Menjaga Kehamilan Muda dengan Tidak Mengkonsumsi Buah-Buahan Ini

kesehatan kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Selain sulit untuk menjaga kesehatan kehamilan muda, ternyata banyak sekali pantangan yang harus ibu hindari. Di antaranya adalah pantangan untuk mengkonsumsi buah-buahan tertentu.

Lho, bukannya buah itu bagus untuk kesehatan tubuh?

Betul sekali. Siapapun pasti sepakat jika buah itu baik untuk menjaga kesehatan, apalagi ibu yang sedang hamil.

Akan tetapi, tidak semua buah-buahan itu bagus untuk dikonsumsi seorang ibu hamil seperti ibu saat ini.

Jadi, perhatikan betul dan jika diperlukan ibu harus catat buah apa saja yang dilarang dikonsumsi saat hamil.

Berikut ini tiga buah yang sebaiknya ibu hindari demi menjaga kesehatan hamil muda.

  1. Buah Anggur

Wow, ini termasuk buah yang sangat segar. Apalagi jika dinikmati di siang hari, buah ini akan menyegarkan badan.

Buah anggur ini juga sering dibuat sebagai bagian dari sup buah. Karena memberikan efek segar di mulut dan di badan, buah ini menjadi buah yang sangat difavoritkan oleh banyak orang.

Akan tetapi, ibu harus menahan diri setidaknya hingga proses persalinan sudah tiba. Karena buah anggur ternyata mengandung kandungan yang bisa membuat ibu mengalami keracunan.

Dan hal terburuk adalah ketika kandungan tersebut masuk melalui plasenta dan dikonsumsi oleh bayi yang ibu kandung. Bukankah ini sangat berbahaya?

Lebih dari itu, ada fakta mencengangkan yang harus ibu ketahui. Kebanyakan anggur ternyata disemprot dengan obat-obatan yang kurang baik untuk kesehatan. Obat tersebut memang dibutuhkan untuk mengusir hama.

Kenapa anggur sangat mahal harganya? Salah satunya karena perawatan yang tidak mudah. Petani harus bertarung dengan hama. Dan mereka kebanyakan menggunakan obat-obatan kimia untuk mengusir hama tersebut.

Nah, sekarang ibu bisa bayangkan sendiri. Ada kandungan yang berpotensi membuat ibu keracunan dan juga adanya obat hama yang disemprotkan pada anggur. Itulah mengapa ibu sebaiknya menghindari mengkonsumsi anggur untuk menjaga kesehatan kehamilan trimester pertama atau kehamilan muda.

  1. Durian

Ada yang tidak suka buah durian karena baunya yang sangat menyengat. Ada juga yang tidak suka lantaran sering menimbulkan perut panas.

Dan karena menimbulkan panas pada perut inilah yang membuat durian menjadi salah satu buah yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hamil muda.

Ibu pasti bisa membayangkan bagaimana akibatnya jika perut ibu terasa panas. Tidak  hanya kesehatan ibu saja yang terganggu tapi juga janin di dalam kandungan.

Menurut para peneliti, efek panas yang ditimbulkan oleh buah durian ini disebabkan kandungan alkohol yang ada pada buah durian. Makanya, setiap ibu hamil sebenarnya tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman apa saja yang ada kandungan alkoholnya, termasuk juga buah durian.

  1. Buah Nanas

Apakah ibu ngidam rujak? Banyak ibu hamil muda yang ngidam rujak. Dan ibu harus memastikan rujak tersebut tidak ada buah nanasnya.

Hal ini disebabkan nanas bisa menimbulkan kontraksi pada perut. Tidak masalah jika kontraksi tersebut terjadi ketika proses persalinan sudah hampir tiba. Justru hal tersebut akan membantu sehingga ibu bisa melakukan persalinan secara normal.

Akan tetapi, yang berbahaya adalah ketika kontraksi tersebut terjadi saat kehamilan muda. Jadi, hindari buah nanas ya bu.

Itulah tiga buah yang sebaiknya ibu hindari untuk menjaga kehamilan muda. Semoga kehamilan ibu lancar mulai dari awal hingga proses persalinan nanti. Ketahui lebih banyak tentang bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil dan terapkan agar ibu dan janin sehat selalu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*