Pertimbangan Khusus Diperlukan Saat Memilih Keramik Teras Rumah

Keramik-Teras-Rumah Source: https://rumah123.com/

Tidak semua tamu harus disambut di kamar tamu. Terkadang, teras justru lebih nyaman untuk berbincang-bincang dengan tamu. Jika itu juga yang Anda harapkan, Anda harus serius dalam mendesain teras. Anda harus selektif dalam menentukan ukuran, lokasi, dan furnitur. Dan yang tak kalah penting lagi adalah keramik teras rumah.

Salah besar jika Anda menganggap sepele keramik untuk teras rumah. Ini akan sangat mempengaruhi seberapa nyaman teras rumah Anda dirasakan oleh para tamu. Untuk itu, pertimbangan khusus harus Anda lakukan sebelum menentukan pilihan.

3 Pertimbangan Utama Ketika Memilih Keramik Teras

Apa yang harus Anda pikirkan saat memilih keramik teras rumah? Setidaknya tiga hal berikut ini yang harus Anda pertimbangkan:

  1. Kekuatan

Teras merupakan bagian dari rumah Anda yang akan lebih sering terkena sinar matahari. Apalagi jika Anda biarkan terbuka tanpa kanopi. Saat musim kemarau, bagian rumah ini yang akan terpapar sinar matahari. Saat musim penghujan tiba-tiba, bagian ini pula yang akan terkena air.

Karena itulah keramik untuk teras rumah harus benar-benar yang kuat. Keramik harus yang paling bagus yang tahan terhadap panas sinar matahari ataupun air hujan.

Ketahanan keramik itu sendiri tidak hanya ditentukan oleh kualitasnya saja. Cara pemasangan yang tepat juga berpengaruh. Jika keramik tidak dipasang dengan baik, keramik yang paling bagus sekalipun bisa mudah pecah. Misalnya saja saat pemasangan masih ada rongga di bawah keramik. Meskipun rongga tersebut kecil, bagian itulah yang kemungkinan besar akan pecah lebih awal. Tekanan terus menerus dari pijakan kaki atau tekanan dari meja dan kursi bisa membuat keramik pecah lantaran masih ada rongga di bagian bawah.

Untuk itu, Anda harus pastikan keramik dipasang dengan baik. Mintalah tukang untuk berhati-hati. Akan lebih baik jika Anda siapkan lebih banyak semen dan pasir untuk memastikan tidak ada rongga di bawah keramik.

  • Tekstur

Mana yang sebaiknya Anda pilih? Keramik dengan tekstur halus atau kasar? Untuk teras, sebaiknya Anda memilih keramik teras rumah yang teksturnya kasar. Tentu saja tidak perlu yang terlalu kasar. Yang jelas, hindari keramik teras yang halus karena lantai bisa lincin sekali saat musim hujan tiba. Anda atau tamu Anda bisa saja terjatuh saat menginjak keramik teras yang sudah terkena air hujan. Jadi, keselamatan menjadi pertimbangan utama.  

  • Motif

Butuh waktu yang panjang jika Anda ingin membahas tentang motif keramik untuk teras. Ada banyak sekali pilihan motif keramik teras.

  1. Keramik Teras Rumah Hitam Elegan

Ini yang paling banyak dipilih untuk teras rumah minimalis zaman sekarang. Warna hitam membuat teras tidak mudah terlihat kotor meskipun tidak disapu. Selain itu, hitam juga menimbulkan kesan elegan.

Agar terlihat unik dan menarik, sebaiknya keramik ini tidak disusun dengan ukuran yang berbeda. Ada bagian yang dipasang memanjang. Ada juga yang dipasang melebar. Ukurannya bisa dibuat berbeda dan disusun secara zigzag.

  • Keramik Pola Simetris

Jika Anda ingin teras rumah terlihat ceria, Anda bisa memilih keramik teras rumah pola simetris dengan warna mencolok. Misalnya saja warna biru, merah, atau hijau. Sesuaikan saja dengan furnitur yang akan Anda pasang di sana.

  • Keramik dengan Efek 3D

Ini yang sedang tren, yaitu keramik motif yang memberikan ilusi efek 3D. Lantai teras rumah Anda tidak hanya menarik tapi juga akan menjadi spot terbaik para tamu.

  • Keramik Motif Tanah Liat

Apakah Anda ingin memiliki rumah dengan kesan rustik? Jika ya, tidak salah kalau Anda pilih keramik teras yang motifnya tanah liat. Anda tinggal padukan dengan furnitur Jawa kuno seperti kursi dan meja kayu jati ukir. Tambahkan lampu hias kuno di bagian dinding.

Nah, sekarang Anda sudah mendapatkan panduan singkat memilih keramik untuk terus rumah. Diharapkan Anda tidak salah pilih. Karena ketika Anda salah dalam memilih, itu bisa fatal. Teras tidak sesuai dengan keinginan padahal tidak sedikit uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli keramik.

Tips Menjaga Agar Lantai Teras Bersih

Teras merupakan bagian rumah yang paling mudah kotor. Saat kemarau, lantai teras mudah sekali berdebu. Apalagi jika rumah Anda dekat dengan jalan. Sementara itu, saat musim hujan tiba, kotoran dari atap akan membuat lantai teras kotor.

Lalu bagaimana cara agar lantai teras bersih? Membersihkan setiap hari tentu harus Anda lakukan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya saja jangan buang air dari atap rumah ke teras. Sebaiknya pipa buangan air hujan dari atap langsung dibuang ke tanah.

Selain itu, pilih keramik yang teksturnya tidak terlalu kasar. Keramik seperti ini tidak licin. Di satu sisi, keramik ini juga mudah dibersihkan. Cukup gunakan lap pel biasa atau sikat lembut untuk lantai.

Perhatikan juga kemiringannya. Mintalah tukang untuk memasang keramik sedikit miring ke salah satu sudut. Tujuannya agar air hujan yang jatuh ke keramik bisa mengalir sendiri ke bagian pembuangan. Ini juga bisa membuat proses pembersihan jauh lebih mudah.

Semoga informasi tentang keramik teras rumah ini bisa membantu Anda untuk mendesain teras rumah yang nyaman dan menyenangkan. Dan Anda bisa menjadikan teras sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu Anda. Karena terkadang lebih asyik ngobrol di area terbuka daripada di dalam kamar tamu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*