Perkembangan Janin yang Membuat Siapapun Akan Mengatakan “Luar Biasa”

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin itu menakjubkan jika ibu tahu. Siapapun akan berdecak kagum jika memperhatikan dan mengikuti tumbuh kembang jabang bayi di dalam kandungan. Ibu akan merasa bangga sekaligus tidak habis pikir bagaiamana bisa di dalam perut ada bayi yang sudah ada nyawanya.

Dengan mengetahui perkembangan janin, ibu tidak hanya akan menjadi seorang wanita yang sadar akan pentingnya menjaga bayi yang sedang ibu kandung. Selain itu, ibu akan semakin yakin kekuasaan Tuhan atas semua makhluknya.

Berikut perkembangan bayi di dalam kandungan yang pasti membuat ibu takjub.

Janin Bisa Mendengar

Siapa sangka janin yang ada di dalam rahim ibu bisa mendengar suara apa saja yang berasal dari luar rahim. Saat ibu berkomunikasi dengan orang lain atau sedang terdengar suara musik, sebenarnya janin itu mendengar lho.

Menurut para pakar kesehatan ibu mengandung, pada saat perkembangan janin mencapai usia 3 bulan, janin sudah mendengar suara yang berasal dari luar. Itulah mengapa pada saat kehamilan mencapai usia 3 bulan, sangat disarankan agar ibu sering mengajak komunikasi sang buah hati. Dengan cara tersebut, kedekatan emosional antara ibu dan bayi akan terbentuk.

Sementara itu, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah jangan sampai ibu mengeluarkan kata-kata yang kasar. Usahakan pada usia 3 bulan ibu tidak terlibat cek cok dengan orang lain yang mengakibatkan janin di dalam kandungan mendengar kata-kata yang kurang sopan. Bisa saja otak merekam suara tersebut dan akan berakibat buruk terhadap perkembangan bayi ketika lahir nanti.

Akan lebih baik lagi jika ibu memperdengarkan musik klasik. Pada saat janin sudah bisa mendengar, ibu seharusnya lebih sering memperdengarkan musik klasik untuk memaksimalkan perkembangan janin. Dengan memperdengarkan musik klasik, bukan hanya indra pendengarannya saja yang akan lebih baik, tapi juga membuat bayi cerdas.

Janin Bisa Bermain Saat Di Dalam Rahim

Tahukah ibu bahwa bayi yang ibu kandung sudah bisa bermain? Pada tumbuh kembang janin mencapai usia 16 minggu, ada beberapa organ tubuh yang sudah terbentuk meskipun belum sempurna seperti contoh tangan. Pada saat itulah bayi di dalam kandungan sudah bisa menggerak-gerakkan tangan. Bayi biasanya bermain talu pusar.

Sungguh menakjubkan, bukan? Pada saat bayi bergerak inilah ibu akan merasakan ada getaran pada perut. Itu tandanya perkembangan janin baik karena pada usia 16 minggu sudah ada pergerakan yang dilakukan oleh bayi.

Janin Bisa Melihat

Sering sekali ibu hamil yang kecewa ketika konsultasi kehamilan dan mendapatkan pemeriksaan USG. Mereka kecewa karena tidak bisa melihat alat kelamin sang buah hati. hal ini dikarenakan saat melihat cahaya dari alat USG, bayi menghadapi ke sisi yang sebaliknya sehingga yang ibu lihat adalah punggung sang buah hati.

Itulah tanda bahwa perkembangan janin maksimal. Sistem penglihatannya sudah mulai bekerja sehingga ketika ada sumber cahaya yang datang dan ia silau, maka ia akan menghindar dari cahaya tersebut. Di satu sisi ibu memang kecewa karena tidak bisa melihat muka janin. Akan tetapi, ibu juga senang karena hal tersebut menandakan bahwa perkembangan bayi dalam kandungan normal.

Mengetahui perkembangan sang buah hati ketika masih ada di dalam kandungan sungguh menakjubkan, bukan? Diharapkan ibu akan semakin semangat dalam menjalani masa kehamilan setelah tahu betapa luar biasa perkembangan janin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*