Mewaspadai Keluhan Kesehatan Saat Kehamilan 7 Bulan

friso https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Perut semakin berat sehingga aktivitas ibu sedikit terganggu menjadi hal yang sangat wajar terjadi ketika kehamilan mencapai usia 7 bulan.

Tapi rasa senang dan bangga tentu ibu rasakan. Karena kehamilan 7 bulan berarti penantian ibu terhadap hadirnya sang buah hati tidak lama lagi.

Dan agar penantian yang menyenangkan tersebut tidak menjadi hal yang menyakitkan, ibu perlu mewaspadai beberapa keluhan yang sangat mungkin ibu alami ketika kehamilan mencapai 7 bulan.

Karena keluhan tidak hanya perut yang terasa lebih berat. Berikut ini keluhan yang perlu ibu antisipasi.

Sesak Nafas

Masyarakat umum beranggapan sesak nafas saat hamil 7 bulan itu disebabkan karena desakan bayi hingga ke dada. Logika secara umumnya memang seperti itu.

Akan tetapi, para ahli medis bisa menjelaskan secara ilmiah. Sesak nafas tersebut dialami oleh ibu hamil tua karena janin semakin besar. Rahim pun akhirnya membesar dan menekan bagian diafragma. Dengan demikian, rongga dada menyempit dan paru-paru tertekan.

Hal inilah yang akhirnya membuat ibu sering merasa sesak nafas terutama ketika tidur di malam hari.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan cara tidur miring ke kanan atau ke kiri. Terlalu lama miring ke kanan pun tidak dianjurkan. Ibu bisa menukar posisi tidur miring ke kiri dan juga ke kanan.

Susah Tidur

Sebenarnya tidak ada hubungan secara langsung antara kehamilan usia 7 bulan dengan susah tidur.

Masalah susah tidur ini sering disebabkan kelelahan yang ibu rasakan karena beraktivitas setiap hari. Hal ini diperparah dengan kondisi perut ibu yang semakin besar dan berat.

Ada satu cara untuk mengatasi keluhan yang satu ini, yaitu mengkonsumsi sayur kangkung. Dengan mengkonsumsi kangkung, ibu akan mengantuk dan mudah tertidur.

Akan tetapi, tetap saja ibu harus rileks ketika akan tidur. Karena kebanyakan masalah susah tidur di malam itu disebabkan stress atau tekanan yang mungkin ibu rasakan yang berhubungan pekerjaan.

Cepat Merasa Lelah

Sudah pasti ibu akan merasa mudah lelah karena perut yang semakin membesar dan berat.

Untuk itu, diperlukan lebih banyak energi jika ibu ingin kegiatan setiap hari tidak terganggu. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sedikit tapi lebih sering. Selain itu, ibu juga perlu memilih makanan yang mengandung energi.

Untuk melengkapi energi yang ibu butuhkan setiap hari, ibu juga disarankan mengkonsumsi susu ibu hamil. Karena susu mengandung nutrisi seimbang. Dengan demikian, ibu bisa beraktivitas dengan baik dan tidak mudah lelah karena nutrisi seimbang membuat semua organ tubuh bekerja sesuai peran masing-masing.

Meskipun demikian, ibu juga perlu memperhatikan posisi duduk. Karena jika ibu duduk dengan posisi yang salah, maka ibu akan lebih mudah merasa lelah. Apalagi jika lebih banyak waktu yang ibu gunakan setiap hari dengan cara duduk.

Hindari juga terlalu duduk. Sesekali ibu berdiri dan berjalan sebentar. Itu sangat membantu agar ibu tidak merasa cepat lelah.

Beberapa hal tersebut akan sangat membantu ibu agar bisa menjalani masa kehamilan 7 bulan dengan baik. Keluhan kesehatan memang sangat wajar dialami oleh ibu hamil. Ibu hanya perlu melakukan langkah antisipasi agar keluhan tidak semakin parah. Dan beberapa tips tersebut di atas bisa ibu pratekkan sehingga ibu tidak merasa berat menjalani masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*