Menjaga Kehamilan Muda yang Tepat untuk Menghindari Janin Mengalami Keguguran

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda harus dilakukan dengan tepat. Hal ini diperlukan untuk memastikan janin dalam kandungan berkembang maksimal.

Harus dipahami bahwa waktu hamil muda, janin rentan sekali keguguran. Keguguran saat masa kehamilan trimester pertama bisa dikarenakan getaran, bakteri yang masuk melalui makanan yang kurang sehat, atau memang karena kondisi kesehatan ibu yang kurang fit sehingga janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Untuk itu, ada tiga hal yang sebaiknya ibu lakukan agar mencegah keguguran saat hamil muda.

  • Meninggalkan Makanan Fast Food

Memang fast food juga memiliki kandungan nutrisi. Hanya saja, kandungannya sangat rendah. Bahkan, beberapa jenis fast food lebih banyak mengandung lemak daripada nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitamin.

Untuk itu, akan lebih baik jika ibu mulai meninggalkan mengkonsumsi fast food dan beralih mengkonsumsi makanan sehat. Jika ibu seorang pekerja, bawalah bekal yang sudah ibu masak sendiri dari rumah agar ibu bisa pastikan makanan tersebut sehat dan mengandung nutrisi yang ibu butuhkan.

Sebenarnya, cara menjaga kehamilan muda itu tidak susah. Asalkan ibu mau, ibu bisa memastikan kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan sehat. Luangkan waktu untuk menyiapkan makanan sehat sendiri di rumah. Itu akan lebih baik daripada memesan makanan dari luar yang ibu tidak tahu apakah makanan tersebut benar-benar sehat. Belum lagi dengan bumbu yang digunakan. Lain hal jika ibu memasak sendiri. Ibu bisa tentukan bahan ibu butuhkan dan juga bumbu yang memang tidak berbahaya bagi janin.

  • Hindari Bepergian Ke Luar Kota

Jika ibu seorang wanita karir dan ditugaskan untuk melakukan pekerjaan ke luar kota, akan lebih baik jika ibu meminta dispensasi agar dicarikan pengganti. Setidaknya selama masa hamil muda, ibu bisa meminta tolong agar semua kegiatan ke luar kota bisa dilimpahkan ke orang lain.

Melakukan bepergian ke luar kota sangat beresiko bagi ibu ketika masa kehamilan trimester pertama. Rahim belum begitu kuat sehingga goncangan sedikit saja bisa mengakibatkan keguguran.

Itulah mengapa banyak sekali tips tentang cara menjaga kehamilan muda saat bekerja di mana ibu hamil sebaiknya tidak bepergian ke luar kota, entah itu urusan pekerjaan atau hanya untuk liburan. Apapun alasannya, ibu sebaiknya tidak membahayakan janin dalam kandungan dengan melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

  • Rutin Melakukan Konsultasi Kehamilan

Mana yang ibu pilih? Apakah konsultasi dengan dokter kandungan atau dengan bidan?

Sebenarnya, dua-duanya merupakan pilihan yang tepat. Yang jelas, jika ibu inign sekali menjaga kehamilan muda, ibu harus rutin mengecek kondisi janin, setidaknya satu bulan sekali. Sekarang, tidak hanya dokter kandungan saja yang diperbolehkan untuk mengoperasikan USG, tapi juga bidan. Dengan pemeriksaan USG, ibu bisa tahu pada trimester pertama perkembangan janin sudah seperti apa, serta bagaimana posisi janin. Dan yang tak kalah penting, jika ibu rutin melakukan konsultasi kehamilan dan pemeriksaan USG, ibu bisa melakukan antisipasi barangkali ada kemungkinan janin lahir dalam keadaan cacat.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan sebagai cara menjaga kehamilan muda. Tiga hal tersebut tepat untuk dilakukan saat masa kehamilan masih muda. Akan tetapi, ibu tidak boleh hanya cukup mengerti tiga tips tersebut di atas. Banyak hal yang seharusnya ibu ketahui mengenai cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*