Saat Konsultasi Kehamilan, Ibu Sering Tidak Puas dengan Jawaban Dokter?

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan harus dilakukan secara rutin. Hal tersebut diperlukan untuk memastikan perkembangan janin dalam kandungan terkontrol dan normal. Selain itu, konsultasi juga dibutuhkan untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi saat proses kehamilan.

Hanya saja sering sekali ibu hamil yang tidak puas dengan jawaban yang diberikan oleh dokter kandungan. Padahal salah satu tujuan konsultasi ibu hamil adalah untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang ibu ajukan, bukan?

Itulah mengapa tidak mudah juga memilih dokter kandungan untuk diajak berkonsultasi. Ada beberapa hal yang membuat ibu hamil biasanya sering bergonta-ganti dokter untuk konsultasi kehamilan.

Jawaban yang Kurang Meyakinkan

Sekarang ini ibu bisa mendapatkan informasi seputar kehamilan dari beberapa sumber, tidak hanya dari dokter kandungan ketika ibu melakukan konsultasi kehamilan. Banyak sekali situs yang menyediakan apapun informasi yang ibu perlukan mengenai kehamilan.

Itulah yang membuat wawasan ibu semakin luas. Hanya saja, tentu saja akan lebih mantap jika ibu mendengarkan langsung dari ahlinya, bukan? Itulah mengapa ibu sering menanyakan pertanyaan kepada dokter saat konsultasi ibu hamil yang sebenarnya jawabannya sudah ibu ketahui setelah membaca info ibu hamil di internet. Namun, sayangnya, ibu lebih sering tidak puas dengan jawaban tersebut. Bukannya ibu mendapatkan jawaban yang lebih meyakinkan, tapi ibu justru ragu dengan jawaban dari dokter.

Kurang Komunikatif

Apakah ibu lebih memilih dokter kandungan yang sudah senior atau dokter yang masih muda? Kebanyakan akan memilih untuk konsultasi kehamilan dengan dokter senior dengan alasan pengalaman yang sudah lama serta keilmuan yang sudah matang. Hanya saja, kebanyakan dokter yang sudah senior kurang komunikatif. Tentu ada banyak alasan kenapa mereka kurang komunikatif. Mungkin mereka memang sengaja membatasi waktu untuk konsultasi kehamilan karena banyaknya pasien yang antri menunggu. Mereka sudah terkenal jadi pasti banyak ibu hamil yang berkonsultasi dengan mereka. Atau karena mereka sudah tua sehingga tidak bisa membaur dengan calon ibu muda.

Jadi, jika ibu merasakan dokter yang ibu pilih untuk berkonsultasi kehamilan itu kurang komunikatif, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk konsultasi ibu hamil dengan dokter muda. Jelas karena masih muda, mereka merasa seumuran sehingga ibu bisa lebih jelas untuk berkonsultasi.

Tidak Tepat Waktu

Apakah selama ini ibu berkonsultasi di tempat praktek pribadi dokter kandungan? Banyak ibu hamil yang memilih pergi ke tempat praktek pribadi daripada ke rumah sakit. Tentu saja dokter yang ibu ajak untuk konsultasi kehamilan juga bekerja di salah satu rumah sakit. Namun, banyak ibu yang merasa lebih nyaman dan lebih puas jika berkonsultasi di tempat konsultasi kehamilan pribadi.

Namun, sering sekali karena ada penggilan mendadak dari rumah sakit, dokter sering tidak tepat waktu. Walaupun jam praktekkanya sudah ditentukan misalnya sore hari jam 4, waktu jam menunjukkan pukul 4 dokter belum ada di lokasi.

Belum lagi dengan jumlah antriannya yang sudah mengular. Tentu saja bukan hal yang menyenangkan jika ibu harus mengantri padahal belum tahu kapan praktek akan segera dimulai.

Jadi, pastikan ibu memilih dokter yang tepat untuk berkonsultasi kehamilan. Pilihlah doketr kandungan yang mudah diajak berkomunkasi, selalu memberikan jawaban yang komprehensif, serta menghargai waktu ibu sebagai kliennya.

Namun, yang pasti, ibu harus memilih dokter yang benar-benar memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kehamilan sehingga ibu mendapatkan masukan atau nasehat yang tepat ketika ibu melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*