Menu MPASI Pertama yang Baik untuk Mendapatkan Berat Badan Bayi Ideal

Berat badan bayi cenderung turun ketika usianya menginjak hampir 6 bulan. Itulah mengapa penting sekali untuk memberikan menu MPASI yang tepat untuk agar berat badannya kembali normal mengingat pada usia 6 bulan bayi sudah mulai mendapatkan sumber nutrisi lain selain ASI, yaitu MPASI (makanan pendamping ASI). Lalu, menu MPASI apa yang tepat agar berat badan bayi ideal?

Sebelumnya, ibu harus mengetahui terlebih dahulu kenapa kebanyakan bayi yang usianya hampir 6 bulan memiliki masalah dengan berat badan. Ibu harus tahu bahwa hal tersebut dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan sebenarnya semakin banyak. Sementara itu, pergerakan si kecil sudah mulai aktif sehingga diperlukan energi yang lebih banyak. Jika nutrisi kurang, maka hal tersebut akan berpengaruh sekali terhadap berat badan bayi.

Itulah mengapa pemilihan menu MPASI itu sangat penting. Setidaknya ada dua menu MPASI yang bisa ibu pilih sebagai MPASI pertama untuk sang buah hati.

MPASI Alpukat

Para ahli kesehatan bayi menyarankan agar menjadikan buah-buahan sebagai menu MPASI pertama si kecil. Namun, dari berbagai jenis buah, alpukat menjadi buah yang sangat direkomendasikan untuk dipilih. Alasannya sangat jelas. Kandungan nutrisi yang lengkap menjadikan buah alpukat ini cocok sekali dipilih sebagai menu MPASI pertama.

Apakah buah aplukat bisa membuat si kecil menemukan berat badan ideal bayi? Tentu saja ya. Jika bayi ibu memiliki berat badan di bawah ideal, menu MPASI alpukat ini sangat tepat. Pasalnya, kandungan protein yang tinggi pada buah ini akan membuat berat badan si kecil naik cukup signifikan. Tentunya, karena protein yang menjadikan berat badan bayi ideal, bukan lemak, maka hal tersebut tidak akan membahayakan bagi kesehatan si kecil secara umum.

Namun, tahukah jika ternyata buah alpukat juga mengandung lemak yang baik? lemak ini tidak hanya akan membuat berat badan si kecil normal, tapi lemak ini juga berperan aktif untuk memastikan jantung si kecil sehat.

MPASI Apel

Selain alpukat, apel juga merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan menu MPASI pertama si kecil. Apel mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini diperlukan oleh sistem pencernaan si kecil agar bisa mengolah nutrisi dari ASI dan juga makanan yang ia konsumsi. Jika sistem pencernaan baik, maka kondisi kesehatan juga baik dan berat badan bayi akan normal.

Namun, tidak serat saja yang terkandung di dalam buah apel. Ada juga vitamin C yang akan membuat sistem kekebalan tubuh si kecil semakin kuat. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka si kecil tidak akan muda sakit dan ibu tidak perlu khawatir lagi terhadap turunnya berat badan bayi.

Lalu, mana menu MPASI yang akan ibu coba? Tentu saja masih banyak lagi menu MPASI yang bisa ibu coba. Namun, pastikan menu tersebut menunjang perkembangan si kecil. Pastikan bayi sehat dengan memberikan menu MPASI dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Karena si kecil belum memiliki gigi, pastikan juga menu MPASI yang ibu berikan encer. Alpukat atau apel bisa ibu blender sampai halus. Akan lebih baik jika ibu mencampurnya dengan ASI.

Itulah dua menu MPASI yang bisa ibu berikan sebagai menu makanan pertama kali untuk sang buah hati. Semoga dengan memberikan menu MPASI tersebut, si kecil tidak lagi memiliki masalah dengan berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*