Perawatan Bayi dengan Senam Khusus Bayi

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi merupakan sesuatu yang menyenangkan. Tidak hanya bagi bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan tetapi juga sebagai sarana bagi para orang tua untuk dapat lebih mengenal dengan kepribadian bayi. Banyak sarana yang dapat dilakukan utnuk mendukung perawatan bayi, salah satunya adalah melalui senam. Senam yang diberikan berupa gerakan – gerakan yang dapat dijangkau oleh bayi.

Dengan senam, bayi dapat melatih sendi dan otot – otot yang menjadi penopang untuk siap menghadapi beragam tahap perkembangan. Sehingga inti dari senam yang dilakukan khusus pada bayi berfokus pada gerakan diberbagai otot tubuh dan persendian. Otot dan sendi ini perlu dilatih karena dalam perkembangannya mulai merangkak hingga kelak berjalan, ia akan banyak menggunakan berbagai sendi dalam tubuhnya yang membuatnya kelak menjadi anak yang aktif dan lincah.

Salah satu gerakan untuk senam bayi adalah gerakan mengayuh sepeda. Untuk gerakan ini, posisikan bayi dalam keadaan terlentang kemudian pegang bagian kaki bayi dibawah dengkul kemudian gerakan kedua kaki secara bergantian seperti mengayuh sepeda. Lakukan gerakan tersebut selama kurang lebih 2 – 3 menit. Usahakan tidak terlalu cepat saat mengayuh kedua kaki bayi selain itu, tidak terlalu keras saat menggenggam kaki bayi.

Gerakan mengayuh sepeda seperti yang telah dijelaskan diatas berguna saat anak mulai belajar merangkak dan juga berjalan. Sendi pada dengkul dan panggul sebagai sendi yang banyak aktif saat merangkak dan berjalan sudah sedemikian dini dilatih sehingga, otot – otot yang berada pada sendi tersebut sudah terbentuk dengan sempurna.

Perawatan bayi dengan senam selanjutnya adalah gerakan stretching pada pinggang bayi. Gerakan ini dimulai dengan memposisikan bayi secara terlentang dan pastikan bayi dalam keadaan nyaman. Kemudian pegang area kiri dan kanan panggul dan bokong bayi dengan kedua tangan. Lalu gerakan secara bergantian sehingga bagian bawah tubuh dan atas bayi menyerupai bentuk menyilang. Gerakan ini berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang belakang bayi agar tidak kaku, selain itu membentuk postur bayi menjadi lebih luwes ketika bergerak.

Seorang dokter spesialis rehabilitasi medik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Dr. Gamblang Amendi, menyatakan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan bayi lewat senam bayi adalah ketika pagi hari sebelum mandi pagi. Hal ini membuat tubuh bayi masih cukup renggang untuk melakukan beragam variasi gerakan pada senam bayi. Selain itu Dr. Amendi juga menyebutkan durasi waktu yang cocok untuk melakukan senam bayi adalah lebih kurang 10 menit. Dengan jumlah waktu demikian seharusnya tidak sulit bagi ibu ataupun ayah yang bekerja untuk melatih anaknya senam apalagi apabila salah satu orang tua dari bayi tersebut tinggal dirumah dan fokus merawatnya.

Lebih lanjut, manfaat dari senam bayi adalah mengoptimalkan perkembangan bayi dengan menstimulasi tumbuh kembangnya lewat gerakan – gerakan ringan. Gerakan ringan yang diberikan mampu melatih otot dan persendian. Selain itu dengan senam, dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga kinerja jantung bayi. Gerakan senam yang dilakukan secara rutin pada bayi dapat merangsang anak tersebut untuk menjaga keseimbangannya ketika kelak belajar berjalan. Selain itu, hal yang harus diingat ketika melakukan senam pada bayi adalah usahakan bayi dalam keadaan senyaman mungkin, berikan variasi gerakan yang tidak membahayakan si bayi. Apabila moms sudah mengetahui manfaat senam bayi, ini saatnya untuk mempraktekan berbagai gerakan senam untuk perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*