Masih Percaya Susu Formula Bisa Menambah Berat Badan Bayi?

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi itu tidak dipengaruhi berapa kali ibu memberikan susu apalagi seberapa mahal susu yang ibu pilih. Hal itu sama sekali tidak berkaitan.

Sayangnya, sampai saat ini, masih ada ibu yang sibuk mencari susu formula terbaik hanya untuk membuat bayinya mendapatkan berat badan bayi normal. Bagi mereka, bayi hanya bisa memperoleh berat badan ideal jika mengkonsumsi susu balita terbaik.

Mereka sangat tidak nyaman dengan perkataan orang jika bayinya terlihat kurus. Mereka akan berusaha sekuat tenaga agar bayinya memiliki tubuh yang gemuk.

Usaha yang Sia-Sia

Jika bayi ibu memiliki masalah dengan berat badan di bawah normal, maka jangan sampai ibu melakukan kesalahan yang sama yang dilakukan ibu lain, yaitu menggonta-ganti susu formula.

Tidak ada hubungannya antara berat badan bayi dengan susu formula, apalagi jika si kecil sudah masuk usia 1 tahun. Bagi bayi 1 tahun, susu bukanlah sumber nutrisi utama, akan tetapi makananlah yang menjadi sumber utama. Nutrisi balita dari makanan yang ia konsumsi menentukan kesehatan serta berat badan si kecil, bukan susu formula.

Oleh karena itu, sia-sia saja jika ibu menggonta-ganti susu balita. Mulai sekarang, ibu harus rajin memberikan menu makanan yang berbeda yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, dan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh si kecil.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli susu balita terbaik yang biasanya dijual dengan harga mahal. Ibu hanya perlu menyediakan waktu untuk membuatkan menu makanan yang bergizi.

Hindari memberikan makanan instan seperti sereal. Memang ada makanan instan khusus untuk bayi. Akan tetapi, namanya saja makanan instan, pasti sedikit banyak ada bahan pengawetnya.

Akan lebih baik jika ibu membeli wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya di pasar yang jelas mengandung kalsium tinggi. Sesekali ibu juga bisa membuatkan bubur ayam yang kaya akan protein.

Buat Apa Memberikan Susu Formula

Dari keterangan di atas, mungkin ibu kemudian buat apa memberikan susu kepada si kecil. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu merupakan suplemen nutrisi balita, bukan  sumber nutrisi utama sehingga susu tidak berpengaruh penting dalam meningkatkan berat  badan si kecil.

Hanya saja, susu memberikan nutrisi yang mungkin bisa ibu berikan melalui menu makanan yang ibu berikan. Seperti contoh, susu mengandung prebiotik yang akan memastikan pencernaan si kecil tidak terjadi masalah. Prebiotik berpengaruh dalam hal seberapa efektif sistem pencernaan si kecil bisa menyerap setiap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Jika ibu benar-benar ingin membuat berat badan bayi normal, makanan bayi harus lebih diperhatikan, bukan justru sibuk mencari susu formula. Makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti kacang-kacangan, ayam, dan, daging sapi sangat diperlukan.

Sementara itu, ibu tidak perlu membeli susu balita yang mahal. Ibu hanya perlu membeli susu balita terbaik yang mengandung nutrisi seimbang, yaitu nutrisi yang bisa menjaga kesehatan si kecil. Susu tersebut mengandung prebiotik, nutrisi yang akan menjaga sistem pencernaan balita lancar.

WHO (World Health Organization) memang sudah menetapkan berat ideal bayi berdasarkan usia dan juga jenis kelamin. Akan tetapi, ibu harus memahami berat badan si kecil itu tidak hanya dipengaruhi oleh susu. Bahkan, susu tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap bayi. Namun, makananlah yang menentukan normal atau tidak berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*