Pahami Psikologi Anak Agar Cepat Belajar Berbicara

psikologi anak www.facebook.com/ibudanbalita

Psikologi anak itu berubah-ubah sesuai dengan usianya. Itulah mengapa orang tua diharapkan tahu tidak hanya tentang perkembangan balita dari segi fisiknya, tapi juga psikisnya.

Jika si kecil sudah mulai berbicara atau setidaknya sudah sampai pada usia di mana secara normal anak sudah mulai belajar bicara, ibu harus memahami kondisi psikis anak. Jadi, apapun tips yang ibu terapkan agar anak bisa bicara tidak akan ada gunanya jika ibu tidak memahami psikologi si kecil.

Menurut ahli lingustik, kemampuan berbahasa anak itu sangat dipengaruhi oleh pendengaran. Hal ini sesuai dengan teori linguistik di mana balita bisa bicara karena balita mendengar.

Jadi, tidak ada metode belajar berbicara seperti yang diterapkan di sekolah. Balita bisa berbicara hanya ketika ia sering mendengar. Jadi, tidak ada tekanan dari luar agar balita mau belajar berbicara. semuanya natural dan sesuatu yang natural tanpa paksaan tersebut akan membuat anak lebih cepat belajar, terutama belajar bicara.

Jadi, ada beberapa tips yang bisa ibu lakukan seperti membacakan cerita, mengenalkan dengan nama benda di sekitar atau mengajak si kecil. Akan tetapi, satu hal yang harus ditekankan bahwa ibu tidak boleh menyalahkan perkataan si kecil ketika ia baru belajar berbicara. Biarkan si kecil menirukan suara sampai benar-benar sempurna. Itulah pentingnya memahami psikologi anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*