Masih Percaya dengan Hasil dari Hitungan Kalkulator Menghitung Usia Kehamilan?

menghitung usia kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Menghitung usia kehamilan saat ini bisa dilakukan secara online. Ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas kalkulator penghitungan usia janin secara online. Hanya saja banyak ibu hamil sekarang ini yang tidak percaya dengan hasil hitungan kalkulator tersebut.

Alasannya hampir sama. Salah satu tujuan menghitung usia kehamilan menggunakan kalkulator tersebut adalah untuk mengetahui HPL atau hari perkiraan hamil. Sayangnya, HPL hasil hitungan kalkulator lebih sering meleset.

Tidak heran jika banyak ibu hamil yang tidak mau mempercayai hasil hitungan kalkulator tersebut. Mereka lebih memilih langsung ke dokter kandungan untuk melakukan tes USG. Dengan tes USG ini, kapan waktu HPL lebih tepat. Bahkan, ada yang bilang prosentasi keakuratan tes USG untuk menetukan HPL ini mencapai hampir 90%. Artinya, lebih banyak yang pas daripada yang meleset.

Selain itu, ibu-ibu hamil juga lebih memilih tes USG karena ia bisa langsung melihat kondisi janin dalam kandungan. Dokter akan menjelaskan seberapa bagus perkembangan janin, organ apa saja yang sudah terbentuk sempurna, berapa berat janin dalam kandungan, berapa panjang janin, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak usah menggunakan fasilitas kalkulator penghitung usia kehamilan. Harus dipahami entah kalkulator atau tes USG merupakan cara saja untuk memperkirakan HPL sehingga ibu bisa mempersiapkan apa saja yang harus disiapkan untuk menyambut kelahiran sang buah hati. Jadi, itulah salah satu tujuan dari menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*