Seberapa Penting Menghitung Usia Kehamilan?

menghitug usia kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menghitung usia kehamilan tidak hanya untuk mengetahui berapa umur janin yang ibu kandung. Lebih dari itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa ibu dapatkan jika ibu rajin menghitung usia kehamilan.

Dalam hal ini, banyak sekali cara yang bisa ibu lakukan untuk menghitung usia kehamilan. Ibu bisa mengandalkan pemeriksaan USG yang katanya keakuratannya mencapai 90%. Ibu juga bisa menggunakan kalender masa haid. Yang paling mudah adalah menghitung usia kandungan dengan menggunakan kalkulator online. Silakan ibu memilih sendiri bagaimana cara menghitung usia kehamilan.

Terlepas dari berbagai metode atau cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kehamilan, ibu harus tahu banyak sekali manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa ibu dapatkan.

Mengetahui Jika Ada Perkembangan Janin yang Tidak Normal

Setelah ibu menghitung usia kandungan, ibu akhirnya tahu berapa usia bayi yang ibu kandung. Dengan demikian, ibu juga tahu apa yang sudah bisa dilakukan oleh janin. Pada usia tertentu, janin bisa melakukan sesuatu. Seperti contoh, saat usia kehamilan memasuki trimester kedua, janin sudah bisa bergerak.

Jika ibu sudah tahu bahwa usia janin sudah pada trimester kedua namun belum ada pergerakan yang ibu rasakan, ibu bisa langsung konsultasi ke dokter. Jadi, ibu bisa mengetahui secara dini jika ada hal buruk yang mungkin terjadi yang berkaitan dengan perkembangan janin, bukan? Dan hal tersebut bisa ibu ketahui setelah ibu menghitung usia kehamilan. Bisa dikatakan dengan mengetahui usia kehamilan, ibu bisa mengetahui lebih cepat tanda-tanda adanya hal baik atau buruk terkait dengan perkembangan janin di dalam kandungan.

Mempersiapkan Cuti Melahirkan

Untuk ibu yang menjadi wanita karir, tentu ibu perlu merencanakan kapan ibu akan mulai cuti melahirkan. Jangan sampai ibu merasa bahwa sang buah hati akan lahir ke dunia padahal ibu masih ada di kantor.

Oleh karena itu, jika ibu tahu usia kehamilan, maka ibu bisa tahu jauh-jauh hari tanggal berapa sebaiknya ibu mengambil cuti melahirkan. Apalagi cuti biasanya tidak boleh diajukan secara mendadak, bukan? Jadi, ibu harus menghitung usia kehamilan agar tahu kapan HPL atau hari perkiraan lahir sehingga ibu mengajukan cuti melahirkan satu minggu sebelum HPL tersebut.

Mempersiapkan Peralatan Bayi

Hal yang paling penting jika ibu menghitung usia kandungan adalah ibu menjadi siap kapan dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran sang buah hati. Biasanya, persiapan seperti baju bayi, popok, tempat tidur, dan semua perlengkapan bayi dipersiapkan satu bulan sebelum kelahiran. Jadi, jika masa kehamilan sudah memasuki usia 8 bulan, sebaiknya ibu mulai mencicil membeli perlengkapan bayi. Mulailah membeli peralatan yang berat seperti ranjang bayi. Setelah itu, ibu bisa mencicil membeli pakaian bayi dan juga popok.

Jadi, manfaat menghitung usia kehamilan itu tidak hanya untuk mengetahui usia bayi di dalam kandungan saja. Jika ibu merasa penting sekali menjaga perkembangan janin serta melakukan persiapan kelahiran sang buah hati, sudah sepatutnya ibu mengetahui usia kehamilan. Silakan ibu menggunakan salah satu cara yang paling mudah untuk menghitung usia kehamilan.

Memang tidak ada cara yang bisa memberikan hasil yang akurat. Hasil dari penghitungan tersebut hanya bersifat perkiraan saja. Hanya saja, dengan perkiraan tersebut, ibu bisa tahu berapa usia janin dan kapan ibu harus melakukan persiapan. Karena itulah yang terpenting setelah ibu mengetahui usia kehamilan. Jadi, sangat dianjurkan ibu menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*