Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Saat Perkembangan Janin Mencapai Usia 4 Bulan

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin bisa sangat optimal jika ibu tahu nutrisi apa yang harus diberikan. Dalam hal ini, ibu harus sesuikan antara nutrisi yang dibutuhkan dengan usia janin. Yang perlu ibu ketahui ada beberapa nutrisi tertentu yang diperlukan oleh janin untuk berkembang pada usia tertentu.

Bagaimana ketika perkembangan janin memasuki usia 4 bulan? Apa nutrisi yang paling penting untuk lebih mengoptimalkan tumbuh kembang bayi di dalam kandungan?

Pada usia 4 bulan, perkembangan janin sudah sangat signifikan. Ada organ tubuh yang sudah terbentuk. Indra pendengarannya sudah mulai berfungsi. Untuk itu, agar janin berkembang lebih maksimal, ibu harus perhatikan nutrisi berikut ini.

Kalsium dan Vitamin D

Apa yang ada di benak ibu ketika mendengar nutrisi ibu hamil berupa kalsium dan vitamin D? Dua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Pada usia kehamilan trimester kedua, tulang dan gigi bayi sudah mulai terbentuk sehingga untuk memaksimalkan perkembangan janin tersebut, diperlukan asupan gizi berupa kalsium dan vitamin D.

Untuk vitamin D, ibu tidak perlu repot-repot mencari menu makanan apa yang tinggi kadar vitamin D nya. Ibu cukup berjemur di pagi hari sebelum waktu menujukkan jam 9. Pada saat itulah ibu bisa mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari pagi. Ibu bisa mendapatkan vitamin D sembari mengumpulkan stamina dengan cara berjalan santai di pagi hari agar ibu selalu sehat dan bisa terus aktif selama masa kehamilan.

Sementara itu, kalsim bisa ibu dapatkan dengan cara mengkonsumsi brokoli dan bayam. Dua sayuran ini kaya akan kalsium. Jika ibu suka dengan menu makanan seafood, ibu bisa membuat menu makanan berupa ikan salmon dan ikan sarden. Dua ikan ini merupakan sumber kalsium yang sangat tinggi.

Dengan mendapatkan vitamin D dan kalsium yang cukup, ibu tidak perlu lagi mengkhawatirkan perkembangan janin ketika berusia 4 bulan.

Asam Lemak Omega 3

Selain perkembangan fisik, janin juga sudah mengalami perkembangan mental yang cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dari respon yang dilakukan bayi dalam kandungan saat ibu mengajaknya berkomunikasi. Janin berusia 4 bulan yang sehat sudah bisa memberikan respon berupa gerakan saat ibu berkomunikasi dengannya. Itu artinya perkembangan sarafnya sudah mulai bagus.

Untuk memaskimalkan perkembangan janin tersebut, ibu harus mendapatkan lebih banyak asam lemak omega 3. Sebenarnya, nutrisi yang satu ini sudah ada di dalam susu ibu hamil. Hanya saja,  untuk memastikan janin mendapatkan asam lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup, ibu juga harus mengkonsumsi makanan tertentu seperti ikan salmon dan udang.

Akan tetapi, ibu harus hati-hati. Pasalnya, seafood itu mengandung merkuri yang tidak baik bagi tumbuh kembang janin. Agar merkuri bisa lepas dari tubuh seafood dan akhirnya tidak masuk ke dalam tubuh ibu, maka ibu harus memasak seafood yang ibu pilih benar-benar matang.

Yang jelas, selamat bagi ibu karena sudah melewati masa kehamilan muda. Pada masa kehamilan trimester kedua seperti saat ini, beban ibu lebih ringan. Rahim sudah kuat sehingga resiko keguguran bisa lebih diminimalisir. Akan tetapi, bukan berarti ibu harus berhati-hati ya. Selain mengurangi kegiatan fisik yang bisa berpotensi buruk, ibu juga harus memastikan manu makanan yang ibu konsumsi setiap hari mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*