Setidaknya 3 Pertanyaan Ini Harus Ibu Tanyakan Ketika Konsultasi Kehamilan

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Konsultasi kehamilan merupakan momen yang sangat berharga bagi ibu hamil untuk bertanya tentang apa keluhan yang dirasakan selama ini atau tentang makanan yang dikonsumsi dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

Tentu saja ada beribu pertanyaan yang ingin ibu tanyakan. Sayangnya, waktu untuk konsultasi itu terbatas. Bertemu dengan dokter bisa hanya sekitar 10-15 menit saja. Kurun waktu yang cukup di mana dokter bisa melakukan pemeriksaan serta bertanya kepada ibu.

Kesempatan yang singkat tersebut tentu saja tidak boleh ibu sia-siakan. Ibu harus mengajukan 3 pertanyaan penting berikut ini.

  1. Tentang Usia Kehamilan

Pertanyaan pertama yang harus ibu tanyakan adalah tentang berapa usia kehamilan. Pertanyaan wajib ditanyakan ketika pertama kali ibu melakukan konsultasi kehamilan. Hal ini perlu diketehui agar ibu tahu kira-kira kapan proses persalinan akan terjadi. Selain itu, dengan tahu berapa usia kehamilan, ibu bisa tahu tahap perkembangan janin di dalam kandungan serta nutrisi apa saja yang harus ibu penuhi untuk masa kehamilan tertentu.

Sebenarnya, ibu bisa menghitung usia kehamilan sendiri di rumah. Saat ini, ada kalkulator online untuk menghitung usia janin di dalam kandungan. Sayangnya, tingkat kevalidannya tidak begitu tinggi. Banyak sekali ibu hamil yang menemukan hasil dari hitungan kalkulator tersebut meleset. HPL

Lain hal jika ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan. Dengan menggunakan USG, dokter akan memberitahu kapan HPL dengan keakuratan hampir 95% .

  1. Tentang Berat Bayi dalam Kandungan

Pertanyaan kedua yang harus ditanyakan adalah tentang berat bayi dalam kandungan. Pertanyaan ini sangat penting untuk ditanyakan untuk menentukan apakah berat janin normal atau tidak. Hal ini dikarenakan salah satu ukuran bayi sehat atau tidak itu dilihat dari berat badan bayi yang masih ada di dalam kandungan. Dengan mengetahui berat janin, maka ibu tahu apakah organ tubuhnya sudah berkembang baik atau tidak.

Selain itu, pertanyaan ini juga sekaligus membuat ibu tahu berapa berat badan ibu sebenarnya. Jangan sampai ibu mengalami obesitas atau kegemukan. Masalah kegemukan pada ibu hamil ini sangat serius karena bisa mengkaibatkan proses persalinan susah.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, tanyakan tentang berat badan bayi sehingga ibu sekaligus tahu berapa berat badan ibu sebenarnya.

  1. Tentang Air Ketuban

Pertanyaan yang satu ini sering terlupakan. Padahal, banyak kasus di mana ibu hamil harus dipaksa melahirkan sebelum HPL karena air ketubannya hampir habis. Kenapa ini bisa terjadi? Karena air ketubannya pecah dan keluar namun ibu tersebut tidak mengetahuinya.

Kasus ini bisa terjadi pada setiap ibu hamil. Untuk itu, setiap kali ibu konsultasi kehamilan, pertanyaan tentang kondisi air ketuban di dalam rahim harus selalu ditanyakan.

Itulah tiga pertanyaan yang wajib ibu tanyakan. Pertanyaan tersebut tidak bisa ibu konsultasi secara online karena jawaban dari pertanyaan tersebut bisa diberikan setelah dokter melakukan pemeriksaan. Saat ini memang sudah ada konsultasi kehamilan gratis secara online. Hanya saja, konsultasi semacam itu hanya bisa dilakukan untuk kasus-kasus ringan. Ibu bisa ikut dalam forum konsultasi online tersebut untuk menanyakan hal-hal seputar kesehatan ibu hamil yang tidak memerlukan pemeriksaan secara langsung.

Upaya untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan harus terus dilakukan. Selain selalu mengkonsumsi susu ibu hamil dan makanan yang sehat, ibu juga harus rajin datang ke dokter untuk melakukan konsultasi kehamilan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*