Pentingnya Kalsium Dibanding Nutrisi Ibu Hamil Lainnya

nutrisi ibu hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

 

Nutrisi ibu hamil akan menentukan apakah sang buah hati sehat hingga nanti pada saat persalinan atau tidak. Lebih dari itu, nutrisi tersebut juga akan menentukan seberapa siap ibu menjalani masalah kehamilan hingga nanti masa persalinan.

Akan tetapi, manakah nutrisi untuk ibu hamil yang paling penting? Tentu saja tidak boleh jika ibu membanding-bandingkan nutrisi ibu hamil yang satu dengan yang lain. Hal ini dikarenakan setiap nutrisi memiliki peran masing-masing untuk menjaga kesehatan janin dan juga ibu. Lebih dari itu, ada juga nutrisi yang saling melengkapi.

Terlepas dari itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk mengetahui apa fungsi dari kalsium. Dibandingkan dengan nutrisi ibu hamil lainnya, kalsium itu sangat penting lho. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kalsium untuk Janin dalam Kandungan

Setiap susu ibu hamil mengandung kalsium dengan kadar yang sesuai dengan saran dari ahli gizi ibu hamil. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak memerlukan asupan kalsium dari sumber lain selain susu kehamilan. Hal ini dikarenakan sangat riskan bagi perkembangan janin jika ibu kekurangan kadar kalsium.

Bagi janin, kalsium sangat penting sekali bagi perkembangannya. Ibu harus tahu nutrisi ibu hamil yang satu ini dibutuhkan agar tulang janin berkembang sempurna. Jika kalsium tidak tercukupi, bukan tidak mungkin bayi dalam kandungan ibu akan lahir dalam keadaan cacat.

Sebenarnya ada proses di mana kalsium itu sebisa mungkin didapatkan oleh janin. Jika asupan kalsium mencukupi, maka secara otomatis tubuh ibu akan memberikan kalsium untuk janin melalui plasenta. Hanya saja, jika kalsium tidak tercukupi, janin akan mengambil kalsium pada tulang dan gigi ibu.

Itulah mengapa ada keluhan yang dialami oleh ibu hamil jika ia merasa kandungan kalsium tidak tercukupi. Untuk itu, penting sekali bukan untuk mencukupi nutrisi ibu hamil berupa kalsium ini?

Kalsium untuk Ibu Hamil

Selain untuk perkembangan janin yang masih ada di dalam kandungan, kalsium juga diperlukan oleh ibu. Setiap orang membutuhkan kalsium, apalagi ibu hamil. Kekurangan kalsium akan membuat seseorang mengalami osteoporosis. Bagi ibu hamil, osteoporosis merupakan ancaman yang sangat nyata apalagi ia harus memenuhi nutrisi ibu hamil berupa kalsium dengan jumlah yang lebih banyak.

Akan tetapi, ancaman yang paling awal akan dialami oleh ibu hamil ketika kandungan kalsiumnya tidak mencukupi adalah rasa linu pada tulang. Bisa juga ibu hamil akan mengalami sakit gigi saat hamil. Dua keluhan kesehatan tersebut yang sering dialami oleh ibu hamil.

Tahukah ibu kenapa ibu hamil mengalami rasa linu pada tulang dan sakit gigi ketika kekurangan kalsium? Hal tersebut dikarenakan nutrisi untuk ibu hamil berupa kalsium yang sudah terdapat pada tulang dan gigi diambil oleh janin. Janin dalam kandungan memerlukan kalsium. Jika ia tidak mendapatkan nutrisi ibu hamil tersebut, maka ia akan mengambil dari tulang dan gigi ibu.

Jadi, ibu tidak langsung mengalami osteoporosis. Ibu akan merasa capek dulu, rasa linu pada tulang terutama tulang punggung, dan sakit gigi yang menyakitkan. Tentu ibu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Memang keluhan tersebut tidaklah begitu berbahaya. Akan tetapi, jika ibu merupakan wanita yang aktif, ibu akan sangat terganggu jika mengalami hal tersebut.

Untuk itulah ibu harus pastikan asupan nutrisi berupa kalsium tercukupi. Akan tetapi, ibu juga harus tetap memastikan perkembangan janin optimal dengan terpenuhinya semua nutrisi ibu hamil.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*