Mengurangi Gejala Hamil Muda yang Terkadang Mengganggu Aktivitas Sehari-Hari

gejala hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Melihat adanya tanda kehamilan sangat menyenangkan. Tapi sebentar lagi ibu akan merasakan gejala hamil muda yang bisa membuat ibu merasa kuwalahan.

Ibu bisa lihat sendiri bagaimana saudara atau teman ibu dulu hamil muda yang akhirnya harus sering cuti kerja karena sakit. Atau bahkan tidak sedikit juga yang akhirnya berhenti bekerja.

Yang terakhir ini tentu tidak semua. Ada alasan yang sangat kuat kenapa wanita hamil resign seperti karena kondisi kehamilan yang tidak memungkinan bagi mereka untuk tetap menjalani rutinitas bekerja.

Dan itulah hal terburuk yang akan ibu hadapi berkaitan dengan gejala awal kehamilan.

Meskipun demikian, ibu tidak perlu khawatir karena gejala-gejala kehamilan muda tersebut bsia diantisipasi. Dengan tujuan satu, yaitu agar gejala tersebut tidak parah yang bisa membuat kesehatan ibu dan juga janin terganggu. Ujung-ujungnya, ibu bisa tetap beraktivitas seperti sediakala ketika sedang hamil muda.

Berikut ini beberapa informasi yang patut untuk ibu simak.

Mengurangi Mual

Sudah sangat lazim terjadi di mana kehamilan ditandai dengan mual atau muntah. Bahkan, masyarakat akan dengan mudah menebak bahwa seorang wanita hamil jika mual-mual terutama di pagi hari. Karena memang mual merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang paling sering terjadi dan paling mudah untuk dilihat.

Akan tetapi, tahukah ibu mual ini bisa membawa malapetaka? Tidak jarang wanita hamil yang mualnya sangat parah. Akibatnya, mereka kehilangan nafsu makan karena setiap kali makan mereka mual. Dan bahkan ada juga yang akhirnya mengeluarkan semua makanan yang baru saja mereka konsumsi.

Hal ini akan menjadi masalah tersendiri jika wanita hamil tidak punya tenaga lantaran mereka tidak mendapatkan nutrisi setelah semua makanan dikeluarkan. Dan apa yang terjadi? Perkembangan janin pun akan terganggu.

Untuk mengurangi mual sehingga tidak berlebihan, satu cara yang paling mudah dan efektif adalah mengkonsumsi buah yang segar. Sebisa mungkin setelah sarapan ibu mengkonsumsi buah yang menyegarkan seperti jeruk, semangka, melon, dan buah segar lainnya. Karena buah yang segar bisa mengurangi mual tanda awal sebuah kehamilan.

Mudah Lelah

Ibu akan merasakan tidak seperti biasanya. Jika biasanya ibu menjalani aktivitas penuh semangat, semangat tersebut sedikit banyak turun ketika ibu sedang hamil.

Hal ini disebabkan ibu membutuhkan banyak energi. Sementara kalori yang ibu dapatkan tidak sebanding dengan yang dibutuhkan. Akibatnya ibu akan mudah lemas dan mudah lelah.

Gejala kehamilan muda yang satu ini bisa diantisipasi dengan dua cara. Yang pertama, menambah asupan kalori setiap hari dengan cara frekuensi mengkonsumsi makanan lebih banyak namun porsinya sedikit. Artinya, ibu bisa makan makanan lebih dari 3 kali sehari namun porsinya kecil.

Cara yang kedua untuk mendapatkan asupan kalori adalah mengkonsumsi susu. Ini cara yang paling mudah dan tepat agar ibu bisa menjaga stamina selama masa kehamilan.

Susah Bernafas

Apakah ada tanda kehamilan berupa susah bernafas? Sebenarnya bukan susah bernafas, tapi payudara yang membesar. Sementara payudara ibu membesar dan breast holder yang ibu pakai masih dengan ukuran standar seperti ketika belum hamil, maka wajar jika ibu merasa susah bernafas.

Mulai ketika ibu mengetahui bawasannya ibu sedang hamil, saat itulah ibu harus menggunakan BH ukuran yang lebih besar. Hal ini penting untuk mengantisipasi sesak napas.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu semakin siap untuk menjalani masa kehamilan hingga proses persalinan nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*