Pekerjaan Rumah yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil 

kesehatan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kesehatan wanita hamil tidak hanya memberikan efek yang baik bagi ibu hamilnya saja, janin yang ada di dalam kandungan pun akan mendapatkan manfaatnya jika ibu hamil tetap sehat. Pekerjaan di rumah yang biasanya ibu lakukan pun perlu dirubah selama ibu menjalani kehamilan. 

Mungkin ibu berfikir bahwa kegiatan rumah memang tidak terlalu berat, sehingga melakukannya tidak akan menjadi berbahaya terhadap kehamilan. Namun, kehamilan itu membutuhkan perhatian yang lebih, dan kegiatan yang dilakukan ibu pasti akan memberikan dampak terhadap kehamilan. Itu sebabnya, ibu perlu memiliki info kehamilan yang lengkap, agar kesehatan wanita hamil tetap terjaga.

Mengangkat beban berat

Kebiasaan melakukan pekerjaan rumah sehari – hari mungkin akan membuat ibu merasa beban yang sering diangkat tidak terlalu berat. Misalnya seperti mengangkat ember air atau keranjang pakaian. Selain meningkatkan potensi keguguran di trimester pertama, mengangkat beban yang berat setelah trimester pertama dapat membuat ibu lebih beresiko untuk kelahiran prematur.

Hal ini disebabkan oleh sendi – sendi yang terdapat di bagian pinggul akan menjadi lebih renggang ketika ibu hamil, agar struktur tubuh siap untuk melahirkan dan ada ruang yang lebih untuk janin yang tumbuh besar.

Sehingga, ibu perlu meminta orang lain untuk membantu ibu mengangkat benda – benda yang berat. Jika tidak ada, kurangi beban yang akan diangkat, dan angkat dengan posisi punggung yang tetap lurus.

Naik dan turun tangga

Naik dan turun tangga ketika mengandung memang tidak secara langsung dapat membahayakan kesehatan wanita hamil. Akan tetapi, pencegahan untuk menghindari bahayanya tetap perlu dilakukan.

Salah satu resiko yang paling sering terjadi ketika ibu hamil melewati tangga adalah ketika jatuh. Hal ini sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan, karena dapat terbentur dengan keras. Dampaknya adalah keguguran dan juga kelahiran bayi prematur.

Namun, jika ibu memiliki masalah kesehatan wanita hamil lain, ibu perlu melakukan konsultasi kehamilan untuk mengetahui aman atau tidaknya menggunakan tangga ketika beraktifitas.

Membersihkan kotoran kucing

Jika ibu memelihara kucing, ibu akan lebih berisko terkena toksoplasma yang terdapat di dalam kotoran kucing. Membersihkan kotoran kucing pun sangat berbahaya bagi ibu yang hamil.

Sebaiknya ibu meminta orang lain untuk melakukan atau jika memang terpaksa, pastika ibu memakai sarung tangan serta masker, dan cucilah tangan dengan bersih setelah membersihkan kotoran kucing dan sebelum makan.

Berkebun

Banyak sekali kuman dan kotoran yang terdapat di tanah dan bisa berbahaya bagi kesehatan wanita hamil. Berkebun yang ringan yang hanya menggunakan pot bunga kecil sebenarnya lebih aman dibandingkan berkebun di halaman. Sebabnya, tanah yang ada di halaman memiliki kemungkinan besar untuk dilalui tikus atau terkena kencing dan kotoran hewan seperti kucing.

Jika berkebun adalah hobi yang senang ibu lakukan, maka ibu sangat disarankan untuk melakukan perkebunan ringan saja. Selain itu, ibu juga perlu mengingat untuk tidak mengangkat karung – karung berat, ya.

Ketika mengandung, bukan berarti ibu tidak bisa lagi melakukan kegiatan dan pekerjaan rumah yang biasanya ibu lakukan. Hanya saja, beberapa rutinitas memang perlu dirubah atau dihindari dengan meminta bantuan dari orang lain yang ada di rumah. Terutama jika ibu memiliki masalah kesehatan lain yang membutuhkan perhatian khusus, ibu perlu melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kegiatan apa saja yang aman bagi kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*