Penjelasan Mengapa Ngantuk Menjadi Gejala Hamil Muda

gejala hamil muda https://www.ibudanbalita.com

 

Banyak sekali wanita hamil muda yang mengeluh karena sering mengantuk. Ini menjadi masalah yang serius jika mereka adalah seorang wanita karir. Karena mereka memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Apakah ada yang bisa menanggulangi gejala hamil muda berupa ngantuk berat ini? Jika ibu tahu penyebabnya, maka ibu tahu apa yang sebaiknya ibu lakukan.

Berikut ini penjelasan singkat mengapa seorang ibu hamil muda sering merasa ngantuk.

Penyebab Ngantuk Saat Hamil Muda

Orang Jawa bilang mengantuk saat hamil itu bawaan bayi. Artinya, ibu hamil yang mengantuk itu disebabkan oleh bayi di dalam kandungan.

Namun, secara ilmiah bukan itu penjelasannya. Mengantuk saat sedang hami muda itu disebabkan ibu kekurangan zat besi. Di dalam dunia medis, kekurangan zat besi disebut dengan anemia.

Dalam hal ini, ada beberapa tanda-tanda anemia. Ibu pasti tahu jika anemia ibu akan mudah sekali merasa pusing, terutama ketika bangun dari tidur atau duduk.

Namun, bukan itu saja tanda-tanda anemia. Anemia juga ditandai dengan hilangnya semangat sehingga ibu merasa lemas. Dan akhirnya ibu cenderung ingin sekali tidur.

Anemia ini semakin parah, maka anemia bisa mengakibatkan kepala pusing.

Lalu, mengapa ibu hamil mengalami anemia? Karena darah yang dibutuhkan semakin besar karena darah tersebut dibutuhkan janin untuk berkembang. Jadi, ketika ibu hamil tidak memenuhi zat besi yang lebih banyak, maka ibu hamil akan mudah sekali terkena anemia. Ia akan mudah mengantuk. Dan jika hal ini dibiarkan, maka ia akan mudah merasa pusing.

Jadi, jelas sudah kenapa ciri hamil muda itu mengantuk. Lalu, apa yang yang seharusnya ibu lakukan?

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Hamil Muda

Dari penjelasan tersebut di atas, jelas sudah bawasannya ngatuk yang ibu alami merupakan gejala kehamilan muda berupa anemia. Jadi, yang perlu ibu lakukan adalah menambah asupan zat besi dengan cara mengkonsumsi multivitamin dan juga minum susu ibu hamil.

Namun, memenuhi kebutuhan zat besi saja tidak cukup. Ibu juga perlu berolahraga. Dalam hal ini, hanya olahraga ringan saja yang diperbolehkan untuk dilakukan. Olahraga ringan contonhnya jalan santai di pagi hari. Ini olahraga yang siapa saja bisa melakukan dan penting untuk dilakukan setiap hari bagi seorang ibu hamil muda.

Karena ngantuk bisa juga bukan disebahkan kekurangan zat besi. Mungkin memang ibu saja yang malas lantaran sedang hamil. Banyak ibu hamil yang ingin sekali dimanja. Mereka cenderung ingin bermalas-malasan.

Mengatur pola makan juga diperlukan. Ibu pasti tahu jika ibu terlalu banyak makan maka ibu akan mudah mengantuk. Selain itu, terlalu banyak makan juga bisa menyebabkan mual dan muntah lho.

Oleh sebab itu, ada baiknya ibu mengatur ulang pola makan ibu setiap hari. Ibu bisa makan makanan dengan porsi yang kecil namun frekuensinya lebih banyak. Jika sebelum hamil ibu mengkonsumsi makanan tiga kali sehari, saat hamil ibu bisa makan 4 sampai 5 sehari. Akan tetapi, porsinya harus lebih sedikit.

Semoga penjelesan tersebut di atas membuat ibu lebih mengerti kenapa saat hamil muda ibu sering mengantuk. Itu memang salah saat gejala saat hamil muda.

Akan tetapi, bukan berarti ibu bisa langsung tidur setiap kali mengantuk ya. Tentu ibu tidak boleh banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Karena terlalu banyak tidur saat hamil muda akan membuat ibu nanti mengalami masalah dengan kebugaran selama masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*