Sepele Namun Menjadi Penghambat Terbesar Balita Belajar Bicara

belajar bicara https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Belajar bicara umumnya dimulai ketika sang buah hati menginjak usia 1 tahun. Setidaknya, pada usia 1 tahun, balita ibu sudah mulai mengucapkan satu patah kata walaupun pengucapannya tidak jelas dan tidak lengkap. Namun, itulah bagian dari belajar berbicara balita.

Sayangnya, ada banyak sekali balita yang hingga usia 2 tahun belum menunjukkan bisa berbicara. Mereka cenderung diam jika diajak berbicara oleh orang lain.

Untuk beberapa kasus, hal tersebut dikarenakan balita terlalu sering menonton TV. Mulai dari bayi hingga usia 1 tahun dan bahkan lebih, ia selalu diajak untuk berada di depan TV. Bahkan, ada juga orang tua yang mengalihkan perhatian si kecil dengan cara memutarkan TV. Balita nangis bisa diam ketika menonton TV.

Ada juga orang tua yang ingin mengerjakan pekerjaan rumah. Agar balita diam, mereka memutarkan cara TV. Sekilas, hal tersebut tidak masalah. Padahal, bisa jadi kegiatan tersebut bisa berdampak buruk bagi balita. Salah satunya balita akan susah belajar berbicara.

Hal ini dikarenakan selama perkembangan, balita tidak mendapatkan pelajaran pola komunikasi interaktif. Ia hanya disuguhkan pola komunikasi satu arah di mana ia adalah objek pasif. Ia mendengarkan suara dari TV namun ia tidak mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi.

Namun, bukan berarti ibu tidak boleh mengajak balita menonton TV. Hanya saja, jika anak ibu susah sekali berbicara, mungkin hal tersebut di atas menjadi permasalahannya. Jadi, review apa yang selama ini ibu lakukan dan lakukan yang terbaik agar balita ibu mulai belajar bicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*