Renang Sebagai Olahraga yang Paling Direkomendasikan untuk Kesehatan Balita

kesehatan balita www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan balita tidak hanya dipengaruhi oleh makanan serta minuman yang ia konsumsi, tapi juga dari hal-hal lain dari luar, seperti halnya olahraga. Lho, apa balita sudah boleh olahraga? Tentu saja boleh dan bahkan dianjurkan. Jika ibu suka berenang, tidak salah jika ibu mengajak si kecil berenang.

Bebeapa manfaat dari olahraga yang satu ini memang tidak bisa dirasakan langsung oleh si kecil. Akan tetapi, ibu pasti akan senang sekali untuk mengajak si kecil berenang jika tahu manfaat dari olahraga yang satu ini.

Manfaat Renang bagi Balita

Sebenarnya, balitu lahir dengan kemampuan berenangnya yang sangat bagus. Ketika masih menjadi janin di dalam kandungan, si kecil sudah bisa berenang di dalam air ketuban. Jadi, secara naluri, sebenarnya si kecil jabo berenang.

Itulah mengapa ketika dilahirkan di dunia, anak ibu menangis, bukan? Karena perbedaan kondisi di dalam kandungan dengan di luar kandungan. Tidak ada lagi air ketuban. Untuk menyiasati hal tersebut, sekarang ada cara persalinan di dalam air. Hal ini untuk mempermudah bersalinan karena di dalam kandungan janin berada di dalam air (ketuban) dan ketika keluar nanti ia juga langsung masuk ke dalam air.

Setidaknya informasi tersebut akan menghilangkan kekhawatiran ibu tentang olahraga renang bagi balita ibu. Ibu akan semakin mantap jika mengetahui manfaat olahraga renang bagi kesehatan balita.

Renang merupakan olahraga yang akan menstimulus gerak motorik balita. Dengan berenang, si kecil akan menggerak-gerakkan kedua tangan dan kakinya. Hal tersebut sangatlah baik khususnya untuk gerak motorik.

Selain itu, berenang juga bisa membuat tulang tumbuh lebih baik. Bagi anak dewasa, renang sering dijadikan sebagai olahraga agar tubuh mereka cepat tinggi. Begitu juga dengan balita. Dengan berenang, tulang balita ibu akan semakin tinggi dan kuat.

Dan yang paling penting, berenang akan membuat balita ibu bisa menghadapi kondisi lingkungan yang baru. Tidak seperti berjalan di atas tanah, balita ibu akan merasakan mengambang di atas air.

Tentu saja ibu harus tahu cara mengajak si kecil berenang. Ibu harus persiapkan beberapa peralatan seperti pelampung untuk balita, kacamata, dan jika perlu ibu bisa memakaikan baju renang.

Jadi, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh balita jika ibu mengajaknya berenang. Tulang akan berkembang dan semakin kuat serta balita akan belajar menghadapi kondisi lingkungan yang baru. Akan tetapi, ibu juga tidak boleh mengecilkan fungsi nutrisi balita. Jika olahraga merupakan faktor eksternal dalam hal tumbuh kembang balita, maka nutrisi merupakan faktor internal.

Nutrisi Penting bagi Balita

Seperti yang ibu telah ketahui perkembangan balita akan semakin baik jika ibu mengajaknya untuk berenang. Salah satunya agar tulang si kecil tumbuh lebih kuat. Akan tetapi, jangan lupa juga ibu harus memberika asupan gizi kaya kalsium. Kalsium inilah yang dibutuhkan oleh balita untuk tumbuh kembang tulangnya.

Zat berupa kalsium ini bisa ibu dapatkan dari beberapa jenis ikan laut seperti ikan tuna dan ikan salmon. Selain itu, ibu juga harus memilihkan susu formula yang tinggi kalsium agar balita ibu tumbuh tinggi dengan tulang yang kuat dan sehat.

Perkembangan si kecil itu merupakan tanggangjawab ibu sebagai orang tua. Jangan anggap sepele dengan hal ini. Selain memberikan susu dan makanan yang sehat, ibu harus mengajak berolahraga seperti renang sebagai cara menjaga kesehatan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*