Tahap Perawatan Bayi yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Demam

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi ketika demam tidak seperti merawat anak yang sudah dewasa di mana ibu bisa menanyakan apa yang dirasakan atau di bagian mana yang paling sakit. Selain itu, anak yang sudah dewasa bisa langsung diberika obat penurun panas dan ibu bisa memintanya untuk beristirahat. Perlahan-lahan, panas akan turun.

Namun, hal tersebut tidak bisa ibu lakukan jika sang buah hati masih bayi. Bahkan, tidak dianjurkan langsung memberikan obat penurun panas walaupun obat tersebut dibuat khusus untuk bayi.

Sebagai ibu yang bijak, ibu harus tahu langkah-langkah apa saja yang harus ibu lakukan sebagai cara merawat bayi yang sedang mengalami demam tinggi. Langkah-langah berikut tidak boleh terbolak-balik. Artinya, langkah-langkah berikut diurutkan sesuai mulai langkah yang sangat mungkin untuk dilakukan tanpa akan membahayakan kesehatan bayi secara keseluruhan.

  • Memberikan ASI

Tidak ada minuman yang paling bagus untuk bayi selain ASI. Mungkin ibu pernah mendengar istilah susu bayi terbaik, susu anak terbaik, susu formula terbaik, dan lain sebagainya. Memang, susu tersebut terbaik namun tidak ada yang lebih baik daripada ASI.

ASI atau air susu ibu tidak hanya memberikan nutrisi baik yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Ternyata, ASI juga berfungsi sebagai obat. Jika sang buah hati ibu sedang sakit seperti demam, maka hal yang paling pertama ibu harus lakukan adalah memberikan ASI.

Dalam kondisi seperti ini, usahakan ibu lebih banyak memberikan ASI setiap hari. Untuk itu, ibu sebaiknya menjaga kesehatan dan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang bisa mempercepat produksi ASI sehingga si kecil bisa mendapatkan suplai ASI yang lebih banyak.

  • Jangan Memandikan Bayi

Perawatan bayi yang sedang demam selanjutnya adalah tidak memandikan bayi walaupun menggunakan air hangat. Selama demamnya tinggi, sebaiknya ibu hanya membersihkan badan si kecil dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat saja. Pada saat demam, susu badan bayi akan sangat tinggi sehingga ia akan lebih cepat menggigil jika terkena air meskipun air tersebut hangat.

Jadi, jika ibu biasanya memandikan si kecil di pagi dan sore hari menggunakan air hangat, pada saat demam ibu bisa membersihkan badan bayi dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat saja.

  • Memeluk Si Kecil

Walaupun masih kecil, bayi juga memiliki perasaan seperti anak dewasa di mana ia membutuhkan kasih sayang yang lebih dari seorang ibu ketika kondisi kesehatannya kurang bagus.

Untuk itu, jika ibu bekerja, sebaiknya ibu izin tidak bekerja terlebih dahulu selama panas bayi ibu tinggi. Selain agar sang bayi bisa merasa mendapatkan kasih sayang yang lebih dari sosok seorang ibu, ibu juga bisa memberikan ASI kapanpun di mana seperti yang dijelaskan sebelumnya ASI merupakan obat penurun panas bayi.

Itulah tahap yang bisa ibu lakukan berkaitan dengan cara merawat bayi saat demam. Akan tetapi, langkah tersebut di atas merupakan langkah yang bisa ibu lakukan ketika demam tidak begitu parah. Ibu harus selalu cek panas badan si kecil. Jika panas tidak kunjung turun dan bahkan cenderung naik terus, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan perawatan instensif karena dikhawatirkan panas yang tinggi bisa membuat si kecil kejang. Yang jelas, sebelum berkonsultasi dengan dokter, ibu bisa menerapkan langkah-langkah awal perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

2 Comments on Tahap Perawatan Bayi yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Demam

  1. Yang terpenting usahakan si kecil mendapat asupan cairan yang banyak.

  2. Hi Lilik,

    Salam kenal

    Setuju, berikan si kecil asupan cairan yang banyak dan bergizi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*