Merawat Kulit Berjerawat Sekaligus Menghilangkannya

Membersihkan Wajah

Jerawat tidak hanya bisa dihilangkan dengan cara mengobati. Merawat kulit berjerawat juga bisa dijadikan cara efektif untuk menghilangkan masalah tersebut. Bahkan, ini menjadi cara yang paling aman untuk dilakukan.

Banyak sekali orang yang fokus menghilangkan jerawat ketika wajahnya penuh dengan jerawat. Mereka akan hunting berbagai produk perawatan dan juga obat jerawat. Namun, hasilnya justru sebaliknya. Bukannya jerawat hilang melainkan jerawat semakin rata di muka.

Jika itu juga yang kamu alami, hentikan apa yang selama ini kamu lakukan. Ubah mindset kamu. Jerawat tidak harus terus diobati. Kamu hanya perlu merawat kulit wajah yang berjerawat tersebut. Kemudian, biarkan wajah kamu melakukan self-healing sendiri.

Mengapa demikian? Karena sebenarnya jerawat itu bukan penyakit yang harus diobati. Jerawat itu muncul karena adanya masalah seperti kotoran atau hormon di kulit wajah yang berlebihan. Maka dari itu, yang diperlukan adalah merawat kulit yang berjerawat, bukan selalu mengobati.

Perawatan yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara merawat wajah berjerawat agar wajah kembali bersih dan cerah tanpa jerawat? Berikut ini apa yang perlu kamu pelajari dan juga terapkan:

  1. Lebih Sering Membasuh Muka

Pada dasarnya, jerawat itu disebabkan karena adanya tumpukan kotoran. Kotoran tersebut menyumbat pori-pori. Ketika keringat atau minyak dari dalam kulit mau keluar, kotoran tersebut menghambat. Hingga akhirnya muncullah benjolan yang disebut dengan jerawat.

Maka dari itu, menghilangkan jerawat harus dilakukan dengan cara menghilangkan sumbatan. Caranya bagaimana? Tentu saja dengan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dan ini bisa dilakukan dengan cara lebih sering membasuh muka. Karena air lah yang akan mampu melunturkan kotoran. Selain itu, membasuh membuat potensi kotoran yang menempel semakin berkurang.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan air hangat. Selain untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, air hangat bisa melembapkan kulit. Ini juga bagian yang penting dari perawatan kulit berjerawat.

  1. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Tepat

Apakah kamu perlu menggunakan sabun cuci muka setiap kali membasuh muka? Sebenarnya tidak. Kamu hanya perlu gunakan dua kali setiap hari, yaitu di pagi hari sebelum kamu ingin beraktivitas dan di malam hari sebelum tidur. Selebihnya, gunakan air biasa tanpa sabun.

Sabun cuci yang kamu pilih juga tidak boleh sembarang. Sangat dianjurkan kamu memilih sabun cuci muka yang mengandung anti bacterial agent. Karena kandungan inilah yang mampu menyerang bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini harus dihancurkan jika tidak ingin jerawat di wajah kamu membatu atau meradang.

  1. Kurangi Penggunaan Makeup

Selama kamu menerapkan cara merawat kulit berjerawat, kurangi penggunaan makeup. Karena terlalu banyak makeup membuat pori-pori susah bernafas. Dan ini akhirnya bisa menghambat proses menghilangkan jerawat.

Jika kamu harus tetap tampil cantik, kamu bisa gunakan makeup tipis saja. Misalnya kamu bisa gunakan pelembab atau krim. Untuk yang lain, tahan dulu. Simpan dulu makeup kamu yang lain sampai kamu berhasil menghilangkan jerawat di wajah.

  1. Jaga Kelembaban

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kamu harus sering membasuh muka dengan air hangat. Tujuannya untuk menjaga kelembaban. Namun, kamu juga bisa gunakan pelembab lainnya. Karena kamu tidak bisa terus menerus membasuh muka, bukan? Maka dari itu, jaga kelembaban kulit wajah kamu dengan menggunakan produk pelembab wajah.

  1. Perawatan Khusus untuk Atasi Jerawat

Untuk jerawat yang sudah cukup mengkhawatirkan, ada satu tambahan perawatan kulit berjerawat, yaitu mengaplikasikan krim jerawat. Biasanya, ini krim yang mengandung zat tertentu seperti benzyol. Ini kandungan yang mampu mengatasi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Itulah rangkain cara merawat wajah yang berjerawat. Ingat, jerawat bukan penyakit yang harus diobati. Kamu hanya perlu merawat kulit wajah agar kembali seperti semula.

Perawatan dari Dalam Juga Diperlukan

Apa yang sudah kamu pelajari adalah perawatan kulit wajah berjerawat dari luar. Bagaimana dengan perawatan dari dalam? Apakah diperlukan juga? Tentu saja diperlukan.

Bagi kamu yang memiliki jerawat batu, kamu bisa mengkonsumsi antibiotik. Konsultasikan dengan dokter agar kamu mendapatkan resep antibiotik yang tepat.

Selain itu, konsumsi juga makanan dan minuman yang segar. Perbanyaklah makan sayuran dan buah. Kurangi atau kalau bisa hentikan mengkonsumsi gorengan dan minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan dan minuman seperti itu men trigger produksi minyak di dalam tubuh. Inilah yang juga akan membuat jerawat semakin sulit untuk dihilangkan. Ada jerawat yang berhasil dihilangkan. Namun, muncul lagi jerawat baru lagi.

Ada baiknya juga kamu imbangi dengan olahraga. Olahraga akan membuat pori-pori terbuka. Saat itulah minyak dan keringat akan keluar. Keluarnya keringat dan minyak bersamaan dengan keluarnya kotoran yang menyumbat pori-pori. Ini akan membuat proses menghilangkan jerawat semakin cepat.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan. Merawat kulit berjerawat sekaligus menghilangkannya. Jika kamu konsisten menerapkan tips sederhana tersebut, bukan hanya jerawat yang akan hilang. Jerawat tidak akan kembali lagi. Wajah kamu akan terus terlihat bersih dan cerah. Bukankah itu yang kamu inginkan?

Sekarang, ubah mindset dari mengobati ke merawat. Wajah yang berjerawat tidak membutuhkan pengobatan tapi perawatan. Dan kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*