Posisi Tidur yang Tepat sebagai Cara Menjaga Kehamilan Muda

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Cara menjaga kehamilan tidak melulu seputar makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil, namun juga tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh ibu lakukan selama masa kehamilan.

Kali ini, ibu akan mengetahui posisi tidur seperti apakah yang baik sebagai cara menjaga kehamilan muda. Berikut informasi selengkapnya.

Posisi Tidur untuk Ibu Hamil Muda

Posisi tidur yang salah akan sangat mengganggu kondisi janin dalam kandungan. Bahkan, lebih parah lagi, posisi yang salah justru akan membahayakan bayi dalam rahim dan lebih fatal lagi bisa mengakibatkan keguguran. Itulah mengapa pentingnya ibu mengetahui cara menjaga kehamilan muda yang satu ini, yaitu tentang posisi tidur yang tepat.

Posisi miring ke kanan atau ke kiri menjadi posisi tidur yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Menurut dokter kandungan, posisi tidur miring ke kiri dan ke kanan sangat membantu agar ginjal bekerja lebih efektif untuk membuang sisa makanan yang ada di dalam tubuh. Jadi, selama ibu istirahat, ginjal akan bekerja lebih optimal.

Sementara itu, tidur miring ke kiri ataupun ke kanan akan memperbaiki posisi janin dalam kandungan. Mulai saat hamil muda, disarankan agar ibu memilih posisi tidur ke kanan atau ke kiri. Apalagi jika usia kandungan sudah menginjak trimester kedua atau ketiga, posisi tidur ini sangat disarankan.

Tentu saja akan sangat capek jika hanya tidur dengan posisi miring ke kiri dan miring ke kanan. Bagaimana dengan terlentang? Bagi ibu hamil muda, tentu saja mudah sekali untuk tidur terlentang karena perut belum terlalu besar. Hanya saja ada kondisi di mana posisi tidur ini justru membahayakan rahim. Jika ibu benar-benar ingin menerapkan semua cara menjaga kehamilan muda, sebaiknya ibu konsultasikan dulu dengan dokter kandungan apakah ibu diperbolehkan tidur terlentang atau tidak.

Dalam beberapa kasus, ibu hamil tidak diperbolehkan untuk tidur terlentang lantaran posisi tersebut akan membuat rahim semakin berat dan hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan itu sendiri. Akan tetapi, jika ternyata rahim ibu sudah kuat, posisi tidur terlentang ini tidak masalah. Untuk lebih jelasnya, saat konsultasi kehamilan, ibu silakan tanya tentang hal ini.

Hal yang Paling Penting Saat Hamil Muda

Ada yang bilang menjaga kehamilan muda itu lebih susah daripada hamil tua. Memang benar. Pasalnya, janin yang masih muda rentan sekali mengalami keguguran. Itulah mengapa penting sekali ibu hamil mengetahui semua hal seputar cara menjaga kehamilan.

Ada banyak sekali tips atau cara untuk menjaga kehamilan muda. Hanya saja, pada intinya adalah satu, yaitu bagaimana ibu bisa sehat selalu mulai saat kehamilan muda. Ada banyak sekali tantangan ibu hamil muda seperti rasa mual yang sering mengakibatkan kondisi kesehatan drop, rasa malas dan was-was karena ada janin dalam kandungan, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, penting untuk dipahami bahwa cara menjaga kehamilan muda pada intinya bagaimana ibu menjaga kesehatan ibu sendiri. Ketika ibu sehat, maka janin pun sehat. Bagi ibu yang bekerja, mulailah menerapkan cara menjaga kehamilan saat bekerja. Jelas wanita karir memiliki tantangan yang lebih keras. Ektra energi untuk selalu aktif menjadi keharusan. Selain menjaga kesehatan janin dalam kandungan, ia juga dituntut untuk selalu aktif setiap hari.

Mungkin info ini memang terdengar mudah untuk dilakukan, tapi ada juga ibu hamil susah untuk mempratekkan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*