Salah Besar Jika Bayi Sehat itu Hanya Ditentukan oleh Berat Badan Saja

bayi sehat https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Bayi sehat itu ditentukan oleh berbagai faktor. Sayangnya, masyarakat memiliki persepsi yang salah tentang bayi yang sehat. Mereka menganggap bayi dikatakan sehat jika memiliki tubuh yang besar dan badannya berat.

Apakah ibu juga berpikir demikian? Semoga tidak.

Sayangnya, bagi orang tua yang menerima persepsi tersebut, jika bayinya terlihat kurus, maka ia akan langsung memberikan sufor atau susu formula dengan jumlah yang banyak. Alasannya, sufor mengandung nutrisi yang baik untuk menaikkan berat badan bayi.

Memang benar sufor itu mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi untuk berkembang dan juga menambah berat badannya. Hanya saja, jika alasan tubuhnya kecil sehingga mereka memberikan susu formula, itu merupakan langkah yang kurang bijak.

Bayi yang sehat itu tidak hanya ditentukan oleh berat badannya saja. Ibu juga harus memperhatikan perkembangannya juga. Apakah perkembangan berat badannya mulai sejak lahir sampai sekarang cenderung naik stabil? Jika ya, maka bisa dikatakan bayi ibu sehat walaupun kelihatannya tubuhnya kecil dan beratnya lebih rendah dibandingkan dengan bayi seumurannya.

Ironisnya, orang tua yang masih meyakini bahwa bayi yang sehat itu memiliki tubuhnya yang gemuk akhirnya memberikan sufor, tidak lagi memberikan ASI eksklusif. Bagi ibu yang ingin sekali memberikan ASI eksklusif pasti sangat tertekan ketika masyarakat beranggapan seperti itu.

Mulai saat ini, ibu harus lebih bijak karena berat badan saja tidak bisa dijadikan tolok ukur bayi sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*