Perawatan Bayi Layaknya Terapis Profesional

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan pada bayi harus dilakukan di rumah dan ibu harus memberikan perawatan tersebut sendiri. Hanya saja, terkadang ada beberapa ibu yang tidak yakin dengan perawatan yang diberikan. Mereka menganggap yang sudah dilakukan selama ini rasanya kurang.

Itulah mengapa sebulan sekali banyak ibu yang membawa si kecil ke terapis anak untuk mendapatkan perawatan khusus. Tentu saja hal tersebut bisa ibu lakukan. Akan tetapi, apakah perawatan itu hanya dilakukan sebulan sekali?

Tentu bisa saja ibu bisa membawa ke terapis anak profesional lebih sering, mungkin sebulan dua kali atau bahkan seminggu sekali. Namun, apakah hanya itu yang ibu berikan?

Akan lebih baik jika ibu memberikan perawatan bayi sendiri di rumah. Selain untuk menghemat biaya, memberikan perawatan sendiri juga akan mendekatkan antara ibu dan bayi. Yang perlu ibu lakukan hanya mengetahui apa yang harus ibu lakukan untuk merawat bayi layaknya terapis profesional.

Berendam di Air Hangat

Salah satu treatment yang dilakukan oleh terapis di baby spa adalah berendam dan berenang di air hangat. Berenang akan membuat si kecil menggerak-gerakkan tangan dan kaki. Pada kondisi tersebut, maka otot kaki dan tangan akan mendapatkan stimulus agar tumbuh dengan normal.

Ibu bisa membeli sebuah kolah renang kecil yang bisa ibu gunakan di rumah. Kolam renang tersebut memiliki tinggi sekitar setengah badan orang dewasa dan terbuat dari plasik. Jika sedang tidak digunakan, kolam renang tersebut bisa dilipat.

Sebenarnya, salah satu hal yang terpenting dari perawatan bayi adalah memberiakan si kecil bergerak bebas. Dan itu bisa ibu lakukan jika si kecil berenang di kolam.

Memberikan Pijatan

Banyak sekali ibu yang memiliki keluhan di mana bayinya sering menangis di malam hari. Tahukah ibu kenapa itu terjadi? Salah satunya adalah si kecil merasa capai. Badannya terasa pegal-pegal. Apalagi ketika bayi ibu sudah mulai bisa bergerak. Maka sudah dipastikan otot merasa kaku dan pada saat itulah ia tidak merasa nyaman.

Untuk itu, sebaiknya ibu memberikan pijatan-pijatan ke seluruh badan setiap kali sehabis mandi. Pijatan tersebut sangat mudah dilakukan. Mulailah dengan memijat telapak kaki menggunakan jempol ibu. Lalu, maik ke kaki dan tubunya hanya dengan menggunakan jari ibu. Pijat berlahan-lahan dengan menggunakan minyak telon agar tubuh bayi hangat.

Yang penting lagi adalah pijatan bagian kepala. Hanya saja, jika bayi masih berusia 1-2 bulan, sebaiknya hati-hati. Jika ibu tidak memiliki pengalaman dalam memberikan perawatan bayi berupa pemijatan bagian kepala, sebaiknya jangan ibu lakukan. Pada saat bayi masih berusia 1-2 bulan, kepala bayi masih sangat empuk sehingga berbahaya sekali jika ibu tidak tahu cara memijat yang benar.

Perawatan tersebut bisa ibu lakukan agar bayi sehat. Jadi, ibu tidak harus menunggu satu bulan sekali jika ingin mendapatkan perawatan yang baik untuk bayi ibu karena ibu bisa melakukannya sendiri.

Perawatan tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Hanya saja, pada kondisi tertentu seperti ketika bayi pilek, ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak. Atau, ibu bisa membawa bayi ibu ke terapis supaya mendapatkan penguapan. Pada dasarnya, penguapan ini merupakan cara agar sistem kekebalan tubuh bayi semakin baik. Jadi, pada saat sakit, ibu tidak boleh memberikan obat, tapi hanya treatment saja seperti penguapan. Jadi, mulai sekarang ibu harus pintar dalam hal memberikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*