MPASI Kacang Hijau untuk Menambah Berat Badan Bayi

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi normal sering menjadi persoalan yang membuat ibu khawatir. Apalagi ketika bayi sudah mulai mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI) namun justru berat badannya turun. Mana ada ibu yang tidak khawatir.

Ibu harus memperkaya wawasan tentang MPASI yang bagus untuk sang buah hati. Salah satunya adalah MPASI berupa bubur kacang hijau. Apa saja kandungan dalam bubur kacang hijau dan benarkan MPASI ini bisa menambah berat badan si kecil? Berikut ulasan selengkapnya.

Kandungan dalam Kacang Hijau

Sudah banyak yang tahu kacang-kacangan mengandung protein yang tinggi. Bahkan, protein nabati tertinggi ada pada kacang-kacangan. Oleh karena itu, tidak salah jika ibu memberikan MPASI berupa bubur kacang hijau kepada si kecil agar berat badan bayi.

Memberikan makanan yang mengandung protein itu berbeda dengan makanan yang mengandung lemak. Memang kedua nutrisi tersebut bisa membuat berat badan bayi bertambah. Namun, bayi yang gemuk karena lemak berbeda dengan bayi yang gemuk karena protein. Bayi yang gemuk karena lemak rentan sekali terhadap beberapa jenis penyakit. Sementara itu, gemuk karena protein akan membuat bayi memiliki berat tubuh ideal dan jugas sehat.

Selain protein, kacang hijau juga mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin C, A, K, B6, dan E. Vitamin-vitamin tersebut dibutuhkan oleh si kecil untuk meningkatkan imun tubuh agar si kecil tidak mudah sakit. Protein yang banyak namun bayi sering sakit juga akan sia-sia. Bayi yang sering sakit berat badannya akan turun meskipun ibu memberikan makanan yang mengandung protein tinggi.

Dan yang tak kalah penting, kacang hijau ternyata berperan penting dalam memaksimalkan fungsi hati. Kacang hijau akan mengeluarkan racun jahat yang ada di dalam tubuh sehingga fungsi hati akan maksimal dan penyakit kronis akan bisa dicegah.

Beberapa nutrisi dalam kacang hijau tersebut di atas tidak bisa berdiri sendiri. Semua nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau saling keterkaitan satu sama lain yang ujung-ujungnya agar berat badan bayi bertambah.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Tidak sulit untuk membuat bubur kacang hijau sendiri di rumah. Ibu tinggal menyiapkan kacang hijau lalu rebus dalam air mendidik. Aduk sampai air tersebut berkurang. Jika kacang hijau belum lembut namun air sudah habis, maka tambahkan lagi air sampai kacang hijau benar-benar lembut.

Bayi belum bisa mengunyah sehingga ibu harus membuatkan bubur yang benar-benar halus dan lembut. Jika perlu, setelah ibu merebus kacang hijau tersebut, ibu bisa memblender agar benar-benar halus.

Bubur kacang hijau ini bisa dijadikan MPASI yang bisa ibu berikan kepada si kecil pada siang hari. Akan lebih baik lagi jika bubur tersebut dicampur dengan ASI. Jadi, setelah bubur kacang hijau sudah jadi, ibu menambahkan ASI.

Banyak sekali menu MPASI yang ibu bisa coba jika ingin berat badan bayi normal. Yang jelas, jika MPASI baru dimulai, ibu sebaiknya tidak mencampurkan berbagai jenis makanan menjadi satu. Sebaiknya ibu memberikan satu jenis makanan dulu. Baru ketika bayi sudah terbiasa, maka ibu bisa membuatkan makanan dari bahan yang berbeda seperti bubur yang dicampurkan dengan wortel, brokoli, dan lain sebagainya.

Bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan apa yang ia konsumsi selain ASI. Oleh karena itu, ibu bisa mencoba memperkenalkan bubur kacang hijau sebagai MPASI agar tidak ada lagi masalah tentang berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*