Menu Makanan Ndeso untuk Menambah Berat Badan Bayi

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi tidak hanya dipengaruhi oleh susu. Itu hal pertama yang harus ibu pahami. Bahkan, jika sudah balita, si kecil sudah harus mendapatkan lebih banyak asupan gizi dari makanan daripada susu. Sufor atau susu formula untuk balita hanya sebagai suplemen saja.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan agar berat badan bayi ideal? Tidak lain adalah memberikan makanan yang tepat untuk penambah berat badan. Makanan seperti apakah itu?

Jenis Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa menambah berat badan si kecil secara signifikan. Ibu bisa membuat menu makanan sendiri di rumah. Dalam hal ini, ibu harus tahu ada menu makanan bayi yang diturunkan turun temurun dari orang tua zaman dulu. Bisa dikatakan menu makanan ini menu makanan wong ndeso karena berasal dari orang desa.

Yang jelas, menu makanan yang bisa menambah berat badan bayi adalah menu makanan yang mengandung protein. Ibu tahu bahan makanan apa saja yang mengandung protein tinggi? Telur, daging sapi, kacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi kandungan proteinnya.

Hanya saja, harus ibu pahami tidak semua protein itu bagus. Banyak ahli gizi bayi mengatakan daging sapi merupakan makanan yang mengandung protein namun tidak begitu disarankan. Pasalnya, di dalam daging sapi, terdapat lemak jahat. Jika pengolahannya tidak tepat, bukan tidak mungkin lemak tersebut bisa berbahaya jika dikonsumsi bayi.

Yang sangat disarankan adalah kacang-kacangan. Ini merupakan bahan makanan yang mengandung protein paling bagus, Protein nabati memang jauh lebih bagus daripada protein hewani. Dan protein nabati ini bisa didapatkan pada kacang-kacangan.

Menu Makanan Ndeso untuk Menambah Berat Badan

Selanjutnya, ibu bisa simak ada dua menu makanan ndeso yang bisa ibu berikan untuk si kecil untuk menambah berat badan bayi.

Yang pertama adalah bubur kacang hijau. Caranya pasti ibu sudah tahu. Ibu tinggal merebus kacang hijau. Ibu bisa tambahkan wortel atau brokoli untuk menambah rasa. Jika sudah matang, ibu harus haluskan terlebih dahulu dengan memasukkan kacang hijau, wortel, dan brokoli ke dalam blender.

Yang kedua ubi manis rebus. Mesikupun ubi manis tidak mengandung protein yang tinggi, ubi manis termasuk menu makanan yang bisa membuat berat badan bayi bertambah. Cara membuatnya pun sangat mudah. Ibu tinggal kukus ubi jalar lalu setelah matang tumbuk atau blender ubi jalar tersebut hingga halus. Ubi jalar ini mengandung kalori tinggi yang sangat dibutuhkan oleh sang buah hati yang mulai bertambah aktif. Menu makan ini cocok sekali dijadikan menu sarapan si kecil.

Tentu saja masih ada banyak lagi menu makanan yang bisa menambah berat badan bayi. Hanya saja susu juga masih diperlukan terutama susu yang mengandung probiotik. Kandungan berupa probiotik ini diperlukan si kecil agar sistem pencernaannya berjalan dengan lancar sehingga nutrisi yang terkandung di dalam segala jenis makanan yang dikonsumsi bisa diserap oleh tubuh.

Selain fokus untuk menaikkan berat badan, ibu juga harus memastikan bayi sehat. Berat badan tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan bahwa bayi itu sehat. Ada faktor lain. Untuk itu, konsultasikan secara rutin dengan bidan atau dokter anak. Ikuti program posyandu yang dicanangkan oleh pemerintah. Lakukan kontrol kesehatan si kecil secara berkala terutama berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*