Mana yang Lebih Akurat, Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator atau Tes USG?

menghitung usia kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Menghitung usia kehamilan itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dua cara yang paling lazim digunakan adalah menghitung dengan menggunakan kalkulator kehamilan dan menjalani tes USG. Dua cara ini dianggap yang paling efektif jika dibandingkan dengan cara yang lain seperti kalender haid dan sistem fundus uteri.

Lalu, dari dua cara tersebut, mana yang lebih akurat? Agar ibu bisa mengetahui secara objektif, ibu harus tahu ulasan singkat tentang kedua cara tersebut.

Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator

Adanya jaringan internet saat ini membuat hampir semua pekerjaan lebih mudah. Orang tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengirimkan dokumen. Setiap orang bisa mencari informasi yang ia butuhkan. Bisa dikatakan internet telah mengubah segalanya.

Internet juga menyentuh usuran kesehatan. Saat ini, sudah ada kalkulator yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan online. Penggunaanya sangat mudah. Ibu tinggal membuat situs penyedia kalkulator penghitung usia kehamilan online dengan komputer, laptop, atau smartphone. Selanjutnya, ada beberapa kolom yang harus ibu isi. Kemudian klik tombol hitung dan secara instan website tersebut akan menujukkan berapa usia kandungan ibu. Simple, bukan?

Ibu bisa coba browsing di internet dengan kata kunci kalkulator online untuk menghitung usia kehamilan. Ibu akan menemukan beberapa situs yang menyediakan layanan tersebut. Namun, ibu tidak perlu bingung karena semua kalkulator online di setiap situs menggunakan rumus yang berbeda, yaitu berdasarkan rumus Naegele. Semua data yang harus ibu masukkan pun sama. Jadi, tidak ada situs yang lebih akurat daripada yang lain.

Sayangnya, ada satu kelemahan dari jenis penghitungan usia kehamilan ini. Penghitungan menggunakan kalkulator online ini tidak valid. Pasalnya, kebanyakan pengguna memasukkan data yang tidak tepat. Seperti contoh, ibu harus memasukkan hari terakhir menstruasi. Apakah ibu masih ingat betul kapan ibu terakhir menstruasi?

Ini yang menjadi kelemahan. Itulah mengapa jika ibu menggunakan kalkulator online untuk menghitung usia kehamilan, kemungkinan besar HPL (hari perkiraan lahir) maju atau mudur satu minggu.

Lalu, bagaimana jika menggunakan tes USG?

Menghitung Usia Kandungan dengan Tes USG

Tes USG bisa dikatakan cara yang paling valid untuk menentukan usia kehamilan. Bahkan, ada yang mengatakan ketepatannya hampir 95%. Hal ini dikarenakan alat USG yang sangat canggih. Alat ini mempertimbangkan beberapa faktor ketika menghitung usia kandungan.

Untuk itu, jika ibu benar-benar ingin tahu berapa usia janin yang ada di dalam kandungan, sebaiknya ibu datang ke dokter untuk menjalani tes USG. Waktu terbaik untuk mengetahui usia janin dalam kandungan sekitar 8 minggu.

Selain untuk mengetahui usia kehamilan, USG juga memberikan manfaat lain. Ibu akan mendapatkan segala informasi penting tentang janin seperti berat janin, panjang janin, perkembangan organ tubuh, dan lain sebagainya. Dan yang pasti, dengan berkonsultasi dengan dokter, ibu bisa bertanya langsung seputar info ibu hamil. Mungkin ibu bertanya tentang keluhan yang selama ini ibu alami atau meminta saran apa yang harus ibu lakukan untuk menjaga kesehatan janin.

Itulah sekilas tentang cara menghitung usia kandungan menggunakan kalkulator online dan tes USG. Ternyata, cara yang kedua lebih valid. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya jika ibu melakukan tes USG. Ibu akan lebih tahu seputar perkembangan janin sekaligus juga berkonsultasi langsung dengan dokter. Jadi, kapan ibu akan datang ke dokter untuk menghitung usia kehamilan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*