingat adalah, biarkan dan biasakan bayi tidur dalam posisi telentang untuk mengghindari SIDS atau sebuah risiko sindrom kematian bayi secara mendadak.

Tahap Perkembangan Bayi Dan Cara Merawatnya

Selain memperhatikan bagaimana perkembangan buah hati Anda saat menginjak usia 2 bulan, Anda juga harus bisa mengetahui bagaimana cara merawat bayi Anda. Secara umum orang tua dan bayi pasti memiliki ikatan batin, apalagi ketika memasuki usia perkembangan bayi 2 bulan si anak hanya bergantung pada ASI sang ibu untuk bisa mengatasi rasa lapar. Itulah yang membuat bayi dan terutama sang ibu akan menjadi lebih dekat dan memiliki ikatan meski tak bisa diungkapkan dalam kata-kata.

Orang tua sangat mempunyai pengaruh yang penting, apalagi dalam perkembangan bayi 1 bulan sampai 2 bulan pertama si bayi perlu banyak belajar tentang orang-orang di sekitarnya dan lingkungan sekitarnya. Orang tua juga harus memberikan rangsangan-rangsangan positif kepada bayi. Tujuannya yaitu untuk membentuk kepribadian positif untuk si anak. Anda bisa mengekspresikan rasa sayang dan rasa cinta Anda terhadap anak  Anda dengan pelukan, belaian, kecupan, dan sebagainya. Dan usahakan agar tidak melakukan hal-hal kurang baik seperti mengucapkan kata-kata kotor, marah-marah, bertengkar, dan sebagainya di depan sang bayi.

Disamping itu ketika mengawasi tahap perkembangan bayi, Anda juga harus berusaha untuk selalu ada untuk anak Anda. Sebab dalam usia-usia tersebut umumnya seorang bayi masih sangat mudah  terkena gejala-gejala penyakit yang tentu saja  harus segera diatasi. Awasi anak Anda dengan baik, dan segera lakukan tindakan lebih lanjut jika anak Anda mengalami gejala-gejala aneh yang mungkin Anda juga tidak memahami gejala tersebut sepenuhnya.

Pada bulan-bulan pertama ini memang seakan  menjadi masa yang menyenangkan untuk para orang tua, akan tetapi juga terkadang menjadi kondisi yang sangat mengkhawatirkan apalagi untuk para pasangan suami istri baru. Selain perlu lebih waspada, Anda juga harus membantu si kecil mengembangkan dan melatih kemampuan motoriknya. Namun Anda sangat tidak dianjurkan untuk memaksakan bayi untuk duduk dalam waktu yang lama.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*