Perawatan Bayi yang Memiliki Rambut Keriting

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi bukanlah hal yang sulit. Asal ibu mau belajar dari orang lain yang sudah pernah memiliki bayi sebelumnya, ibu akan tahu dengan sendirinya dan bisa merawat bayi sendiri.

Akan tetapi, tidak semua hal yang ibu pelajari dari orang lain itu disarankan menurut dokter bayi. Bahkan, ada perawatan yang sudah dilakukan oleh orang tua dahulu kala ternyata perawatan tersebut tidak baik bagi kesehatan bayi.

Jadi, selain ibu mendengarkan kata orang lain, ibu juga harus membuka diri untuk mempelajari cara perawatan bayi dari ahli kesehatan bayi sehingga apa yang ibu lakukan tidak membahayakan kesehatannya.

Kali ini, ibu akan mempelajari tentang perawatan rambut bayi yang keriting. Bagaimana cara perawatannya? Begitu ulasannya.

Cara Merawat Rambut Keriting Bayi

  • Menggunakan Conditioner

Sebagian besar rambut keriting itu kaku. Untuk itu, ibu perlu mengaplikasikan conditioner agar rambut bayi yang keriting tersebut lembut dan mudah diatur. Akan tetapi, jangan terlalu sering juga memberikan conditioner. Cukup dua minggu sekali. Pasalnya kulit bayi masih sensitif. Jika terlalu sering, dikhawatirkan akan membuat kulit bayi iritasi.

  • Keringkan Rambut

Perawatan bayi yang memiliki rambut lurus cenderung lebih mudah. Hal ini dikarenakan rambut lurus mudah diatur dan lebih lembut. Untuk bayi dengan rambut keriting, sebaiknya ibu benar-benar mengeringkan rambut bayi setelah mandi. Dalam hal ini, jangan gunakan handuk yang kasar. Pastikan handuk benar-benar lembut untuk mengeringkan rambut keriting bayi.

  • Pemilihan Sisir

Karena rambut bayi keriting, maka pilihlah sisi dengan gigi yang renggang. Hal ini diperlukan agar ibu mudah menata rambut si kecil. Selain itu, sisi yang renggang tidak akan menyakiti si kecil.

Yang jelas, ibu harus menggunakan conditioner yang direkomendasikan untuk si kecil. Conditioner tersebut biasanya tidak mengandung bahan yang keras seperti pada conditioner orang dewasa.

Ada beberapa saran agar rambut bayi tidak tumbuh keriting. Salah satunya adalah mencukur gundul rambut bayi. Banyak yang membuktikan setelah bayi dicukur gundul, rambut bayi tumbuh lebih lebat dan lurus. Namun, setelah dicukur gundul, ada juga yang memberikan vitamin, berupa mengoleskan kuning telur. Kuning telur ini yang membuat rambut bayi tumbuh lebih tebal dan lurus.

Meskipun banyak orang tua yang sudah membuktikan, tidak ada fakta ilmiah yang menjelaskan tentang cara perawatan bayi sehat seperti ini. Karena pada dasarnya rambut lurus atau keriting tersebut disebabkan oleh faktor genetik.

Mencukur Rambut Bayi pada Usia 1 Minggu

Banyak sekali orang tua yang mencukur gundul rambut bayi ketika masih usia 1 minggu. Namun, sebelum ibu melakannya, sebaiknya ibu mempertimbangkan beberapa hal. Yang pertama, rambut membuat kepada si kecil hangat. Bayi yang tinggal di tempat yang dingin, tentu saja akan lebih baik jika rambut dibiarkan tumbuh hingga usia sekitar 1-2 bulan. Hal ini dikarenakan rambut bisa memastikan bayi sehat. Rambut akan melindungi kepala si kecil dari suhu dingin.

Yang kedua, rambut mencegah iritasi. Kulit bayi itu sangat rentan terhadap suhu karena saking tipisnya kulit tersebut, tak terkecuali kulit kepala. Jika kepala si kecil masih tumbuh rambut, maka resiko iritasi bisa diminimalisir lantaran kulit kepala tidak langsung bersinggungan dengan udara di luar.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu ibu pertimbangkan dalam memberikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*