Mitos dan Fakta Seputar Cara Mengatasi Komedo

cara mengatasi komedo https://www.facebook.com/cleanclearindonesia

Ada banyak sekali tips cara mengatasi komedo, namun tidak semua tips yang ada efektif dan benar untuk diikuti. Agar kamu bisa memilih perawatan wajah yang tepat untuk mengatasi komedo, penyebab dan asal usul timbulnya komedo di wajah penting sekali untuk diketahui. 

Komedo timbul dikarenakan oksidasi dari sel kulit mati dan minyak di wajah. Karena pori – pori kulit terbuka, maka oksigen akan masuk dengan mudah, dan menyebabkan sel kulit mati yang bercampur dengan minyak beroksidasi, seperti buah apel yang menghitam setelah dipotong dan bereaksi dengan oksigen. Maka dari itu, kulit wajah yang lebih berminyak akan lebih rentan untuk terkena masalah kulit yang satu ini.

Komedo di wajah, apa lagi komedo yang lebih terlihat di permukaan kulit wajah pastinya akan mengurangi rasa percaya diri. Sehingga cara mengatasi komedo yang tepat sangat perlu untuk diketahui. Beberapa mitos yang cukup umum seputar komedo pun perlu diperjelas kebenarannya.

Mitos:

Konsumsi coklat dan permen penyebab komedo yang timbul.

Fakta:

Hal ini tidak selalu benar, karena reaksi tubuh orang terhadap makanan tersebut selalu berbeda – beda. Ada pula orang yang banyak menkonsumsi coklat dan permen, namun memiliki kulit wajah yang bebas dari komedo. Walaupun makanan yang dikonsumsi bisa saja memiliki peran dalam bersih atau tidaknya kulit wajah, tidak semua orang mengalamu hal yang sama. Coklat dan permen juga bukanlah satu – satunya penyebab timbulnya komedo, namun menkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi pastinya akan lebih bermanfaat bagi tubuh dan kulit.

Mitos:

Cara mengatasi komedo bisa dilakukan dengan rajin mencuci wajah.

Fakta:

Komedo adalah masalah kulit yang sumber masalahnya terletak di bawah permukaan kulit, dan tidak bisa langsung bersih dengan sekedar mencuci wajah secara rutin. Kamu bisa membersihkan kotoran dan debu di wajah dengan cara ini, namun menghilangkan komedo akan membutuhkan perawatan yang lebih mendalam. Selain itu, perlu diingat bahwa komedo timbul bukanlah karena kotoran yang menempel, hanya karena memiliki wajah yang berkomedo akan terlihat seperti kotor.

Mitos:

Tingkat stress tinggi dapat mengakibatkan banyaknya komedo yang timbul

Fakta:

Timbulnya komedo memang biasa dikaitkan dengan tingkat hormon di dalam tubuh. Stress yang cukup tinggi juga tentunya akan mempengaruhi hormone. Namun, timbulnya komedo tidak secara langsung bisa dikaitkan dengan  tingkat stress yang sedang dialami.

Munculnya komedo sendiri adalah reaksi kimia yang terjadi secara alami di bawah permukaan kulit, dan masih jauh hubungannya dengan tingkat hormon.

Mitos:

Satu – satunya cara menghilangkan komedo adalah dengan memencet kulit bermasalah hingga komedo tidak lagi menutupi pori – pori.

Fakta:

Memencet komedo agar keluar dari pori – pori wajah terkadang membawa perasaan puas tersendiri. Namun, melakukan hal ini justru dapat memperparah keadaan kulit dengan mengakibatkan inflamasi kulit dan membuat kulit jadi iritasi. Hal ini juga dapat menyebabkan jerawat timbul.

Mitos:

Komedo bisa dibersihkan dengan menggunakan face scrub.

Fakta:

Menggunakan face scrub memang bisa membuat wajah terasa lebih bersih, karena kandungan scrub nya yang dipercayai dapat membersihkan wajah lebih mendalam. Tapi, menggunakan face scrub hanya sekedar membuat kulit terasa bersih dan bebas komedo. Pada kenyataanya, komedo tidak hilang dan penggunaan face scrub terlalu sering justru merupakan cara mengatasi komedo yang dapat menyebabkan kulit teriritasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*