Perawatan Bayi yang Perlu Ibu Ketahui untuk Mencegah Ruam Popok

perawatan bayi ibudanbalita.com

Perawatan bayi tidak boleh dianggap enteng. Bagi ibu yang baru pertama kali menimang bayi, ibu harus banyak belajar tentang bagaimana merawat bayi yang baik dan benar. Yang harus ibu ketahui tidak semua cara yang diajarkan oleh orang tua dahulu itu benar. Sebaiknya ibu tahu cara perawatan bayi dari ahli kesehatan bayi sehingga perawatan yang ibu berikan tidak membahayakan kesehatan si kecil.

Kali ini, ibu akan belajar bagaimana memberikan perawatan kepada bayi agar terhindari dari ruam popok. Namun, sebelumnya ibu harus tahu apa yang menyebabkan ruam popok.

Penyebab Ruam Popok

Banyak sekali informasi tentang perawatan bayi prematur karena bayi prematur memang membutuhkan perawatan khusus. Akan tetapi, ruam popok ini juga tak kalah penting karena masalah yang satu ini sering sekali dialami oleh bayi.

Kebanyakan orang tua memahami bahwa ruam popok itu gatal yang ada di bagian pantat bayi akibat dari popok. Akan tetapi, tahukah ibu apa yang menyebabkan ruam popok tersebut?

Menurut ahli medis, ruam popok itu dikarenakan jamur Candida. Ini merupakan jamur yang tumbuh di bagian pantat sehingga pantat si kecil menjadi gatal dan biasanya kemerah-merahan.

Biasanya, ruam popok ini membuat bayi tidak nyaman dan sering menangis. Keadaan ini tentu saja tidak ingin terjadi pada bayi ibu, bukan? Oleh karena itu, ibu harus tahu bagaimana mencegah ruam popok ini.

Cara Mencegah Ruam Popok

Cara perawatan bayi ini seperti wajib diketahui bagi siapapun ibu yang memiliki bayi. Pasalnya, banyak sekali ibu yang mendapatkan masalah ini dan mereka cenderung menyalahkan popok yang mereka pilih. Padahal, penyebabnya bukan dikarenakan popok semata.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ruam popok itu dikarenakan adanya jamur yang berkembang di area pantat. Jamur tersebut menjadikan iritasi pada bagian kulit pantat. Hal ini kemudian akan membuat munculnya bintik merah pada kulit pantat dan bayi akan merasakan gatal.

Oleh karena itu, cara yang paling tepat adalah mencegah berkembangnya jamur. Salah satu caranya, ibu bisa mengganti popok secara berkala. Dalam hal ini, ibu tidak perlu mengikuti anjuran para produk popok, yaitu mengganti popok dalam jangka waktu tertentu. Yang perlu ibu perhatikan hanyalah bagaimana kondisi kulit pantat.

Perawatan bayi yang tinggal di daerah panas tentu saja berbeda dengan perawatan di daerah dingin. Di daerah panas, bayi akan lebih mudah berkeringan sehingga kemungkinan besar ibu perlu lebih sering mengganti popok.

Selain itu, ibu juga bisa mengurangi penggunaan sabun atau produk berbahan kimia lainnya untuk membersihkan pantat bayi. Ibu cukup menggunakan air hangat untuk membersihkan pantat bayi.

Dan yang tak kalah penting, sebaiknya sesekali ibu tidak mengenakan popok. Biarkan pantan si kecil terkena angin langsung agar tidak lembab yang biasanya menjadi penyebab ruam popok.

Jadi, sudah tahu bukan cara memberika perawatan bayi yang benar untuk mencegah ruam? Lalu, apakah benar ruam popok itu juga disebabkan oleh popok yang ibu pilih?

Popok dan Ruam Popok

Memang ada produk popok yang mengakibatkan ruam popok. Namun, bukan itu faktor utamanya. Beberapa popok dibuat menggunakan bahan yang tidak bisa menyerap keringat. Sementara itu, udara juga tidak bisa keluar masuk sehingga pantat mudah sekali iritasi. Itulah mengapa popok juga berperan atas terjadinya ruam popok.

Namun, kalaupun ibu sudah memilih popok yang terbaik dan harganya mahal, bukan berarti ruam popok bisa ibu hindari. Ibu harus tetap menyerapkan tips-tips tersebut di atas agar bayi ibu terhindar dari masalah kesehatan kulit yang satu ini. Setelah mengetahui tips ini, silakan ibu memperkaya wawasan ibu tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*