Makanan Sederhana ini Ternyata Dapat Mengganggu Perkembangan Janin

perkembangan janin www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh asupan gizi dari makanan yang ibu konsumsi. Itu sudah diketahui oleh siapapun. Namun, siapa sangka makanan sederhana yang berada di sekitar ibu ternyata bisa membahayakan janin dalam kandungan. Makanan tersebut mudah sekali didapatkan. Dan bahkan ibu selama ini masih mengkonsumsinya.

Untuk itu, ibu harus tahu makanan apa saja yang harus ibu hindari karena makanan tersebut merupakan pantangan bagi ibu hamil.

Makanan yang Membahayakan Janin

Jika ibu salah satu dari sekian banyak orang yang suka sekali dengan sushi, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Memang saat ini masyarakat Indonesia sangat doyan sekali dengan makanan asli dari Jepang ini. Katanya, sushi ini merupakan makanan yang sehat. Pasalnya, dagingnya diambil dari ikan yang terbaik.

Namun, siapa sangka makanan tersebut ternyata tidak baik bagi perkembangan janin dalam kandungan. Sushi adalah makanan dari daging ikan yang mentah. Menurut penelitian, di dalam daging ikan yang masih mentah, terdapat bakteri yang berkembang. Jika makanan tersebut dikonsumsi, bukan tidak mungkin bakteri tersebut bisa berkembang di dalam tubuh dan mengakibatka kesehatan buruk.

Lalu, mengapa banyak yang mengkonsumsi sushi? Itu dikarenakan mereka tidak sudah dewasa. Sistem pencernaannya sudah bisa bekerja dengan baik. Lain hal dengan janin. Harus dipahami bahwa semua nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang ibu konsumsi juga diserap oleh janin. ibu bisa bayangkan bagaimana jika justru bakteri masuk melalui plasenta dan masuk ke janin.

Tentu saja bukan hanya sushi saja yang dilarang untuk dikonsumsi. Semua jenis makanan berbahan daging atau ikan mentah merupakan pantangan. Ibu harus menjauhi mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

Satu jenis makanan lagi yang mudah didapatkan dan ada di sekeliling ibu, yaitu olahan daging. Khususnya di area perkotaan dan perkantoran, sangat sulit sekali mendapatkan makanan yang sehat. Adanya ialah makanan berupa daging olahan. Makanan tersebut menjadi hidangan favorite para pekerjaan karena murah, mudah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk order dan menyantapnya. Lain hal dengan makanan sehat yang cenderung mahal dan membutuhkan waktu yang lama untuk order.

Namun, ternyata makanan berbahan daging olahan bisa menggangu perkembangan janin. Bahkan, menurut ahli gizi, makanan tersebut pun bisa mengakibatkan kematian bagi orang dewasa, apalagi janin dalam kandungan.

Jika ibu seorang wanita karir, bukan berarti ibu tidak bisa mendapatkan makanan sehat untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Ibu bisa menghindari makanan yang terbuat dari daging olahan dengan cara membuat menu makanan sehat sendiri dari rumah. Ada beberapa resep makanan sehat yang mudah dibuat.

Dua Hal yang Sebaiknya Ibu Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Janin

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga perkembangan janin. Hanya ada dua hal yang secara konsisten harus ibu lakukan. Yang pertama, perhatikan makanan dan minuman yang ibu konsumsi. Pastikan ibu menghindari jenis makanan tersebut di atas. Namun, ibu juga harus memperkaya wawasan tentang makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Yang kedua, ibu harus secara rutin konsultasi kehamilan. Ibu bisa memilih apakah ingin memeriksakan kesehatan kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan. Jika ibu ingin mengetahui kondisi janin melalui pencekan USG, ibu harus berkonsultasi dengan dokter. Untuk konsultasi masalah kesehatan ringan, ibu cukup berkonsultasi kehamilan dengan bidan. Terlepas dari itu, dua hal tersebut akan membuat ibu yakin bahwa tidak ada yang salah dengan perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*